Pendampingan Penyusunan Renstra Berbasis Nilai-Nilai Islam di SMAIT Al-Hadaya sebagai Sekolah Inklusif

Authors

  • Said Maskur Institut Agama Islam (IAI) Ar-Risalah INHIL Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.1782

Abstract

Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) merupakan kebutuhan esensial bagi lembaga pendidikan Islam dalam mewujudkan tata kelola yang profesional dan berorientasi jangka panjang. Renstra tidak hanya menjadi instrumen administratif, tetapi juga peta jalan untuk mewujudkan visi dan misi kelembagaan. SMAIT Al-Hadaya sebagai sekolah Islam inklusif di daerah pesisir Riau menghadapi tantangan dalam menyusun Renstra yang sistematis dan berbasis nilai-nilai Islam. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi proses penyusunan Renstra periode 2025–2029 dengan pendekatan partisipatif dan berbasis nilai Qurani. Metode yang digunakan meliputi workshop, diskusi kelompok terarah (FGD), serta pendampingan intensif bersama tim sekolah dan yayasan. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan ini tidak hanya menghasilkan dokumen Renstra yang sistematis, tetapi juga menumbuhkan kesadaran strategis, transformasi budaya manajerial, serta penguatan identitas kelembagaan sebagai sekolah Islam yang responsif dan adaptif. Kegiatan ini memberikan implikasi penting bagi model penguatan tata kelola pendidikan Islam di wilayah tertinggal melalui kolaborasi akademik dan pendekatan reflektif berbasis nilai.    

References

Al-Mawardi. (2000). Al-Ahkam al-Sultaniyyah. Dar al-Fikr.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos Wacana Ilmu.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Manajemen Perencanaan Strategik Pendidikan. Gava Media.

Mukhlis, M. (2023). Pengabdian Berbasis Kebutuhan Lokal: Teori dan Praktik. Pustaka Mahasiswa.

Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education (3rd ed.). Routledge.

Slamet, P. H. (2007). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Gadjah Mada University Press.

UNESCO. (2021). Inclusive Education: Guidelines and Frameworks. UNESCO Publishing.

Zuhdi, M. (2020). Pendidikan Islam Berbasis Nilai: Teori dan Implementasi. Prenada Media.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Said Maskur. (2025). Pendampingan Penyusunan Renstra Berbasis Nilai-Nilai Islam di SMAIT Al-Hadaya sebagai Sekolah Inklusif. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2). https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.1782

Issue

Section

Articles