Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 37 Anduring

Authors

  • Nur Yeka Damayanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Remiswal Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Khadijah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1214

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan evaluasi formatif dan sumatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 37 Anduring, serta untuk mengetahui strategi dan kendala yang dihadapi guru dalam proses evaluasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran pada kelas 3, 4 Fase B, dan kelas 5 Fase C dilaksanakan satu kali per minggu dengan durasi 105 menit atau 3 jam pelajaran. Jenis evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi formatif yang dilaksanakan saat pembelajaran berlangsung, serta evaluasi sumatif berbentuk ulangan harian yang dilakukan secara periodik setelah capaian pembelajaran selesai. Bentuk tes yang digunakan bervariasi, antara lain soal pilihan ganda, uraian, tes benar-salah, tes lisan, dan tes praktik yang disesuaikan dengan capaian materi pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi yang dilakukan secara sistematis dan beragam dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu pendidik dalam mengidentifikasi aspek yang perlu ditingkatkan, sehingga berdampak positif pada hasil belajar peserta didik secara menyeluruh

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1 Ed.). CV. Syakir Media Press.

Busnawir, B., Judijanto, L., Abdullah, G., Abdurahman, A., Lumbu, A., Zamsir, Z., Tumober, R. T., Septikasari, D., Sogalrey, F. A. M., Mahliatussikah, H., & Subhaktiyasa, P. G. (2025). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, & Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (1 Ed.). Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Hanafi, H., Adu, L., & Muzakkir. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish.

Komalasari, K., Ansori, T. M., Siska, S., Zuhri, S., & Hidayat, W. (2025). Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Kosambi Negeri Kosambi. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 164–175. Https://Doi.Org/10.61132/Karakter.V2i1.401

Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom Dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(03), Article 03. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i03.266

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Bintang/Article/View/986

Magdalena, I., Mayanti, H. M., & Putri, R. S. (2020). Evaluasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Bintang/Article/View/963

Musfiqon. (2016). Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Ni’mah, K., & Nafisah, D. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan. Al-Fakkaar, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.52166/Alf.V1i1.1882

Rofiq, M. H., & Nadliroh, N. A. (2021). Analisis Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Sistem Kredit Semester Di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Istimewa Amanatul Ummah. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.37812/Fatawa.V2i1.269

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1 Ed.). PT. Kharisma Putra Utama.

Saputri, H. A., Zulhijrah, Z., Bella, S., & Prastowo, A. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz Sebagai Media Berbasis Website Untuk Evaluasi Kognitif Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.69896/Modeling.V11i1.2036

Sholahudin, T., Abid, I., Ikhwanudin, M., Arrizky, M. N., & Al-Ghozali, U. M. (2025). Evaluasi Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tinjauan Terhadap Ayat Al-Qur’an Dalam Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.54371/Ainj.V6i1.808

Siregar, R. L. (2017). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Islam. 6(1111).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 58 Ayat 2. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 58 Ayat 1.

Widodo, H. (2021). Evaluasi Pendidikan. Uad Press.

Yulistio, D., & Nugroho, A. (2024). Evaluasi Pedoman (Alat Penilai) Penyusunan Karakteristik Tes (Soal) Bahasa Indonesia Ranah Kognitif Berbasis Hots. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 7(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31540/Silamparibisa.V7i1.2763

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Damayanti, N. Y., Remiswal, & Khadijah. (2025). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 37 Anduring . Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 998–1005. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1214

Issue

Section

Articles