Akhlakul Karimah Dalam Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 21 Perspektif M. Quraish Shihab
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1174Abstract
Akhlakul karimah merupakan unsur penting dalam ajaran Islam yang menjadi pondasi moral individu dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pandangan M. Quraish Shihab tentang akhlakul karimah dalam Surat Al-Ahzab ayat 21, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka (library research). Data dikumpulkan dari berbagai literatur dan ditulis sesuai fokus pembahasan untuk mendukung analisis yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlakul karimah merupakan perpaduan antara akhlak yang berarti kepribadian baik dan karimah sebagai amal terpuji yang perlu ditanamkan sejak dini secara terencana dan berkesinambungan. Akhlak dipengaruhi oleh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik serta membedakan antara akhlak mahmudah (terpuji) dan akhlak mazhmumah (tercela), dengan Rasulullah SAW sebagai teladan utama melalui empat sifat mulia: shidiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan akhlakul karimah berperan penting dalam membangun karakter luhur dan memperkokoh iman dalam menghadapi tantangan globalisasi, sehingga menjadi dasar utama dalam pembentukan generasi berakhlak mulia.
References
Diauddin, Diauddin, dan Subki Subki. 2022. “Upaya Pembinaan Akhlaqul Karimah Bagi Para Remaja Islam pada Dayah Ar-Raudhah Tahfizh Al-Qur’an Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe, Aceh-Indonesia:” PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):305–9. doi: 10.54259/pakmas.v2i2.1257.
Faisal, Yusnaili Budianti, dan Azizah Hanum Ok. 2023. “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif M. Quraish Shihab Pada Buku ‘Yang Hilang Dari Kita Akhlak.’” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(3):478–89. doi: 10.37329/cetta.v6i3.2509.
Fatimah, Siti. t.t. “Pendidikan Karakter Dalam Surat Al-Ahzab Ayat 21 Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab.”
Hasani, Mas, dan Nur Khosiah. t.t. “Peran Guru Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Siswa Di M.I Raudlatul Ulum Tigasan Kulon Leces Probolinggo.”
Indana Ilma Ansharah, Fitrah Sugiarto. 2021a. “Penafsiran Quraish Shihab Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Pada Tafsir Al-Misbah.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir 4(2):155–68. doi: 10.58518/alfurqon.v4i2.743.
Indana Ilma Ansharah, Fitrah Sugiarto. 2021b. “Penafsiran Quraish Shihab Tentang Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 21 Pada Tafsir Al-Misbah.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir 4(2):155–68. doi: 10.58518/alfurqon.v4i2.743.
Murniyanto. 2022. “Manajemen Pendidikan Akhlakul Karimah Dalam Surat Al-Ahzab Ayat 21.”
Nisaul Husna, Dwi Arzila. 2024. “Peranan Pendidikan Islam Dalam Menciptakan Generasi Muda Yang Berakhlakul Karimah di Era Gen-Z di MA Al-Washliyah 12 Perbaungan.” doi: 10.5281/ZENODO.12635586.
Nur, Afrizal. 2012. “M. Quraish Shihab dan Rasionalisasi Tafsir.” (1).
Nurdin, Nurdin. 2019. “Implementasi Aspek Pendidikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab 21 bagi Pendidik Era Millenial.” Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 21(1):41. doi: 10.22373/substantia.v21i1.4688.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adam F. Hasan, Adi Ito Wijaya, Adjie Masyahputra, Ahmad Arinal Haq, Evi Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.