Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Pesantren Pada Anak Berkebutuhan Khusus Gifted di Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ulum Gresik
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1136Abstract
Pondok pesantren memiliki peran strategis dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Indonesia. Bagi anak berbakat (gifted), integrasi pendidikan agama Islam dalam kurikulum pesantren memerlukan pendekatan yang adaptif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan agama Islam berbasis kurikulum pesantren bagi anak gifted di Pondok Pesantren Salafiyyah Nurul Ulum Gresik serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi pendidik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran agama di pesantren masih berorientasi pada pendekatan umum tanpa diferensiasi untuk anak gifted. Guru belum memiliki pelatihan khusus dalam menghadapi kebutuhan belajar mereka, dan fasilitas pendukung juga terbatas. Akibatnya, potensi akademik anak gifted belum sepenuhnya tersalurkan. Namun demikian, lingkungan pesantren tetap memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan spiritual, empati, dan tanggung jawab sosial anak. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum adaptif, pelatihan guru, dan penyediaan sarana pendukung untuk mengoptimalkan potensi anak gifted di lingkungan pesantren
References
Mutohar, A., & Anam, N. (2013). Manifesto modernisasi pendidikan Islam dan pesantren. Pustaka Pelajar.
Anti, A., & Haqqi, M. (2021). Memahami anak berbakat istimewa (talented) serta penerapan model pembelajaran. PUJES: PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 2(1), 68–89.
Sari, E. S. (2022). Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus [Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram].E-Theses UIN Mataram
Fathurrohman, M. (2023). Klasifikasi anak berbakat. PUJES: PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 2(1), 68–89.
Fitriana, N. (2015). Anak berbakat (jenius atau gifted children). IJEC: Indonesian Journal of Early Childhood, 3(2), 152–164.
Haryoko, S., Bahartiar, B., & Arwadi, F. (2020). Analisis data penelitian kualitatif: Konsep, teknik, & prosedur analisis. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.Unand Scholar+5Digilib UNS+5ancolt-pekanbahasa.unkafa.ac.id+5
Hidayanti, J. (2020). Implementasi kurikulum pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Putra Jaya Malang [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang].
Saridjo, M. (1983). Pendidikan Islam nasional. CV Rajawali.Repository IAIN Madura
Mufatihah. (2018). Model pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah [Tesis, UIN Walisongo].Rumah Jurnal YPHN+3repository.walisongo.ac.id+3Walisongo Repository+3
Noprianty, A., & Jasiah. (2025). Multimedia interaktif berbasis web LUMIO by Smart sebagai metode alternatif dalam meningkatkan keterlibatan santri pada pembelajaran PAI. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 119–126.Journal STAI Tebingtinggi Deli+1Journal STAI Tebingtinggi Deli+1
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar pengembangan kurikulum (Cet. 7). Remaja Rosdakarya.Inlis Lite+5PERPUSTAKAAN BDK BANJARMASIN+5PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BATURAJA+5
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (Edisi 11, Jilid 1; M. Rahmawati & A. Kuswati, Trans.). Erlangga.EKUMENE LIBRARY+1Inlis Lite+1
Pawilen, G. T., & Manuel, S. J. (2018). A proposed model and framework for developing a curriculum for the gifted in the Philippines. International Journal of Curriculum and Instruction, 10(2), 118–141.gjetonline.com
Ujiyanti, L., Mubin, N., & Robihan, A. (2024). Penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa berkebutuhan khusus di SLB N Banjarnegara. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(4), 247–256.Ejournal Aripafi
Baharun, H. (2016). Manajemen kinerja dalam meningkatkan competitive advantage pada lembaga pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243–262.
Levina, E. Y., Kutuev, R. A., Balakhnina, L. V., Tumarov, K. B., Chudnovskiy, A. D., & Shagiev, B. V. (2016). The structure of the managerial system of higher education’s development. International Journal of Environmental & Science Education, 11(15), 8143–8153.
Laal, M. (2011). Knowledge management in higher education. Procedia Computer Science, 3, 544–549.
Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 48.
Hatum, A. (2010). Next generation talent management: Talent management to survive turmoil. Palgrave Macmillan.
Gottschalk, P. (2005). Strategic knowledge management technology. Idea Group Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Rizkiyah Amanah, Mohammad Makinuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.