Efektivitas Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1204Keywords:
STAD, Literasi Matematika, Model Pembelajaran, PeluangAbstract
Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematika siswa dan rendahnya penggunaan model pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VI pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pre-experiment dengan design one grup pretest-posttest. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas VI SD Nyatnyono 02. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi matematika dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan perbedaan rata-rata pretest-posttest, dan uji N-Gain. Hasil Paired sample t-test didapatkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05 maka ditolak. Uji N-Gain sebesar 0,8015 dengan presentase 80.14% sehingga tergolong tinggi dan efektif. Sehingga disimpulkan model pembelajaran STAD efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa SD. Saran peneliti yaitu guru bisa menggunakan model pembelajaran STAD sebagai alternatif pembelajaran yang efektif bagi para siswa
References
Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal, S. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1248
Daulay, K. A., & Bahri, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Materi Peluang. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 67. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.272
Pranowo, E., & Ardiyaningrum, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri Dukuh 1 Sleman. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).1-8
Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508–515. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515
Putri, R. N. (2024). STAD Type Cooperative Learning Style to Improve Students ’ Mathematical Abilities. 1(1), 36–43.
Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Yeni, W. M., Hanesman, Jasril, I. R., & Anori, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). J-HyTEL: Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning, 1(3), 136–145. https://doi.org/10.58536/j-hytel.v1i3.92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Putri Safina, Imam Kusmsyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.