Implementasi Pendidikan Karakter Santri Berbasis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Authors

  • Moh. Athok Farchan Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Ning Rahayu Handayani Universitas Negeri Malang
  • Ridya Ningrum Wulandari Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1581

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pesantren, Adabul ‘Alim Wal Muta’alli

Abstract

Pendidikan karakter menjadi elemen kunci dalam pembentukan manusia yang beradab dan bertanggung jawab. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, memiliki peran strategis dalam internalisasi nilai-nilai moral melalui pembelajaran berbasis kitab klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter santri berbasis kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter dilakukan secara sistematis dengan strategi Al Muhafadhotu ‘ala qodimi as-salihi wal akhdu bil jadidil aslah. Pelaksanaannya menggunakan sistem asrama penuh 24 jam dengan pengasuhan menyeluruh, sementara pengawasan dilakukan secara langsung melalui mahkamah pondok, absensi, dan evaluasi perilaku. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai kitab klasik ke dalam kehidupan santri serta perlunya penguatan evaluasi dan mentoring reflektif dalam membentuk karakter yang utuh.

References

Ameliana, D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013. IAIN Kediri.

Aspiyah, & Suharsiwi. (2021). Pendidikan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Studi Kasus Di Pesantren Al Ihrom Jakarta Barat. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–17.

Haeruddin, H., Rama, B., & Naro, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(1), 60–73.

Hasim, G., Fawaid, M., & Arifin, S. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pondok Pesantren Al Fattah Karangsari Sukodono. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 10–33.

Husni, M. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pendidikan Dasar (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Kecamatan Ngaglik dan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego Mangunharjo Kabupaten Sleman Yogjakarta. niversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Jannah, R., Yakin, N., & Ernawati. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Santri di Era Teknologi (Studi Pondok Pesantren Putri Nurul Hakim Kediri Lombok Barat). Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 9(2), 171–188.

Linnaja, N., & Imron, A. (2021). Pendidikan Karakter Santri Program Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Islah Kertek Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 39–62. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1731

Maftuhin. (2009). Pengaruh Arahan Pendidikan Oleh Keluarga dan Kompetensi Guru Terhadap Pembentukan Karakter (Character Building) Siswa SMP Al-Izzah Islamic Boarding School Batu. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 25.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Munawaroh, K., Karwati, L., & Yuliyani, L. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PESANTREN TRADISIONAL: Studi di Pesantren Cintawana Kabupaten Tasikmalaya. JoCE (Journal of Community Education), 3(1), 6–13.

Rohdiana, F., Suhartono, & Marlina. (2023). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Santri pada Pondok Pesantren Darussalamah. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 15–24. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1843

Romdoni, L. N., & Malihah, E. (2020). Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 13–22. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808

Utami, E. D. A., Khermarinah, & Jelita, D. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Pendidikan Karakter Santri Di Mts Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Islamic Education Journal, 2(3), 250–258.

Yahya, S. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Modern Al-Syaikh Abdul Wahid Kota Baubau Sulawesi Tenggara. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 32–41.

Downloads

Published

2025-07-06

How to Cite

Farchan, M. A., Handayani, N. R., & Wulandari, R. N. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Santri Berbasis Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2221–2229. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1581

Issue

Section

Articles