Peran Strategi Promosi dan Differentiation dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan E-commerce
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1634Keywords:
Strategi Promosi, Diferensiasi, Loyalitas Pelanggan, E-CommerceAbstract
Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia telah memunculkan persaingan yang ketat, sehingga upaya mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi aspek strategis yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi promosi dan diferensiasi terhadap loyalitas pelanggan pada platform e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori, melibatkan 100 responden yang dipilih melalui teknik non-probability sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert lima poin, sedangkan data sekunder diperoleh melalui telaah pustaka. Analisis data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji validitas, reliabilitas, serta hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan diferensiasi berpengaruh positif dan signifikan. Temuan ini mengimplikasikan bahwa keunikan produk, kualitas layanan, dan citra merek yang kuat lebih efektif dalam membangun loyalitas jangka panjang dibandingkan promosi yang bersifat jangka pendek
References
Aisah, S., Fatoni, M. I., Sulfiya, S., & Ramadhani, M. A. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Persepsi Pelanggan Dan Loyalitas Di E-Commerce. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31537/jembe.v2i1.2243
Anggia, T. R., Kawet, L., & Ogi, M. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. EMBA, 3(No.2), 1041–1050.
Azizah, S. N. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan di Shopee. 2(3), 35–46.
Kuncoro, H. A. D. P., & Kusumawati, N. (2021). a Study of Customer Preference, Customer Perceived Value, Sales Promotion, and Social Media Marketing Towards Purchase Decision of Sleeping Product in Generation Z. Advanced International Journal of Business, Entrepreneurship and SMEs, 3(9), 265–276. https://doi.org/10.35631/aijbes.39018
Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Impact of Promotion, Price and Product Quality on Oppo Smartphone Consumer Loyalty. Science and Technology Research Journal, 4(2), 161–174. http://repository.unmuhjember.ac.id/11107/3/Artikel_%5BC.1.c.6.g%5D.pdf
Saadatirrohmi, S. A., & Rismawati. (2022). Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Loyalitas Konsumen Industri Roti. Nusantara Hasana Journal, 2(2), 2–7. http://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/download/392/258
Sosrobahu, M. A., & Isa, M. (2024). Pengaruh Perceived Defferentiation, Promotion, dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Pada Produk AeroStreet dengan Brand Trust Sebagai …. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan …, 8(2), 1–10.
Srinivasan, S. S., Anderson, R., & Ponnavolu, K. (2002). Customer loyalty in e-commerce: An exploration of its antecedents and consequences. Journal of Retailing, 78(1), 41–50. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(01)00065-3
Suntani Sentiana, S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Veronika, V., & Nainggolan, N. P. (2022). Pengaruh Promosi, Atribut Produk, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1272
Wangui Gakuya, R., & Kagutha Njue, N. (2018). Effects Of Differentiation Strategy On Customer Loyalty Among Pharmaceutical Companies In Nairobi County, Kenya. European Journal of Management and Marketing Studies, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.1241211
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aliy Rasyid, Junengsih, Ellen Aurelie Basuki, Hilda Sari Wardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.