Inovasi Dalam Pembelajaran Untuk Mewujudkan Pusat Sumber Belajar Yang Efektif

Authors

  • Tika Widiyan Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Muhammad Robi Purwanto Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Muhammad Khoirul Imam Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Husni Waskito Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Endrizal Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek
  • Peri Irawan Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1063

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran inovasi pembelajaran dalam pengembangan Pusat Sumber Belajar (PSB) yang efektif di era digital. Menggunakan pendekatan studi kepustakaan, penelitian ini mengevaluasi metode inovatif seperti blended learning, flipped classroom, dan integrasi teknologi dalam pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran mampu mentransformasi PSB menjadi lingkungan belajar digital yang interaktif dan memperluas akses pendidikan di luar ruang kelas tradisional. Penerapan model pembelajaran inovatif terbukti meningkatkan efektivitas PSB melalui penyajian materi yang dipersonalisasi, pemantauan perkembangan belajar secara real-time, serta peningkatan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kesenjangan digital, dan kesiapan pendidik masih menjadi hambatan. Solusi yang disarankan meliputi pemerataan akses teknologi, pelatihan guru berkelanjutan, dan pengembangan materi belajar yang dapat diakses secara luring. Dengan demikian, inovasi pembelajaran menjadi kunci dalam menciptakan PSB yang adaptif, inklusif, dan selaras dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21.

References

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International Society for Technology in Education.

Graham, C. R. (2019). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. In N. D. Rushby & D. W. Surry (Eds.), The Wiley handbook of learning technology (pp. 45–65). Wiley Blackwell.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2020). Inovasi pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Theorems, 5(1), 1–12.

Haryanto, A., & Arty, D. (2021). Digital divide in Indonesian schools: Challenges of blended learning implementation. Journal of Educational Technology, 12(3), 45–60.

Hidayat, A., & Asyafah, A. (2019). Penguatan nilai-nilai keagamaan sebagai pembentuk karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 112–125.

Hug, T. (2010). Didactics of microlearning: Concepts, discourses and examples. Waxmann Verlag.

Hwang, G.-J., Xie, H., Wah, B. W., & Gašević, D. (2020). Vision, challenges, roles and research issues of artificial intelligence in education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 1, 100001. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100001

Muli Prima Aldi, M., et al. (2024). Kepala tata usaha dalam pengelolaan layanan administrasi (arsip) di lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 19(2), 1530–1540.

Nurhayati, N. (2021). Parenting education sebagai upaya pembentukan karakter anak di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 67–79.

Pratiwi, D., Lestari, Y., & Huda, M. (2023). Strategi guru BK dalam menangani permasalahan moral siswa di sekolah menengah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 8(1), 55–68.

Putra, R., Santoso, B., & Wijaya, C. (2023). Rural vs urban: Disparities in EdTech adoption for learning resource centers. International Journal of Inclusive Education, 17(2), 112–130.

Rahmawati, S., & Fauzi, A. (2022). Inovasi pembelajaran digital di era pasca-pandemi: Studi kasus di sekolah menengah Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 45–60.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Alfabeta.

Rusman. (2018). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Santyasa, I. W. (2019). Pembelajaran inovatif: Model kolaboratif, basis proyek, dan orientasi NOS. Media Akademi.

Suryani, N., & Setiawan, A. (2019). Inovasi pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 45–60.

Syahputra, R. (2020). Urgensi keteladanan dalam membentuk karakter siswa: Studi perilaku guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 98–110.

Widiyan, T. (2020). Integration of character education value in the six pillars of Pancasila students. In Proceeding of ESCO (pp. 40–50). [Publisher tidak disebutkan].

Wibowo, A., & Munadi, S. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui penguatan lima nilai utama dalam PPK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(3), 215–228.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Tika Widiyan, Muhammad Robi Purwanto, Muhammad Khoirul Imam, Husni Waskito, Endrizal, & Peri Irawan. (2025). Inovasi Dalam Pembelajaran Untuk Mewujudkan Pusat Sumber Belajar Yang Efektif. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(2), 578–590. https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1063

Issue

Section

Articles