Konsep Ilmu Menurut Al-Qur’an: Kajian Pustaka atas Ayat-Ayat Keilmuan

Authors

  • Nadi Afriani Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Alwizar Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1237

Keywords:

Ilmu, Al-Qur’an, Ayat Keilmuan, Kajian Pustaka, Islam

Abstract

Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam mengandung banyak ayat yang membahas pentingnya ilmu, proses perolehan ilmu, serta kedudukan orang-orang berilmu dalam kehidupan individu dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep ilmu menurut Al-Qur’an melalui pendekatan kajian pustaka terhadap ayat-ayat keilmuan. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan menganalisis literatur klasik dan kontemporer, baik berupa buku tafsir, karya ulama, maupun artikel ilmiah terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa ilmu dalam Al-Qur’an memiliki makna yang luas, mencakup ilmu wahyu dan ilmu rasional yang keduanya harus disinergikan. Ilmu dipandang sebagai sarana untuk mengenal Allah, memperbaiki akhlak, dan membangun peradaban. Al-Qur’an memberikan tempat istimewa bagi orang-orang yang berilmu sebagai pewaris para nabi dan penuntun umat. Kajian ini diharapkan dapat memperkuat paradigma keilmuan Islam yang integratif dan berorientasi pada kemaslahatan umat

References

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (2017). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. (2015). Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Ahmad, R. (2023). “The Concept of Knowledge in the Qur’an and Its Impact on Contemporary Education.” Journal of Islamic Studies and Education, 12(1), 45-60

Hasan, S. & Zulkarnain, M. (2022). “Epistemological Insights from Qur’anic Verses: A Library Research.” International Journal of Islamic Thought, 10(2), 78-90.

Imam Wahyudi. (2021). Konsep Ilmu dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: LKiS.

Ibrahim, N. (2021). “Understanding ‘Ilm’ in the Qur’an: A Thematic Analysis.” Journal of Qur’anic Sciences, 8(3), 101-115.

Mubarok, Ahmad. (2020). Menggali Ilmu Pengetahuan dari Al-Qur’an. Surabaya: Pustaka Ilmiah.

Nasution, Harun. (2016). Filsafat Ilmu dan Epistemologi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nuraini, F. (2019). “The Role of Qur’anic Knowledge in Building Ethical Leadership.” Islamic Leadership Review, 7(2), 134-150.

Sa’adah, S.H. (2020). “Library Research on the Function of Knowledge According to the Qur’an.” Journal of Islamic Epistemology, 5(1), 25-38.

Siregar, Mohammad Amin. (2019). Epistemologi Islam: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, M.A. (2018). “The Spiritual and Intellectual Dimensions of Knowledge in the Qur’an.” Journal of Religious Thought, 11(1), 55-70.

Zahra, L. & Ahmad, K. (2017). “The Qur’anic Paradigm of Knowledge and Its Relevance to Modern Science.” International Journal of Quranic Research, 9(4), 112-128.

Quraish Shihab. (2015). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Cetakan revisi). Jakarta: Lentera Hati.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Nadi Afriani, & Alwizar. (2025). Konsep Ilmu Menurut Al-Qur’an: Kajian Pustaka atas Ayat-Ayat Keilmuan. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1099–1110. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1237

Issue

Section

Articles