Analisis Kemampuan Siswa Berkategori Tinggi dalam Memahami Konsep Operasi Hitung Bentuk Aljabar melalui Pendekatan Matematika Realistik

Authors

  • Faiza Oktafiana Dika Saputri Universitas Islam Sultan Agung
  • Imam Kusmaryono Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1187

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siwa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Kondisi ini menunjukkan perlunya penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna, salah satunya adalah Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi operasi hitung bentuk aljabar melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi, dan wawancara. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Responden penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkategori tinggi dapat mencapai indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu Mmenyatakan kembali sebuah konsep yang telah dipelajari siswa, Mengelompokkan objek-objek berdasarkan sifat tertentu sesuai dengan konsep, Menerapkan konsep secara algoritma, Menyajikan atau menyatakan kembali sebuah konsep, dan Memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep yang telah dipelajari. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang ditunjukkan dengan wawancara guru.

References

Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 403–410. https://media.neliti.com/media/publications/503200-none-c919fc5c.pdf

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322

Oktafiani, S., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 875–882. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303

Purba, G. F. (2022). Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada konsep Merdeka Belajar. Sepren, 4(01), 23–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.732

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.626

Sari, T. I., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2021). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp. Jurmadikta, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.797

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Septripiyani, K., & Novtiar, C. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar di masa pandemi COVID-19. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1709–1722. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1709-1722

Sudi, W., Jafar, J., Kadir, K., & Salim, S. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Literasi Matematika Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 160. https://doi.org/10.36709/japend.v3i2.28874

Uswatun hasanah, U., Wijayanti, D., & Kusmaryono, I. (2023). Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability in Learning Realistic Mathematics Education in terms of self-regulation of quadrilateral material. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 86–102. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.288

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Faiza Oktafiana Dika Saputri, & Imam Kusmaryono. (2025). Analisis Kemampuan Siswa Berkategori Tinggi dalam Memahami Konsep Operasi Hitung Bentuk Aljabar melalui Pendekatan Matematika Realistik. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 830–840. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1187

Issue

Section

Articles