Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Siswa Baru di MTS Negeri 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1393Abstract
Persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin kompetitif menuntut setiap institusi untuk memiliki strategi manajerial yang efektif, termasuk dalam hal pemasaran pendidikan. MTs Negeri 1 Jombang menjadi salah satu lembaga pendidikan yang aktif menerapkan manajemen pemasaran guna menarik minat siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pemasaran pendidikan serta dampaknya terhadap peningkatan minat peserta didik baru di MTsN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi terhadap berbagai pihak seperti kepala madrasah, Waka Humas, Waka Kurikulum, tim PPDB, dan siswa. Analisis data dilakukan melalui teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pemasaran pendidikan dilakukan dengan menetapkan target pasar, menyusun strategi promosi, dan merancang program unggulan madrasah; (2) pengorganisasian dilakukan dengan membentuk tim promosi yang terdiri dari berbagai elemen sekolah, serta pembagian tugas yang sistematis; (3) pelaksanaan promosi dilakukan melalui berbagai media, seperti brosur, media sosial, kegiatan Open House, dan publikasi prestasi siswa; serta (4) evaluasi strategi pemasaran dilakukan secara berkala untuk memastikan relevansi program terhadap kebutuhan masyarakat. Strategi ini terbukti berhasil meningkatkan jumlah pendaftar dan memperkuat citra positif lembaga. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan yang terencana, terstruktur, dan inovatif sangat berperan dalam menarik minat peserta didik baru serta meningkatkan daya saing lembaga pendidikan
References
Fajri, M. (2022). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Siswa Baru di MTs Guppi 1 Babatan Lampung Selatan. Skripsi.
Fikri, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Siswa Baru di SMKIT Nurul Qolbi Bekasi. In Skripsi (Issue 11160182000003). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54359/1/Skripsi Muhammad Fikri Watermark.pdf
Fikri, Muhammad. Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat
G. R. Terry, Prinsip-Prinsip Manajemen (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), 88
Hifsy, I., Firman, & Neviyarni. (2022). Implementasi Manajemen Bimbingan dan konseling (POAC) untuk Pelayanan Bimbingan Konseling yang Efektif. Education & Learning, 2(2), 74–78. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.386
Hasan, Ali. Marketing, 367
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium Jilid 1. (Jakarta:
Prenhallinso, 2002), 109
Junaris Imam, Rahmi Elvi, Moh. Zaini, M. M. (2021). Marketing Strategies Education Oriented Market, Customers And Advantages Competitive. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(3), 29–40. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i3.274
Pokhrel, S. (2024). Implementasi Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru Di Sdit Al-Muhajirin Koja. Αγαη, 15(1), 37–48.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Wakhudin, W., Wijarnako, B., & Purbomartono, C. (2023). Memenangi Persaingan Ppdb Dengan Meningkatkan Kualitas Sekolah Dan Memanfaatkan Media Sosial. Ekalaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(1), 158–166. https://doi.org/10.57254/eka.v2i1.35
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arizka Rahmatin Nisa’, Asep Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.