Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al Madinah Global School Diwek Jombang

Authors

  • Siti Masyitoh Universitas Hasyim Asy’ari
  • Aida Arini Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1538

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pembelajaran Fikih yang masih dominan menggunakan pendekatan konvensional dan berpusat pada guru telah menghambat pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fikih di MA Al Madinah Global School Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan guru Fikih dan siswa kelas XI sebagai subjek, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL yang diterapkan melalui tiga tahapan utama perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi mampu mendorong siswa untuk berpikir analitis, menyampaikan argumen, dan menarik kesimpulan berbasis masalah kontekstual. Indikator berpikir kritis seperti kemampuan menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, menyimpulkan, dan memecahkan masalah berkembang secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PBL efektif dalam menciptakan pembelajaran Fikih yang aktif, bermakna, dan relevan dengan kehidupan nyata siswa

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1). https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Bambang, B. N., Fauzi, B. Q., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Pembelajaran problem based learning dalam inovasi pembelajaran Fiqih untuk meningkatkan berpikir kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6249

Ferial, R., & Edi. (2023). Model pembelajaran untuk kurikulum merdeka dengan strategi berdiferensiasi. Yogyakarta: CV Istana Agensi.

Hartata, R. (2019). Model pembelajaran problem based learning sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar sejarah (pemintakan). Keraton: Journal of History Education and Culture, 1(2). https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.521

Khilmiyah, A. (2016). Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Pangastuti, I. D. (2023). Berpikir kritis melalui problem based learning (teori dan implementasi). Sukoharjo: CV Pajang Putra Wijaya.

Rashardhian, A. (2022). Kajian kemampuan berpikir kritis (critical thinking skill) dari sudut pandang filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahman, A. (Ed.). (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsinar. (2023). Model pembelajaran PBL - 4C. Medan: Ruang Tentor.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/312091080_Keterampilan_Abad_21

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Masyitoh, S., & Aida Arini. (2025). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al Madinah Global School Diwek Jombang. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2134–2139. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1538

Issue

Section

Articles