Kaedah Mantuq dan Mafhum sebagai Strategi Pemahaman Teks Al-Qur'an dan Hadis dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Siti Halimatus Sa’adah Pascasarjan UIN Suska Riau
  • Alwizar Pascasarjan UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1195

Keywords:

Mantuq, Mafhum, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pemahaman terhadap teks al-Qur'an dan hadis merupakan salah satu kompetensi penting dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Kaedah mantuq dan mafhum sebagai bagian dari kajian ushul fikih memberikan pendekatan logis dan sistematis dalam menafsirkan makna yang tersurat (mantuq) dan makna yang tersirat (mafhum) dari suatu teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan kaedah mantuq dan mafhum dapat digunakan sebagai strategi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isi ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an dan hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan kaedah ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami hukum-hukum Islam, tetapi juga mendorong kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kontekstual. Oleh karena itu, integrasi kaedah mantuq dan mafhum dalam pembelajaran PAI penting dilakukan untuk membentuk peserta didik yang memahami agama secara mendalam, rasional, dan aplikatif. Integrasi kaedah mantuq dan mafhum dalam pembelajaran PAI menjadi langkah strategis untuk membentuk pemahaman mendalam dan kontekstual terhadap teks al-Qur’an dan hadis, serta mendorong pengembangan kompetensi berpikir kritis dan reflektif peserta didik dalam menghadapi dinamika zaman

References

Arifin, M. B. (2017). Strategi pemahaman teks keagamaan melalui pendekatan linguistik dan kontekstual dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 115–130. https://doi.org/10.21093/jpai.v14i2.1058

Aziz, M. F., & Ramadhan, D. (2021). Pemaknaan ayat melalui mafhum mukhalafah: Telaah terhadap pembelajaran tafsir tematik. Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 12(1), 51–67. https://doi.org/10.24042/aldaulah.v12i1.6721

Depag RI. Mukadimah Al-Qur’an dan Tafsirnya.2009.Jakarta, Lembaga Percetakan Al-Qur’an Depag.

Farid, A., & Maulana, H. (2022). Pendekatan ushul fikih dalam memahami hadis: Relevansinya terhadap penguatan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21–35. https://doi.org/10.21580/jpi.v9i1.9654

Fikri, Z. A. (2020). Mantuq dan mafhum sebagai metode memahami dalil syar’i dalam pembelajaran fikih. Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Dakwah Islam, 5(1), 44–59. https://doi.org/10.32923/almanhaj.v5i1.1120

Hamid, M. I., & Hasan, R. (2023). Analisis ushul fikih terhadap metode penalaran mafhum mukhalafah dalam pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Keislaman, 29(2), 88–102. https://doi.org/10.31102/alqalam.v29i2.1293

Kadar M. Yusuf dan Alwizar, 2020. Kaidah Tafsir Al-Qur’an, Jakarta: Imprint Bumi Aksara.

Kadar M. Yusuf. 2015. Tafsir Ayat Ahkam; Tafsir Tematik Ayat-Ayat Hukum. Jakarta; Amzah

Karim, A., & Hidayat, S. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI: Studi pada integrasi teks al-Qur'an dan realitas sosial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 123–139. https://doi.org/10.15408/jpii.v5i2.15324

Kurniawan, A. (2018). Strategi memahami teks al-Qur’an berbasis maqashid syariah dalam pembelajaran pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 15(1), 32–45. https://doi.org/10.19105/jpai.v15i1.2305

Mustofa, H. (2019). Peran mafhum mukhalafah dalam pembentukan hukum Islam: Perspektif pelajar madrasah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 74–86. https://doi.org/10.29300/tadrib.v4i2.2101

Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Reconstruction of Islamic jurisprudence methodology: Integrating ushul fiqh and educational transformation. In Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 123–129). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.31

Syahrul, F. (2017). Ushul Fikih Kontemporer: Pendekatan dan Aplikasi dalam Kajian Hukum Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, L. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Kontekstual: Teori dan Praktik di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Siti Halimatus Sa’adah, & Alwizar. (2025). Kaedah Mantuq dan Mafhum sebagai Strategi Pemahaman Teks Al-Qur’an dan Hadis dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1182–1192. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1195

Issue

Section

Articles