Analisis Kemampuan Kognitif Matematis Mahasiswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1203Keywords:
Artificial Intelligence, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Kognitif MatematisAbstract
Kecerdasan buatan (AI) merupakan inovasi teknologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan menjadi strategi dalam pembelajaran inovatif di era sekarang. Teknologi AI menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dengan menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, personal dan adaptif, termasuk dalam pembelajaran matematika. Namun sayangnya penerapan AI dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi masih relatif baru dan masih menghadapi berbagai tantangan, sehingga diperlukan analisis lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kategori kemampuan kognitif matematis mahasiswa terhadap penggunaan AI serta menyelidiki persepsi mahasiswa setelah penerapan teknologi AI dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan melalui tes, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 mahasiswa prodi pendidikan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat meningkatkan kemampuan kognitif matematis mahasiswa, terutama dalam membantu memahami materi dan tugas yang bersifat abstrak. Pengintegrasian platform AI mampu meningkatan motivasi belajar selama perkuliahan
References
Abdul Fattah Nasution, M. P. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harva Creative.
Humam, M. S., & Hanif, M. (2025). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Keterampilan Kritikal Siswa di Era Modern. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 262-281.
Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek, 1(12), 41–50.
Lutfi, A. M. (2024). Analisis Dampak Teknologi Artificial Intelligence (AI) Terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal IAIN Pare, 15(1), 37–48.
Nelliraharti. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence ( AI ) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Journal of Education Science. 10(1), 139–151.
Novitasari, D., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1476–1487.
Opesemowo, O. A. G., & Ndlovu, M. (2024). Artificial intelligence in mathematics education: The good, the bad, and the ugly. Journal of Pedagogical Research, 8(3), 333–346. https://doi.org/10.33902/JPR.202426428
Salmi, J., Setiyanti, A. A., Satya Wacana, K., Universitas, D., Satya, K., & Abstract, W. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 399–406. https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233
Syuhada, S. A., Siregar, D., Jumardi, A., & Nabbil, S. (2024). Dampak AI Pada Proses Belajar Mengajar Di Era Digital. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 20–24.
Wandini, R. R., Sari, P. Z., Harahap, E. Y., & Ramadani, R. (2021). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika di SDN 34 Batang Nadenggan, Edu Society. 1(3), 384–391.
Zahra Salsabilla, K. A., Tasya Diva Fortuna Hadi, Widya Pratiwi, & Siti Mukaromah. (2023). Pengaruh Penggunaan Kecerdasan Buatan Terhadap Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 168–175. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.371
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rezkyma Nisya Aulia Utami, Imam Kusmaryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.