Manajemen Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Minat dan Bakat
Studi kasus di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1434Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan minat dan bakat peserta didik di Madrasah Aliyah Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan informan terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, serta peserta didik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan secara sistematis dengan mempertimbangkan visi dan misi madrasah serta pemetaan minat dan bakat siswa. Implementasi kegiatan mencakup berbagai bidang, antara lain kepramukaan, seni, olahraga, keagamaan, public speaking, dan tata boga. Evaluasi dilaksanakan secara berkala oleh pembina berdasarkan partisipasi dan capaian prestasi siswa. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, fasilitas yang belum memadai, serta tingkat motivasi siswa yang beragam. Meskipun demikian, kegiatan ekstrakurikuler terbukti berkontribusi signifikan terhadap pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penguatan manajemen secara berkelanjutan melalui peningkatan koordinasi internal, penyediaan fasilitas pendukung yang memadai, serta pemetaan minat siswa yang lebih terarah
References
Afrizal. (2016). Metode penelitian kualitatif. Raja Grafindo Persada.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muh, F. (n.d.). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=723817&val=11247&title=Peran%20kepala%20sekolah%20dalam%20meningkatkan%20%20mutu%20pendidikan
Mujahidin, A., Nur Mahmudah, F., & Solihin. (2023). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pencapaian prestasi siswa (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan). Jurnal Syntax Admiration, 4(11), 2232–2243. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i11.910
Mulyono. (2009). Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Nasir, B., Muh, & Malli, R. (2022). Manajemen pengembangan bakat dan minat pada peserta didik Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa. Education and Learning Journal, 3(2), 124. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.179
Rahardjo, H. M., & Si, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya.
Rahmat Hidayat, & Wijaya, H. C. (2017). Ayat Al-Qur’an tentang manajemen pendidikan Islam (A. Zein, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Rukajat, A., Totoh, A. T., & Nugraha, G. I. (2022). Manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan kreativitas siswa (G. Rulie & S. A. Zulita, Eds.). CV Budi Utama.
Sadad, R., Fadhilah, D. N., Prodi MPI STAI Sangatta, Prodi MPI IAIN Ambon, Prodi MPI IAI Al Hikmah Tuban, & Prodi MPI UINSI Samarinda. (2023). Strategi manajemen guru dalam meningkatkan minat dan bakat siswa.
Saputra, A. A., dkk. (2023). Manajemen ekstrakulikuler minat bakat Palembang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avifahtur Nur Rohma, Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.