Kaedah Mantuq dan Mafhum sebagai Strategi Pemahaman Teks Al-Qur'an dan Hadis dalam Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1195Keywords:
Mantuq, Mafhum, Pendidikan Agama IslamAbstract
Pemahaman terhadap teks al-Qur'an dan hadis merupakan salah satu kompetensi penting dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Kaedah mantuq dan mafhum sebagai bagian dari kajian ushul fikih memberikan pendekatan logis dan sistematis dalam menafsirkan makna yang tersurat (mantuq) dan makna yang tersirat (mafhum) dari suatu teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan kaedah mantuq dan mafhum dapat digunakan sebagai strategi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isi ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur'an dan hadis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan kaedah ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami hukum-hukum Islam, tetapi juga mendorong kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kontekstual. Oleh karena itu, integrasi kaedah mantuq dan mafhum dalam pembelajaran PAI penting dilakukan untuk membentuk peserta didik yang memahami agama secara mendalam, rasional, dan aplikatif. Integrasi kaedah mantuq dan mafhum dalam pembelajaran PAI menjadi langkah strategis untuk membentuk pemahaman mendalam dan kontekstual terhadap teks al-Qur’an dan hadis, serta mendorong pengembangan kompetensi berpikir kritis dan reflektif peserta didik dalam menghadapi dinamika zaman
References
Arifin, M. B. (2017). Strategi pemahaman teks keagamaan melalui pendekatan linguistik dan kontekstual dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 115–130. https://doi.org/10.21093/jpai.v14i2.1058
Aziz, M. F., & Ramadhan, D. (2021). Pemaknaan ayat melalui mafhum mukhalafah: Telaah terhadap pembelajaran tafsir tematik. Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 12(1), 51–67. https://doi.org/10.24042/aldaulah.v12i1.6721
Depag RI. Mukadimah Al-Qur’an dan Tafsirnya.2009.Jakarta, Lembaga Percetakan Al-Qur’an Depag.
Farid, A., & Maulana, H. (2022). Pendekatan ushul fikih dalam memahami hadis: Relevansinya terhadap penguatan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21–35. https://doi.org/10.21580/jpi.v9i1.9654
Fikri, Z. A. (2020). Mantuq dan mafhum sebagai metode memahami dalil syar’i dalam pembelajaran fikih. Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Dakwah Islam, 5(1), 44–59. https://doi.org/10.32923/almanhaj.v5i1.1120
Hamid, M. I., & Hasan, R. (2023). Analisis ushul fikih terhadap metode penalaran mafhum mukhalafah dalam pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Keislaman, 29(2), 88–102. https://doi.org/10.31102/alqalam.v29i2.1293
Kadar M. Yusuf dan Alwizar, 2020. Kaidah Tafsir Al-Qur’an, Jakarta: Imprint Bumi Aksara.
Kadar M. Yusuf. 2015. Tafsir Ayat Ahkam; Tafsir Tematik Ayat-Ayat Hukum. Jakarta; Amzah
Karim, A., & Hidayat, S. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PAI: Studi pada integrasi teks al-Qur'an dan realitas sosial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 123–139. https://doi.org/10.15408/jpii.v5i2.15324
Kurniawan, A. (2018). Strategi memahami teks al-Qur’an berbasis maqashid syariah dalam pembelajaran pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 15(1), 32–45. https://doi.org/10.19105/jpai.v15i1.2305
Mustofa, H. (2019). Peran mafhum mukhalafah dalam pembentukan hukum Islam: Perspektif pelajar madrasah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 74–86. https://doi.org/10.29300/tadrib.v4i2.2101
Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Reconstruction of Islamic jurisprudence methodology: Integrating ushul fiqh and educational transformation. In Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 123–129). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.31
Syahrul, F. (2017). Ushul Fikih Kontemporer: Pendekatan dan Aplikasi dalam Kajian Hukum Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, L. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Kontekstual: Teori dan Praktik di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Halimatus Sa’adah, Alwizar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.