Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v1i2.110Keywords:
Kebijakan Pendidikan Islam.Abstract
Lembaga pendidikan islam merupakan wadah penanaman nilai-nilai islam pada generasi penerus bangsa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan meramalkan kebijakan pendidikan islam dalam menguatkan penanaman nilai-nilai islam pada lembaga pendidikan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, dan buku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut; pertama, pendidikan islam merupakan segala upaya atau proses pendidikan yang dilakukan untuk membimbing tingkah laku manusia, baik individu maupun sosial untuk mengarahkan potensi, baik potensi dasar maupun potensi ajar yang sesuai dengan fitrahnya melalui proses intelektual dan spiritual berlandaskan nilai-nilai islam untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan terlebih lagi diakhirat kelak. Kedua, dampak kebijakan pendidikan islam sangat signifikan dan menimbulkan keadaan pendidikan islam secara umum jauh lebih baik dari keadaan pendidikan sebelumnya. Ketiga, pendidikan Islam selama ini telah melakukan transformasi pada tataran paradigma, metode dan strategi pengembangan pendidikan islam agar menjadi kekinian dan relevan dengan situasi dan kondisi global
References
Abdullah, A., Mulkhan, Munir, A., Machasin, Asy’arie, M., Nasution, K., Ilyas, H., & Faiz, F. 2014. Praksis Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan Kalijaga.
Adun Priyanto, 2020. Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0, J-PAI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6 No. 2 Januari-Juni 2020
Al-Abrasy, Muhammad Athijah Bustami A. Gani, at-Tarbiyyah al-Islamiyyah, , Dasar-dasar Pokok pendidikan Islam (Jakarta: Bulan bintang, 1970) Cet. Ke-1
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, Ruh al-Tarbiyah Wa al-Ta’lim (Mesir: Isa al-Babi al-Halabi, tt)
Al-Basyir, Muhammad Muzmil Sa’id,, Muhammad Malik Muhammad, 1995. Madkhal ila al-Manahij wathuruq al-tadris (Riyad: al-Mamlakah al-Arabiyyah al-Su’udiyah,1995 M/1416 H), Cet. Ke-2.
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Usul al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Asaliha (Damsyiq:Dar al-Fikr, 1999)
Azra, A. 2014. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Prenada Media.
Brighouse,Harry, 2006. On Education Thinking In action. New York.
Fajar, A. Malik 2017. Materi Kuliah Islamic Education Policy. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hastuti,Tri Puji. 2018. Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik, Jurnal Jurisprudence, Vol. 8 No. 1.
Imron, Ali. 2002. Kebijakan Pendidikan di Indonesia Proses, produk dan Masa Depannya Jakarta: Bumi Aksara.
Koesoema, D. A. 2010. Pendidikan Karakter: Stategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Mukti, Muh. Abdul, 2019. Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia, Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, Vol. 3. No. 2.
N, Abd Muid Rizka Arfeinia, 2020. Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Islam, ANDRAGOGI 2 (2)
Nata, Abuddin, 2016. sejarah pendidikan islam. Jakarta: Kencana, Cet. Ke-3.
Nata, Abuddin. 2012. Manajemen Pendidikan mengatasi kelemahan pendidikan islam di Indonesia. Jakarta: kencana cet. Ke-5
Prastowo, Andi. 2014. Pembelajaran Konstruktivistik-Scientific untuk Pendidikan Agama Islam diSekolah/Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahman, A. 2019. Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Komojoyo Press.
Rembangy, M. 2010. Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Teras.
Saihu, 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1.
Soleha, Rada, 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang. 2006. Sistem Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.