Strategi Pembelajaran Kreatif Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Pada Generasi Z

Authors

  • Sukma Ningsih Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Widia Kurniasih Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Afri Ramadhani Arhan Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis
  • Ervina Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksemana Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1339

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma pembelajaran, khususnya bagi generasi Z yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap media visual dan interaktif. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai mata pelajaran normatif menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi secara menarik dan relevan bagi generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran kreatif berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan minat belajar PAI di kalangan siswa generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva secara signifikan mampu meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, dan kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI. Canva mendukung penyajian materi ajar yang visual, fleksibel, dan mudah diakses, serta memungkinkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam menyusun konten pembelajaran yang interaktif. Implikasinya, integrasi sistematis Canva dalam proses pembelajaran menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kejenuhan siswa terhadap metode konvensional dan memperkuat pemahaman keagamaan yang relevan dengan konteks digital saat ini

References

Alfatih, A. M., Jannah, H., & Raharjo, R. (2024). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran multimedia interaktif di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 129–140.

Astutik, U. (2023). Peningkatan keterampilan literasi digital melalui media Chromebook berbasis aplikasi Canva pada pembelajaran tema 7 siswa kelas IV SDN Pandanrejo 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 780–789.

Azwari, R., Mustari, M., & Andriani, W. (2025). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan Canva untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII.B SMP Negeri 16 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 48–56.

Destiawati, D., Aripin, M. P., Alifah, I. M., Wahyudin, M., Maulida, A. Z. P., & Pujawardani, H. H. (2024). Pemanfaatan PowerPoint dalam Canva pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI Abdurrahman Kota Bandung. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 701–712.

Khozin, K. (2025). Pembelajaran PAI berbasis Canva untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 131–140.

Pangalila, T., Paka, N., Pombaile, E., Abdul, A., & Sampel, F. L. (2024). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Tondano. Academy of Education Journal, 15(1), 417–425.

Supriadi, D. (2025). Inovasi pembelajaran PAI di era digital: Strategi menumbuhkan minat belajar Gen-Z. Tadbiruna, 4(2), 320–328.

Suriyati, S., Abubakar, A., Nur, T., Swito, A., & Nuraeni, N. (2024). Pemanfaatan media Canva pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 16(1), 57–66.

Suwahyu, I. (2024). Pemanfaatan aplikasi Canva pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Information Technology Education Journal, 15, 1–10.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Ningsih, S., Kurniasih, W., Arhan, A. R., & Ervina. (2025). Strategi Pembelajaran Kreatif Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Pada Generasi Z . Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1596–1605. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1339

Issue

Section

Articles