Nilai-Nilai Etika Profesi Pendidik Dalam Perspektif Surah At-Taubah Ayat 128-129: Analisis Teoritis Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW

Authors

  • Robiah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Riau
  • Ayu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Riau
  • Mela Erniasari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Riau
  • Ilma Safitri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Riau
  • Ferry Irawan Saputra Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1198

Abstract

Nilai-nilai etika profesi pendidik yang tercermin dalam Surah At-Taubah ayat 128-129 dan bagaimana keteladanan Nabi Muhammad SAW menjadi pedoman bagi pendidik modern menjadi fokus utama penelitian ini. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya integrasi nilai-nilai etika Islam dalam praktik pendidikan yang tidak hanya mentransfer ilmu tetapi juga membentuk karakter dan akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai-nilai etika profesi pendidik berdasarkan Surah At-Taubah ayat 128-129 melalui pendekatan tafsir tematik yang menekankan pada empati, kepedulian, komitmen terhadap kebaikan murid, kasih sayang, kelembutan, keteguhan hati, dan tawakal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis sumber primer seperti Al-Qur’an dan tafsir, serta sumber sekunder berupa buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat-ayat tersebut memuat prinsip-prinsip penting etika profesi pendidik yang mencerminkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW sebagai teladan, termasuk empati, komitmen terhadap keberhasilan murid, dan keteguhan hati yang disertai tawakal kepada Allah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai etika dalam Surah At-Taubah ayat 128-129 dapat menjadi landasan penting untuk penguatan profesionalisme guru dan pengembangan lingkungan pembelajaran yang holistik, kondusif, serta berorientasi pada pembentukan karakter islami.

References

Al-Quran Dan Teirjeimah

Aseip Diika Hanggara, (2019) “Keipeimiimpiinan eimpatii Meinurut Al-Quran”, Jawa Barat: Cv Jeija,

Laiilatul Badriiyah, Dkk, (2019) “eimpatii Guru Dalam Proseis Beilajar Meingajar”, Jurnal iinteirnasiional Seimiinar On iislamiic Studiieis, IAIiN Beingkulu, 3(1)

Nasutiion, A . (2018) “eitiika Profeisii Guru dalam Peirspeiktiif iislam”. Jurnal Peindiidiikan iislam, 2(1)

Deipdiiknas, (2002) “Kamus Beisar Bahasa iindoneisiia” Jakarta, Balaii Pustaka

Geigei Ariiyasaa, (2020) “Beilajar Meinata Hatii Buku Peingayaan Keipriibadiian”, Banjar Beirawan Salak, Surya Deiwata,

Apiipudiin, (2010) “iislam Diiasiia Teinggara”, Jaktiim: Akbar Meidiia,

Ziidnii, A. M. ii., & Rojudiin, D. (2023), “Niilaii-Niilaii Peindiidiikan dalam Al-Qur’an Surah Alii‘iimran Ayat 159 dan Surah At-Taubah Ayat 128–129: Kajiian Peirspeiktiif Tafsiir iibnu Katsiir.”, Asatiiza: Jurnal Peindiidiikan, 5(1)

Quraiish Shiihab, (2002) “Tafsiir Al-Miisbah”. Jakarta: Leinteira Hatii,

Alii Mustofa, (2019) “Meitodei Keiteiladanan Peirspeiktiif Peindiidiikan iislam”, CeiNDeiKiiA : Jurnal Studii Keiiislaman, 5(1)

Farhat Abdullah, (2013) “Meitodei Peindiidiikan Karakteir Nabii Muhammad Saw Dii Madrasah”, Jurnal pendidikan, 2(1)

Soeitjiipto & Rafliis Kosasii, (2009) “Profeisii Keiguruan”, Jakarta: Riineika Ciipta,

Kadar M. Yusuf, (2017) “Tafsiir Tarbawii: Peisan-Peisan Al Qur’an teintang Peindiidiikan”, Jakarta: AMZAH

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Robiah, Ayu, Mela Erniasari, Ilma Safitri, & Ferry Irawan Saputra. (2025). Nilai-Nilai Etika Profesi Pendidik Dalam Perspektif Surah At-Taubah Ayat 128-129: Analisis Teoritis Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 934–947. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1198

Issue

Section

Articles