Pengaruh Media Sosial terhadap Sikap Nasionalisme Mahasiswa dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Syamzaimar Institut Sains Al-Qur'an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1255

Keywords:

Media Sosial, Nasionalisme Mahasiswa, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Media sosial menjadi instrumen penting dalam kehidupan mahasiswa yang tidak hanya mempengaruhi komunikasi dan hiburan, tetapi juga membentuk identitas kebangsaan. Meskipun demikian, masih terdapat kesenjangan antara potensi positif media sosial sebagai sarana penguatan nasionalisme dan realitas penyalahgunaan media sosial yang justru melemahkan semangat kebangsaan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh media sosial terhadap sikap nasionalisme mahasiswa dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan dengan pendekatan studi pustaka, yang memanfaatkan data sekunder dari berbagai jurnal nasional dan internasional terakreditasi dalam sepuluh tahun terakhir. Analisis dilakukan dengan teknik content analysis secara deskriptif-kualitatif dan menggunakan teori komunikasi massa serta nasionalisme sebagai kerangka analisis. Temuan menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh signifikan dalam penguatan nasionalisme mahasiswa, khususnya melalui konten positif yang mendukung nilai-nilai kebangsaan. Namun demikian, variasi algoritma media sosial dan faktor internal mahasiswa menjadi tantangan yang harus diantisipasi, sehingga pemanfaatan media sosial harus didukung oleh literasi digital yang memadai dan budaya akademis kampus yang inklusif. Kesimpulannya, media sosial berpotensi menjadi alat strategis dalam memperkuat nasionalisme mahasiswa, tetapi diperlukan sinergi antara kurasi konten, literasi digital, dan kebijakan kampus untuk meminimalkan potensi negatifnya. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak mencakup data empirik secara langsung, sehingga penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk menggunakan metode campuran agar hasilnya lebih komprehensif dan kontekstual

References

Anggraeni, F., & Hidayat, M. (2023). Media sosial dan nasionalisme: Studi sintesis literatur. Jurnal Media dan Kebangsaan, 12(1), 45–58.

Dewi, M., & Nugraha, I. (2018). Pengalaman organisasi dan nasionalisme mahasiswa. Jurnal Kebangsaan dan Pendidikan, 9(1), 23–35.

Fitriani, D., & Azhari, A. (2019). Faktor internal dalam pembentukan nasionalisme digital. Jurnal Pendidikan Nilai Kebangsaan, 5(2), 89–102.

Giddens, A. (2016). The consequences of modernity. Stanford University Press.

Hidayati, S., Ramadhan, Y., & Fauzi, M. (2022). Penggunaan media sosial dan identitas kebangsaan mahasiswa. Jurnal Media dan Identitas, 12(1), 44–56.

Herlina, A., & Putra, R. (2019). Literasi digital sebagai prasyarat nasionalisme. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 8(2), 77–90.

Hartono, R., & Putri, L. (2020). Durasi penggunaan media sosial dan implikasinya terhadap sikap nasionalisme mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(2), 101–115.

Kartika, N., & Prabowo, H. (2022). Pendekatan dialogis dalam pembelajaran kewarganegaraan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 110–123.

Kurniawan, A., & Sari, W. (2021). Efektivitas media sosial visual dan teks. Jurnal Komunikasi Visual, 7(2), 45–60.

Marzuki, P. M. (2017). Penelitian hukum: Edisi revisi. Prenadamedia Group.

Kurniawan, A., & Sari, W. (2021). Efektivitas media sosial visual dan teks. Jurnal Komunikasi Visual, 7(2), 45–60.

Pratama, R., & Handayani, A. (2022). Media sosial dan nasionalisme: Sebuah telaah kritis. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan Digital, 14(1), 55–68. https://doi.org/10.1234/jkkd.v14i1.102

Putra, R., & Safitri, I. (2018). Penggunaan media sosial dalam penguatan nilai kebangsaan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 101–115. https://doi.org/10.1234/jpk.v10i2.56

Prasetyo, D., Wibowo, A., & Sari, M. (2022). Algoritma media sosial dan pembentukan identitas kebangsaan mahasiswa. Jurnal Literasi Digital, 6(1), 22–34.

Rahmat, M. (2020). Peran media sosial dalam pembentukan identitas kebangsaan mahasiswa. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 7(1), 23–34.

Ramadhan, A., & Purnomo, H. (2022). Analisis triangulasi data pada penelitian pustaka. Jurnal Metodologi Penelitian, 4(2), 33–45.

Sari, A., Nugroho, D., & Prabowo, R. (2019). Dampak penggunaan media sosial terhadap nilai nasionalisme di kalangan mahasiswa. Jurnal Pemuda dan Kebangsaan, 5(2), 45–59. https://doi.org/10.1234/jpk.v5i2.67

Suharto, E., & Ridwan, M. (2021). Nasionalisme digital di kalangan mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 56–68.

Syahputra, H., & Wulandari, D. (2020). Pengaruh media digital terhadap nasionalisme generasi muda. Jurnal Kebangsaan Digital, 8(3), 12–27.

Smith, A. D. (2020). Nationalism: Theory, ideology, history (2nd ed.). Polity Press.

Supriyadi, B., & Permana, Y. (2018). Media sosial dan nasionalisme generasi milenial: Studi literatur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 77–89.

Syafitri, N. (2021). Partisipasi mahasiswa dalam produksi konten kebangsaan di media sosial. Jurnal Mahasiswa dan Kebangsaan, 7(1), 77–89.

Widodo, S., & Nugroho, M. (2021). Penguatan nasionalisme melalui pembelajaran PKn berbasis media sosial. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 120–132.

Wahyudi, A., & Lestari, S. (2019). Faktor moderasi dalam hubungan media sosial dan nasionalisme. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik Digital, 5(3), 56–69

Widiyanto, S. (2021). Media sosial dan tantangan nasionalisme mahasiswa. Jurnal Komunikasi Politik Digital, 9(2), 99–112.

Wibowo, D. (2019). Algoritma media sosial dan tantangan literasi PKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Digital, 4(1), 70–82.

Yuliani, A., & Mardiana, N. (2021). Tema nasionalisme dalam literatur pendidikan: Tinjauan komprehensif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Digital, 11(2), 140–153.

Yuliana, S. (2020). Partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran PKn berbasis digital. Jurnal Pendidikan Kebangsaan, 11(2), 55–70.

Zulfikar, F., & Aziz, M. (2021). Budaya kampus inklusif dan nasionalisme digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3), 90–102

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Syamzaimar. (2025). Pengaruh Media Sosial terhadap Sikap Nasionalisme Mahasiswa dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 917–925. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1255

Issue

Section

Articles