Pengaruh Model Marketplace Activity terhadap Pemahaman Siswa Kelas 8A pada Pelajaran Fikih MTsN 15 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1054Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 15 Jombang. Metode konvensional dalam pembelajaran Fiqih seringkali menyebabkan kebosanan dan kesenjangan pemahaman, sehingga diperlukan pendekatan kolaboratif-inovatif. Menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pola time-series (O₁ X O₂), penelitian melibatkan 24 siswa kelas 8A. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes (10 soal pilihan ganda), dan dokumentasi. Uji Mann-Whitney digunakan karena data tidak berdistribusi normal (Shapiro-Wilk: *p* = 0,000). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman siswa (*Sig. = 0,000*), dengan nilai post-test (rata-rata = 82,5) melampaui pre-test (rata-rata = 65,3). Simulasi "pasar informasi" dalam MPA meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan retensi konsep. Temuan ini membuktikan efektivitas MPA dalam menciptakan pembelajaran aktif dan mengurangi kesenjangan pemahaman. Disimpulkan bahwa MPA layak diintegrasikan ke kurikulum pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
References
Annur, Aan Fadia. 2024. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit NEM.
Azwar, Idham, Shorihatul Inayah, Lela Nurlela, Nia Kania, Betty Kusumaningrum, Dian Islami Prasetyaningrum, Mulhimah Sidqiyah Kau, Indah Lestari, and Rahayu Permana. 2024. “Pendidikan Di Era Digital.”
Bramiarto, Ahmad. 2018. “Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Terhadap Penguasaan Materi PAI Makanan Dan Minuman Halal-Haram Kelas 8 Di SMP Negeri 26 Surabaya [UIN Sunan Ampel Surabaya] Http://Digilib. Uinsby. Ac. Id/27213/1.” AhmadBramiartoD91214105. Pdf Diakses 21.
Dali, Zulkarnain. 2017. Manajemen Mutu Madrasah. Vol. 1. Pustaka Pelajar.
Daniels, Harry. 1996. An Introduction to Vygotsky. Routledge London.
Evita, Evita. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Market Place Activity Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 1 Binangga Kecamatan Marawola.”
Fajriyah, Areta Nur, Ity Rukiyah, Habib Anwar Al Anshori, Muhammad Rezza Nur Rahman, and Ika Ayulanda. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Di MTs Darussalam Samarinda.” FENOMENA 16(1):1–10.
Indriani, Alvia. N.D. “Pengaruh Model Pembelajaran Market Pl Ace Activity (Mpa) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Smk N 3 Purwokerto.”
Mann, Henry B., and Donald R. Whitney. 1947. “On a Test of Whether One of Two Random Variables Is Stochastically Larger than the Other.” The Annals of Mathematical Statistics 50–60.
Priadana, M. Sidik, and Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Putra, Iwan, Arpizal Arpizal, and Amelia Kassandra Putri. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Diukur Melalui Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Strategi Pembelajaran Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkata 2018 Universitas Jambi.”
Rahayu, Sri. 2024. “PEMBELAJARAN BAB.” Belajar Dan Pembelajaran 58.
Rukminingsih, Gunawan Adnan, and Mohammad Adnan Latief. 2020. “Metode Penelitian Pendidikan.” Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas 53(9).
Sanusi, Achmad. 2023. Pendidikan Untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar Dan Kecerdasan. Nuansa Cendekia.
Shapiro, Samuel Sanford, and Martin B. Wilk. 1965. “An Analysis of Variance Test for Normality (Complete Samples).” Biometrika 52(3–4):591–611.
Soepratman, Soepratman. 2025. “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas V.” TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru 5(1):29–37.
Yahiji, Kasim. 2024. “Landasan Paradigmatis Islamisasi Ilmu Pengetahuan.” Educator (Directory Of Elementary Education Journal) 5(1):39–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasnan Ahmad Habiballah, Ariga Bahrodin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.