Interaksi Mahasiswa Dengan Artificial Intelligence dan Implikasinya Terhadap Akhlak Digital: Tinjauan Psikologi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1467Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana interaksi mahasiswa dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) memengaruhi akhlak digital, ditinjau dari perspektif psikologi pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif melalui teknik survei dengan penyebaran angket kepada 35 mahasiswa dari berbagai program studi di perguruan tinggi Islam. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa yang aktif menggunakan aplikasi AI seperti ChatGPT dan sejenisnya dalam kegiatan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memanfaatkan AI untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran, menyaring informasi sesuai nilai-nilai Islam, serta lebih berhati-hati dalam menjaga adab digital. Sebanyak 94,3% responden menyatakan mempertimbangkan nilai-nilai Islam saat menggunakan AI, dan 91,4% merasa AI membantu meningkatkan kesadaran etika digital. Namun demikian, ditemukan hubungan negatif antara intensitas penggunaan AI dan kualitas akhlak digital, khususnya dalam hal kejujuran dan tanggung jawab. Sebagian besar mahasiswa juga menolak anggapan bahwa AI dapat menggantikan peran edukatif, afektif, dan moral guru atau dosen. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi nilai-nilai Islam dalam penggunaan teknologi serta perlunya bimbingan moral dalam penggunaan AI di lingkungan pendidikan tinggi Islam
References
Abdurrahman, A. R., et al. (2025). Pengaruh Penggunaan AI Terhadap Kompetensi dan Motivasi Belajar Mahasiswa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 201–210.
Apriadi, Tanduk, & Sihotang. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Islam di Era Digital. Educendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 3, No. 2.
Aziz, R, A,. et al. (2023). Tantangan Pendidikan Karakter Islami di Era Teknologi Artificial Intelligence. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 20 No. 1.
Cahyaningtyas, D. F. (2024). Tren Penggunaan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Daluang: Journal of Library and Information Science. Vol. 4, No. 2.
Fauziyati, W. R. (2023). Islamic Education Students' Perceptions: A Phenomenological Study on the Use of Artificial Intelligence in Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 20, No. 2.
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Pendidikan Islam dalam Bayangan Artificial Intelligence. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 3, No. 1.
Gunawan. (2023). Dampak AI terhadap Karakter Mahasiswa dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 3, No. 1.
Hermanto, A., et al. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal Nakula. 3(3), 47–65.
Herwinsyah. (2024). Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Studi Islam Integratif (SIIS). Vol. 1, No. 1.
Huda, M., & Suhwayu, I. (2024). Peran Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Islam. Vol. 02, No. 2.
Judijanto, L., & Harsya, R. M. K. (2025). Etika dan Hukum dalam Penggunaan Artificial Intelligence terhadap Privasi Digital di Indonesia. Sanskara Hukum dan HAM. Vol. 3, No. 3
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2023). Surat Edaran Nomor 9 Tahun 2023 tentang Etika Kecerdasan Artifisial. https://jdih.komdigi.go.id/produk_hukum/view/id/883 (Diakses hari senin, 26 Mei 2025, Pukul 20.15 WIB)
Pristiwati, N., & Yulianti, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Mars. Vol. 2, No. 4 https://journal.arteii.or.id/index.php/Mars/article/download/235/390/1304 (Di akses hari senin, 26 Mei 2025, Puku; 19. 35 WIB)
Rahmah, N. L., & Fauzi, I. (2023). Etika Penggunaan AI dalam Perspektif Islam.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH). Vol. 1, No. 2.
Simorangkir, R. A. (2025). Persepsi Guru dan Siswa dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI). Universitas Medan Area.
Sudaryanto, S,. Dkk. (2023). Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6, No. 2.
Supagat, S,. et al. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of islamic studiens. Vol. 05, No. 3.
Suryana, D. (2022). Literasi Digital dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2.
Sodikin. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Artificial Intelligence (AI): Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Journal of Teaching and Learning. Vol. 3, No. 2.
Waahyudi, M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi, UIN KHAS Jember.
Utari, H., dkk. (2024). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence terhadap Kecerdasan Intelektual Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Jurnal Simki Pedagogia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadia Saputri, surawan surawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.