Manajemen Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Minat dan Bakat

Studi kasus di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang

Authors

  • Avifahtur Nur Rohma Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Lukman Hakim Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan minat dan bakat peserta didik di Madrasah Aliyah Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan informan terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, serta peserta didik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan secara sistematis dengan mempertimbangkan visi dan misi madrasah serta pemetaan minat dan bakat siswa. Implementasi kegiatan mencakup berbagai bidang, antara lain kepramukaan, seni, olahraga, keagamaan, public speaking, dan tata boga. Evaluasi dilaksanakan secara berkala oleh pembina berdasarkan partisipasi dan capaian prestasi siswa. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, fasilitas yang belum memadai, serta tingkat motivasi siswa yang beragam. Meskipun demikian, kegiatan ekstrakurikuler terbukti berkontribusi signifikan terhadap pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan penguatan manajemen secara berkelanjutan melalui peningkatan koordinasi internal, penyediaan fasilitas pendukung yang memadai, serta pemetaan minat siswa yang lebih terarah

References

Afrizal. (2016). Metode penelitian kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muh, F. (n.d.). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=723817&val=11247&title=Peran%20kepala%20sekolah%20dalam%20meningkatkan%20%20mutu%20pendidikan

Mujahidin, A., Nur Mahmudah, F., & Solihin. (2023). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pencapaian prestasi siswa (Studi kasus di SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan). Jurnal Syntax Admiration, 4(11), 2232–2243. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i11.910

Mulyono. (2009). Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Nasir, B., Muh, & Malli, R. (2022). Manajemen pengembangan bakat dan minat pada peserta didik Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa. Education and Learning Journal, 3(2), 124. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.179

Rahardjo, H. M., & Si, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya.

Rahmat Hidayat, & Wijaya, H. C. (2017). Ayat Al-Qur’an tentang manajemen pendidikan Islam (A. Zein, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Rukajat, A., Totoh, A. T., & Nugraha, G. I. (2022). Manajemen ekstrakurikuler dalam meningkatkan kreativitas siswa (G. Rulie & S. A. Zulita, Eds.). CV Budi Utama.

Sadad, R., Fadhilah, D. N., Prodi MPI STAI Sangatta, Prodi MPI IAIN Ambon, Prodi MPI IAI Al Hikmah Tuban, & Prodi MPI UINSI Samarinda. (2023). Strategi manajemen guru dalam meningkatkan minat dan bakat siswa.

Saputra, A. A., dkk. (2023). Manajemen ekstrakulikuler minat bakat Palembang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Avifahtur Nur Rohma, & Lukman Hakim. (2025). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Minat dan Bakat: Studi kasus di MA Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1816–1821. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1434

Issue

Section

Articles