Pengembangan Kemampuan Public Speaking Dasar sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Syamzaimar Institut Sains Al-Qur'an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian
  • Surma Hayani Institut Sains Al-Qur`An Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1588

Abstract

Kemampuan public speaking merupakan keterampilan penting dalam pendidikan dasar karena berperan dalam membentuk kepercayaan diri, keberanian, dan keterampilan komunikasi siswa. Namun, banyak siswa sekolah dasar, khususnya kelas tinggi, masih mengalami hambatan berbicara di depan umum karena minimnya pelatihan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa melalui program pelatihan berbasis partisipatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif dengan tahapan kegiatan berupa persiapan, pelaksanaan pelatihan, observasi, dokumentasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, praktik langsung, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keberanian siswa, kejelasan komunikasi verbal, dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Implikasi dari pelatihan ini tidak hanya memperbaiki proses pembelajaran, tetapi juga membentuk karakter percaya diri siswa serta membuka peluang untuk diterapkannya program serupa di madrasah atau sekolah dasar lainnya

References

Andu, P. C., & Patrinto, H. T. (2024). Public speaking: Menjadi pembicara yang menarik. Widina Media Utama.

Cahyadi, M., & Suriani, A. (2024). Membangun kemampuan public speaking dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3).

Datu, A. Y. (2024). Public speaking. PT Media Penerbit Indonesia.

Dea, S., & Hasmi, H. (2023). Pelatihan public speaking pada anak-anak SD Muhammadiyah 02 Pendakian Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 3(3).

Harahap, F. O., et al. (2024). Pelatihan public speaking pada siswa Sekolah Dasar Negeri 74 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia.

Lipa, M. K., & Sahan, M. Y. (2022). Mengasah kemampuan public speaking melalui program suara yang berbicara untuk anak sekolah dasar di Desa Lambelawa, Kec. Witihama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3).

Marliza, A., & Sahrun, M. (2024). Membangun kemampuan public speaking dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3).

Meifilina, A. (2024). Buku ajar public speaking. CV AA Rizky.

Panjaitan, C. J., et al. (2024). Meningkatkan kemampuan public speaking siswa melalui media wayang kertas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Catimore), 3(1).

Pusdiklat Tenaga Administrasi. (2023). Modul ajar teknik dasar public speaking. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selviayana, D., & Suyuthi, H. (2023). Pelatihan public speaking pada anak-anak SD Muhammadiyah 02 Pendakian Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 3(3).

Sudi, M. (2024). Dasar public speaking. PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Sutrisno, T., et al. (2021). Pelatihan public speaking basic kepada siswa kelas IV MI dan SD di Desa Gedungan Kabupaten Sumenep melalui metode demonstrasi. Jurnal Abdinus: Pengabdian Nusantara, 5(2).

Thirafi, L., Masrina, D., & Akbarsyah, N. (2024). Peningkatan minat membaca dan public speaking pada siswa SDN 2 Ciliang Kab. Pangandaran. Jurnal Acitya Bhakti, 1(1).

Zainal, G. A. (2021). Public speaking cerdas saat berbicara di depan umum. Euneka Media Aksara.

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Syamzaimar, & Surma Hayani. (2025). Pengembangan Kemampuan Public Speaking Dasar sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1732–1739. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1588

Issue

Section

Articles