Perencanaan Strategis Dan Tata Kelola Lembaga Pendidikan Yang Terukur
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1230Keywords:
Rencana Strategi, Tata kelola lembaga, pendidikan islamAbstract
Artikel ini membahas secara mendalam mengenai tata kelola rencana strategi dan proses praktis penyusunan rancangan proyeksi masa depan dalam satuan lembaga pendidikan Islam. Fokus utama kajian ini meliputi analisis terhadap konsep, tujuan, serta dasar hukum penyusunan rencana strategis di lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini menerapkan pendekatan kajian literatur (library research), yakni suatu metode yang berfokus pada pengumpulan dan evaluasi berbagai sumber tertulis. Pada analisis data, penulis menggunakan 3 teknik, yakni reduksi, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Dengan menggunakan pendekatan berbasis studi pustaka, kajian ini menyusun diagram alur penyusunan rencana strategi sebagai alat bantu visual yang mempermudah pemahaman terhadap proses tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kolaborasi antara pemerintah, pengelola madrasah, guru, peserta didik, orang tua, dan masyarakat menjadi kunci sukses keberhasilan strategi yang dirancang. Evaluasi berkelanjutan diperlukan untuk memastikan strategi tetap relevan dengan dinamika pendidikan serta mampu menjawab tantangan zaman, sehingga satuan pendidikan Islam dapat terus berkembang secara terarah dan berdaya saing tinggi
References
Abdullah, M. (2022). Lembaga Pendidikan Sebagai Suatu Sistem Sosial (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul’Ulum, 38–48.
Adnan, M. (2019). Urgensi Penerapan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Global. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 89–115.
Akmansyah, M. (2019). Perencanaan Dalam Perspektif Manajemen Islam (Telaah Al-Qur’an Surat Al-Anfâl/ 8 Ayat 60). Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 5(1) https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/753
Dhuka, M. N. (2022). Perencanaan Strategis Mutu Pendidikan Agama Islam. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(4), 287–298.
Fachri, M. (2018). Urgensi evaluasi pembelajaran dalam pendidikan. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 64–68.
Fattah, N. (2009). Landasan manajemen pendidikan. https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=4946&keywords=
Haq, A. (2014). Perencanaan strategis dalam perspektif organisasi. INTEKNA Jurnal Informasi Teknik dan Niaga, 14(2). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/download/178/167
Hasanah, M., Sandy, P., Mannan, M., & Nasucha, J. A. (2022). Analisis Strategi Perencanaan Mutu Satuan Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 108–119
Heriansyah, M. C. (2023). Pengertian, Fungsi, dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10228299
Ikhwan, A. (2016). Manajemen perencanaan pendidikan Islam:(Kajian Tematik al-qur’an dan hadist). Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 128–155.
Jannah, L., & Damrah Khair, D. Y. (t.t.). Implementasi Perencanaan Strategis Upaya Meningkatkan Tenaga Pendidik Dalam Proses Belajar Mengajar. Diambil 25 Mei 2025, dari http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/763
Kautsar, M., & Julaiha, S. (2023). Langkah-langkah Manajemen Strategik di Lembaga Pendidikan Islam. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 24–28. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.203
Maulidia, B. M., & Ashari, M. Y. (2023). Pengantar Perencanaan Pendidikan Islam. Ats-Tsaqofi: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 5(2), 11–20.
Mayasari, N., Arifin, M., Dumiyati, P., Suyitno, M., Hikmah, N., Mega, A., Lestari, Z., Saeful, R., Nur, R., Ependi, H., Hajar, S., Dwi, L., Rispatiningsih, M., Rijal, S., Ulfa, L., Firda, S., & Dumiyati, D. (2022). PERENCANAAN PENDIDIKAN 199.
Mudatsir, Harahap, R. R., Fitriyati, I., Talindong, A., Thoif, M., Chairunnisa, Arini, D., Nababan, H. S., Munandar, H., Hadikusumo, R. A., Ariantara, R. G., Purwana, R., Nikmah, S. A. N., Maulani, G., Susilowati, N. E., Pratiwi, D., & Nurdini. (2024). Perencanaan Program Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Nuraeni, N., & Mujahidin, E. (2021). Landasan Dan Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 104–121.
Putra, E. H. (2023). Rencana Strategis Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6473
Rozi, M. A. F. (2016). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 322–336.
Samsidar, E., & Nazir, A. (2021). Rencana Strategis Dan Rencana Operasional Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 1(1), 11. https://doi.org/10.29300/kh.v1i1.5444
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Tompunu, I., Sujai, M., Rohana, N., & Raji’ah, S. (t.t.). Pendidikan Islam dalam UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003.
TRIYOSO, W. (t.t.). Penerapan “Sun Tzu” Sebagai Manajemen Strategik Pada. Diambil 25 Mei 2025, dari https://www.academia.edu/download/92137711/290405486.pdf
Yusria, I. F., Halilintar, D. P., Ilyas, M. P., & Kholisoh, N. Q. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter pada Usia Remaja. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan, 5(1), 386–397.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatimatul Habibah Machi Puspa Dewi, Habibah Najma La'i, Izza Yana Zahra, Zakiyah Darojah, Mardiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.