Model Gaya Belajar dan Tipe-Tipe Individu dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1416Abstract
Perbedaan karakteristik individu dalam menyerap dan mengolah informasi menuntut pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif, terutama dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) yang bertujuan membentuk karakter dan spiritualitas peserta didik. Sayangnya, banyak guru masih menerapkan metode pengajaran yang seragam tanpa mempertimbangkan gaya belajar siswa yang beragam, sehingga menghambat efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model gaya belajar dan tipe-tipe individu dalam proses pembelajaran PAI serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Sumber data diperoleh dari jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya dan tipe belajar siswa sangat mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI. Siswa lebih mudah memahami materi saat strategi pengajaran disesuaikan dengan kecenderungan belajar masing-masing, baik secara sensorik maupun kognitif. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran PAI agar guru dapat menyesuaikan metode, media, dan strategi pembelajaran secara lebih personal dan kontekstual
References
Afandi, M., & Zuraidah, Z. (2020). Kesiapan, gaya belajar dan keaktifan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Bangkinang Kota. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221–242.
Amin, M. (2016). Pengaruh mind map dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.
Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A. R. A., & Rosita, E. (2023). Analisis gaya belajar siswa dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).
Rasyad, A. (n.d.). Materi pokok media pengajaran (Cet. ke-2). Dirjen.
Samples, B. (2002). Revolusi belajar untuk anak: Panduan belajar sambil bermain untuk membuka pikiran anak-anak Anda. Bandung: Kaifa.
Sartika, C. D. (2020). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika kelas V ditinjau dari gaya belajar dan jenis kelamin [Tesis Doktoral, UIN Raden Intan Lampung].
Sibawaih, I., & Rahayu, A. T. (2017). Analisis pola asuh orang tua terhadap gaya belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 3(2).
Sriyono, dkk. (1992). Teknik belajar mengajar dalam CBSA (Cet. ke-1). Jakarta: Rineka Cipta.
Talibo, I. (2018). Tipe-tipe belajar dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(2).
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risma Sulistia Aini, Muslim Afandi, Mhd.Subhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.