Kesiapan Mahasiswa dalam Menghadapi Dunia Usaha

Studi Kasus Mata Kuliah Pengantar Bisnis di IAI Ar-Risalah Indragiri Hilir Riau

Authors

  • Azahari Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1125

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan adaptasi pendidikan tinggi, khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan ekonomi digital dan peluang usaha berbasis potensi lokal. Penelitian ini secara khusus mengevaluasi efektivitas mata kuliah Pengantar Bisnis dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa di IAI Ar-Risalah Indragiri Hilir (Inhil), Riau, yang memiliki potensi ekonomi lokal di bidang perkebunan, perdagangan, dan pertanian. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi yang melibatkan mahasiswa semester III dan V, dosen pengampu, dan mahasiswa wirausaha aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman teoretis yang memadai, tetapi keterampilan praktis dan kesiapan mental untuk memulai usaha masih rendah. Hambatan utama meliputi keterbatasan modal, kurangnya pengalaman praktik, dan minimnya ekosistem kewirausahaan kampus. Mata kuliah Pengantar Bisnis dinilai penting sebagai fondasi awal, namun masih terlalu teoritis dan kurang mendorong pengalaman praktik yang konkret. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan perbaikan pendekatan pembelajaran yang lebih berbasis pengalaman dan kontekstual, pemanfaatan potensi lokal, dan penguatan ekosistem kewirausahaan kampus agar mahasiswa dapat menjadi wirausahawan yang tangguh, kreatif, dan siap berdaya saing

References

Ananda, R., & Hermanto, B. (2019). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 2(1), 15–24.

Astuti, W. (2020). Strategi pengembangan jiwa kewirausahaan melalui pendidikan bisnis di perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2), 100–110.

Fayolle, A., & Gailly, B. (2015). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial attitudes and intention: Hysteresis and persistence. Journal of Small Business Management, 53(1), 75–93.

Gibb, A. A. (2002). In pursuit of a new “enterprise” and “entrepreneurship” paradigm for learning: Creative destruction, new values, new ways of doing things and new combinations of knowledge. International Journal of Management Reviews, 4(3), 233–269.

Hasanah, N., & Fauzi, I. (2021). Kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja dan dunia usaha. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(3), 233–244.

Irwanto, I., & Syahrial, S. (2017). Efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kompetensi wirausaha. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kewirausahaan, 6(1), 41–55.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Kurniawati, D., & Prasetyo, A. (2018). Peran pendidikan tinggi dalam mendorong wirausaha mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 4(2), 71–83.

Latifah, U., & Nugraha, Y. (2019). Studi deskriptif minat wirausaha mahasiswa melalui praktik bisnis simulatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Bisnis, 7(1), 55–67.

Lestari, F., & Suryanto, D. (2019). Kewirausahaan digital di era industri 4.0. Jurnal Inovasi Ekonomi, 8(2), 102–115.

Marpaung, H. (2021). Analisis lingkungan eksternal terhadap strategi pemasaran UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(3), 77–90.

Nabi, G., Walmsley, A., Liñán, F., Akhtar, I., & Neame, C. (2017). Does entrepreneurship education in the first year of higher education develop entrepreneurial intentions? The role of learning and inspiration. Studies in Higher Education, 43(3), 452–467.

Rahayu, T. (2020). Penguatan ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 58–64.

Santosa, B. (2020). Peran etika bisnis dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(1), 45–57.

Sari, D. P., & Putra, M. D. (2018). Peran mata kuliah kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa bisnis mahasiswa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Kewirausahaan, Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 87–96.

Taufik, M., & Lestari, D. (2021). Inovasi kurikulum berbasis kewirausahaan di perguruan tinggi keagamaan. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Islam, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 7(2), 102–114.

Wibowo, S. A., & Arief, M. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 19(2), 101–115.

Wulandari, A., & Fitria, H. (2020). Implementasi pendidikan kewirausahaan berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Kreatif, 3(2), 120–134.

Zainuddin, M., & Rahmawati, R. (2017). Strategi inkubasi bisnis mahasiswa di lingkungan PTKI. Dalam Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Syariah dan Kewirausahaan, IAIN Pekalongan, 2(1), 55–68

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Azahari. (2025). Kesiapan Mahasiswa dalam Menghadapi Dunia Usaha: Studi Kasus Mata Kuliah Pengantar Bisnis di IAI Ar-Risalah Indragiri Hilir Riau. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 1140–1147. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1125

Issue

Section

Articles