Pelaksanaan Evaluasi Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 10 Koto Salak

Authors

  • Devi Elsi Susanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Remiswal Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Khadijah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi ranah psikomotorik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 10 Koto Salak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa tahap penilaiannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga hasil dan tindak lanjut. Dalam hal perencanaan penilaian ranah psikomotorik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sudah dilaksanakan dengan baik. Namun untuk instrumen masih harus dikembangkan. Pelaksanaan penilaian pada ranah psikomotorik menggunakan teknik yang bervariasi diantaranya teknik praktik, proyek, produk dan portofolio. Untuk instrumen yang digunakan dalam penilaian telah relevan dengan apa yang sudah dirancang. Untuk pengolahan penilaian dilakukan dalam bentuk angka yang kemudian ditindaklanjuti dari nilai yang diperoleh dalam bentuk remedial bagi peserta didik yang belum tuntas

References

Ahmadi, R. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Aqmarani, A., Magdalena, I., & Ayudhiya, N. (2021). Evaluasi pembelajaran pada tingkat sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 57–63.

Arifin. (2013). Penelitian Pendidikan. Lilin Persada Press.

Harefa, E., Afendi, H. A. R., Karuru, P., Sulaeman, S., Wote, A. Y. V., Patalatu, J. S., Azizah, N., Sanulita, H., Yusufi, A., Husnita, L., Masturoh, H. I., Warif, M., Fauzi, M., Nurjanah, H., Santika, T., & Sulaiman, S. (2024). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hartono, R., Yani, A., & Hidayah, H. (2024). Strategi Pengasuh Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantrena R-Raudhah. Jurnal Mutaz, 4(2), 104–111.

Hawa. (2024). Implementasi Metode Reward And Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Min 2 Karimun. Jurnal Mumtaz, 4(1), 1–9.

Larasati, N. J., Bella, S., & Nurhijatina, H. (2023). Ranah Psikomotorik Dalam Konteks Pendidikan: Teknik Dan Instrumen Asesmen Yang Efektif. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3256–3273.

Rasyidi, A. H., & Al Idrus, S. A. J. (2024). Exploration of PAI Teacher Challenges and Opportunities; Case Study of Implementation The Independent Learning Curriculum, In East Lombok Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 506–514.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS.

Sarkadi. (2020). Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakad Media Publishing.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. UAD PRESS.

Yusuf, M. B. (2021). Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring DI SMPN 4 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1).

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Susanti, D. E., Remiswal, & Khadijah. (2025). Pelaksanaan Evaluasi Ranah Psikomotorik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 10 Koto Salak. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1006–1012. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1216

Issue

Section

Articles