Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Meningkatkan Kesadaran Hak Asasi Manusia di Kalangan Siswa Sekolah Paket A di PKBM Permai Kec. Tanjung Morawa
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1536Keywords:
Sekolah Ramah Anak, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Non-FormalAbstract
Tingginya angka kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan menjadi persoalan serius yang memerlukan respons sistemik, terutama dalam pendidikan non formal yang belum sepenuhnya terlindungi oleh sistem pengawasan yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Program SRA dalam meningkatkan kesadaran hak asasi manusia (HAM) di kalangan siswa Sekolah Paket A di PKBM Permai Kecamatan Tanjung Morawa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari 21 siswa dan 8 pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi melibatkan sosialisasi lintas pihak, pelatihan guru berbasis nilai 3P (Provisi, Proteksi, Partisipasi), dan pembelajaran partisipatif. Dampak program terlihat dalam peningkatan kesadaran siswa terhadap hak mereka untuk dilindungi, didengar, dan berpartisipasi aktif di sekolah. Meskipun demikian, kendala seperti keterbatasan sumber daya, rendahnya kapasitas guru, dan isu lingkungan eksternal turut memengaruhi efektivitas pelaksanaan program. Penelitian ini merekomendasikan penguatan sinergi antar pemangku kepentingan dan pengintegrasian SRA ke dalam kebijakan pendidikan kesetaraan yang berkelanjutan
References
Arikunto, S. (2004). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hafifah, M., & Aini, Z. N. (2021). Efektivitas program Sekolah Ramah Anak dalam pembentukan karakter positif pada anak kelompok B usia 5–6 tahun di RA Labschool IIQ Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/2s7wc (jika tidak ada DOI, bisa dituliskan sebagai retrieved from URL jika tersedia)
Barus, H. (2014). Metodologi penelitian pendidikan PPKn. FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.
Iskandar, U. (2015, Agustus 25). Pengertian dan standar sekolah sehat. Retrieved February 25, 2016, from http://urayiskandar.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-dan-standar-sekolah-sehat.html?m=1
Karlina, Y. D. S. (2008). Implementasi program Sekolah Ramah Anak di SD Putren Pleret Bantul. Jurnal Penelitian Pendidikan FIP UNY, 8(2), 101–114.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majdi, M., & Shofiyuddin, A. I. (2021). Sekolah Ramah Anak terhadap pengembangan sosial-emosional anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Jurnal Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 17(1), 1–11.
Misnatun. (2006). Pola pembentukan karakter anak melalui pendidikan ramah anak dalam perspektif pendidikan Islam. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1–19.
Muchlisin, A., Zuber, A., & Haryono, B. (2020). Peran pendidikan alternatif dalam menanggulangi siswa putus sekolah. Society, 8(2), 719–731. https://doi.org/10.33019/society.v8i2.234
Purwanto. (2007). Instrumen penelitian sosial dan pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmiati, F., & Riska, A. (2021). Implementasi pendidikan dalam hak asasi manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Hukum, 5(3). https://doi.org/10.31219/osf.io/k9pt7 (gunakan link atau DOI resmi jika tersedia)
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triwahyuningsih, S. (2018). Perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia. Legal Standing: Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 113–121.
Utami, P. (2022, Oktober 21). Pendanaan pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan ditingkatkan. Retrieved from https://asatunews.co.id/index.php/indeks-ind24jam/7132-pendanaan-pendidikan-anak-usia-dini-dan-pendidikan-kesetaraan-ditingkatkan
Wiwin, Y. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 2(2), 21–30. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Lili Winarti, Samsul Bahri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.