Pendekatan Kaedah Bahasa untuk Menumbuhkan Pemahaman Al-Qur’an dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nur Annisa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Alwizar Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1233

Keywords:

Kaedah Bahasa, Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam, Studi Kepustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pendekatan kaedah bahasa dalam menumbuhkan pemahaman yang mendalam terhadap Al-Qur’an dalam konteks pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang relevan, baik dari kitab tafsir, buku linguistik Arab, maupun tulisan ilmiah terkait pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman Al-Qur’an tidak cukup hanya dengan terjemahan literal, tetapi memerlukan pendekatan yang mempertimbangkan struktur gramatikal (nahwu dan sharaf), makna kata (semantik), serta konteks ayat. Pendekatan kaedah bahasa mampu menjadi jembatan antara teks suci dan realitas pembelajar, sehingga proses pembelajaran Al-Qur’an dalam pendidikan agama Islam dapat lebih kontekstual, akurat, dan bermakna. Penelitian ini merekomendasikan integrasi pendekatan linguistik dalam kurikulum pendidikan agama Islam agar peserta didik memiliki kemampuan tafsir yang lebih mendalam dan terhindar dari kesalahan penafsiran

References

Al-Ashfahani, Al-Raghib. Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Beirut: Dar al-Ma‘rifah, 2002

Al-Suyuthi, Jalaluddin. Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an. Kairo: Dar al-Hadits, 2004.

Al-Zarqani, Muhammad Abdul Azim. Manahil al-‘Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr, 1995.

Amin, Samsul. Kaidah Bahasa Arab: Teori dan Aplikasinya dalam Ilmu Tafsir. Malang: UIN Press, 2020.

Fadlillah, Achmad. (2018). “Metodologi Linguistik dalam Kajian Tafsir Tematik.” Jurnal Ilmiah Al-Fikrah, Vol. 7, No. 2, hlm. 134–149.

Hidayat, Tedi. (2019). “Pendekatan Linguistik dalam Memahami Al-Qur’an.” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis, Vol. 20, No. 2, hlm. 155–170.

Mustaqim. (2016). “Integrasi Ilmu Tafsir dan Linguistik: Kajian Interdisipliner dalam Studi Al-Qur’an.” Jurnal Ushuluddin, Vol. 24, No. 2, hlm. 211–229.

Nurhadi, Achmad. (2020). “Pemanfaatan Kaidah Bahasa dalam Menafsirkan Makna Al-Qur’an.” Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 5, No. 1, hlm. 45–60.

Rahmawati, L. (2021). “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an melalui Pendekatan Bahasa.” Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1, hlm. 88–102.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Umar, Nasaruddin. Metodologi Tafsir Al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2012.

Zuhri, Masdar Hilmy. Pendekatan Linguistik dalam Studi Islam. Surabaya: LKiS, 2003.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Nur Annisa, & Alwizar. (2025). Pendekatan Kaedah Bahasa untuk Menumbuhkan Pemahaman Al-Qur’an dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1070–1083. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1233

Issue

Section

Articles