Implementasi Pendidikan Karakter Santri Berbasis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1581Keywords:
Pendidikan Karakter, Pesantren, Adabul ‘Alim Wal Muta’alliAbstract
Pendidikan karakter menjadi elemen kunci dalam pembentukan manusia yang beradab dan bertanggung jawab. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, memiliki peran strategis dalam internalisasi nilai-nilai moral melalui pembelajaran berbasis kitab klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter santri berbasis kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter dilakukan secara sistematis dengan strategi Al Muhafadhotu ‘ala qodimi as-salihi wal akhdu bil jadidil aslah. Pelaksanaannya menggunakan sistem asrama penuh 24 jam dengan pengasuhan menyeluruh, sementara pengawasan dilakukan secara langsung melalui mahkamah pondok, absensi, dan evaluasi perilaku. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai kitab klasik ke dalam kehidupan santri serta perlunya penguatan evaluasi dan mentoring reflektif dalam membentuk karakter yang utuh.
References
Ameliana, D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013. IAIN Kediri.
Aspiyah, & Suharsiwi. (2021). Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Studi Kasus Di Pesantren Al Ihrom Jakarta Barat. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–17.
Haeruddin, H., Rama, B., & Naro, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 60–73.
Hasim, G., Fawaid, M., & Arifin, S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Al Fattah Karangsari Sukodono. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 10–33.
Husni, M. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pendidikan Dasar (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Kecamatan Ngaglik dan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego Mangunharjo Kabupaten Sleman Yogjakarta. niversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Jannah, R., Yakin, N., & Ernawati. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Santri di Era Teknologi (Studi Pondok Pesantren Putri Nurul Hakim Kediri Lombok Barat). Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 9(2), 171–188.
Linnaja, N., & Imron, A. (2021). Pendidikan Karakter Santri Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 39–62. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1731
Maftuhin. (2009). Pengaruh Arahan Pendidikan Oleh Keluarga dan Kompetensi Guru Terhadap Pembentukan Karakter (Character Building) Siswa SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 25.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Munawaroh, K., Karwati, L., & Yuliyani, L. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL: Studi di Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya. JoCE (Journal of Community Education), 3(1), 6–13.
Rohdiana, F., Suhartono, & Marlina. (2023). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Santri pada Pondok Pesantren Darussalamah. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 15–24. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1843
Romdoni, L. N., & Malihah, E. (2020). Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 13–22. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808
Utami, E. D. A., Khermarinah, & Jelita, D. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Karakter Santri Di Mts Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Islamic Education Journal, 2(3), 250–258.
Yahya, S. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 32–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh. Athok Farchan, Ning Rahayu Handayani, Ridya Ningrum Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.