Media Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Ta'miriyah Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1188Abstract
Media pembelajaran interaktif telah menjadi pendekatan inovatif dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya di SMA Ta'miriyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan dan dampak media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatit dengan jenis studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara mendalam dengan guru serta siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif, termasuk alat digital dan platform kolaboratif, secara efektif meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman nilai-nilai keagamaan. Tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan masalah teknis juga ditemukan, yang memerlukan solusi lebih lanjut. Hasil ini menegaskan potensi media interaktif sebagai alat transformasi dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adopsi media inovatif secara signifikan mendukung tujuan PAI dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa.
References
Adelia, I., & Mitra, O. (2021). Permasalahan Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Madrasah. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 32–45. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832
Afiza, S., Afrilia, F., & Windasari, W. (2024). Evaluasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Era Digital di SMPN 34 Surabaya. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.542
H. Dukalang, H., & Lestari, D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 3(1), 1. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179
Hasnawiyah, & Maslena. (2024). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 167–172. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Jamil, S. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Generasi Muda. 1(November), 221–226.
Lundeto, A. (2023). the Development of Islamic Education in the Era of Globalization: Challenges and Opportunities Info Artikel Abstrak. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 15–29. https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR
Maghfuri, A. (2019). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Pengarusutamaan Islam Moderat Sebagai Upaya Melawan Paham Konservatif-Radikal. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 247. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2713
Putra, F. P., Ariana, R. D., Masruhim, M. A., & Najmiah, S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3322
Rambe, A., Nurhakim, M., & Amien, S. (2024). Reformasi Pendidikan Muhammadiyah: Pendekatan Inovatif dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 8(2), 806. https://doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.806-812
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(I), 1–19.
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan multi media. Jurnal Informastika Universitas Pamulang, 3(1), 46–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nada Auliya Rahmah, Saeful Anam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.