Efektivitas Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Adelia Putri Safina Universitas Islam Sultan Agung
  • Imam Kusmsyono Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1204

Keywords:

STAD, Literasi Matematika, Model Pembelajaran, Peluang

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan individu untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematika siswa dan rendahnya penggunaan model pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VI pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pre-experiment dengan design one grup pretest-posttest. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas VI SD Nyatnyono 02. Instrumen penelitian ini adalah tes literasi matematika dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan perbedaan rata-rata pretest-posttest, dan uji N-Gain. Hasil Paired sample t-test didapatkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 artinya < 0,05 maka  ditolak. Uji N-Gain sebesar 0,8015 dengan presentase 80.14% sehingga tergolong tinggi dan efektif. Sehingga disimpulkan model pembelajaran STAD efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa SD. Saran peneliti yaitu guru bisa menggunakan model pembelajaran STAD sebagai alternatif pembelajaran yang efektif bagi para siswa

References

Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal, S. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1248

Daulay, K. A., & Bahri, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Materi Peluang. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 67. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.272

Pranowo, E., & Ardiyaningrum, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD Negeri Dukuh 1 Sleman. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 1. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).1-8

Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508–515. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515

Putri, R. N. (2024). STAD Type Cooperative Learning Style to Improve Students ’ Mathematical Abilities. 1(1), 36–43.

Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Yeni, W. M., Hanesman, Jasril, I. R., & Anori, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). J-HyTEL: Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning, 1(3), 136–145. https://doi.org/10.58536/j-hytel.v1i3.92

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Adelia Putri Safina, & Imam Kusmsyono. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 976–982. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1204

Issue

Section

Articles