Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Al-Qur'an (Kajian Surat Al-Mujadalah Ayat 11 dan Luqman Ayat 13)
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1543Keywords:
Pendidikan Karakter, Al-Qur’an, Surah Al-Mujadalah, Surah LuqmanAbstract
Fenomena melemahnya internalisasi nilai-nilai keislaman dan krisis moral di kalangan generasi muda menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan. Al-Qur’an memberikan pedoman karakter yang kuat melalui ayat-ayat seperti Surah Al-Mujadalah ayat 11 dan Surah Luqman ayat 13 yang sarat akan nilai-nilai adab, ilmu, dan tauhid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsep nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dua ayat tersebut dan relevansinya terhadap pembentukan kepribadian peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan teknik analisis tafsir tematik dan tahlili terhadap berbagai kitab tafsir klasik dan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surah Al-Mujadalah ayat 11 mengandung nilai-nilai seperti penghormatan terhadap ilmu, kedisiplinan, dan adab dalam majelis, sedangkan Surah Luqman ayat 13 menekankan nilai tauhid, tanggung jawab moral, dan peran orang tua dalam pendidikan karakter anak. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan urgensi integrasi nilai-nilai Qur’ani dalam kurikulum pendidikan Islam sebagai solusi atas krisis moral dan spiritual masa kini.
References
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Astuti, R. B., Maryono, M., & Fuadi, S. I. (2023). Etika Mencari Ilmu Dalam Al-Qur’an (Kajian QS Al-Mujadalah Ayat 11). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 9–18.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Haryono, B., Pramana, A., Muslihah, S., Syaifulah, S., & Maulidin, S. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dan Relevansi Surah Al-Mujadalah Ayat 11 Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(3), 116–127.
Mu’in, F. (2019). Pendidikan Karakter-Konstruksi Teoritik & Praktik-Urgensi Pendidikan Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orangtua. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia Jakarta. Bahasa Indonesia.
Ramdani, M., Kosasih, A., & Abdullah, M. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Qs. Al-Mujadalah Ayat 11 Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8(2), 616–626.
Rofina, A., Ilmi, M. N. A. H., Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2024). Konsep Ilmu dan Pendidikan dalam Perspektif Surat Al-Mujadalah Ayat 11. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 107–119.
Samsu, S. (2021). Metode Penelitian:(Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Pusaka Jambi.
Sari, D. F. P. A., & Retnaningsih, D. A. (2022). Keutamaan Orang Berilmu Dalam Al-Qur’an Surat Al-Mujadalah Ayat 11. Tarbiya Islamica, 10(2), 118–129.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2, 52–54.
Subhi, I. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 (Telaah Atas Kitab Tafsir Al-Azhar). IAIN Curup.
Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam membangun karakter bangsa. IAIN Jember.
Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lalu Muhammad Mabrur Irfansyah, Iva Inayatul Ilahiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.