Peran Pusat Sumber Belajar Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1053Abstract
Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan fasilitas pendidikan yang menyediakan berbagai jenis sumber belajar dan layanan pendukung untuk menunjang proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran PSB dalam mendukung pembelajaran mandiri di era digital. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif melalui analisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSB memiliki peran penting dalam menyediakan akses sumber belajar yang beragam, mendukung kemandirian belajar, membantu pengembangan keterampilan belajar mandiri, mendorong kolaborasi, serta meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Selain itu, PSB juga telah bertransformasi secara digital, sehingga mampu memperluas akses informasi secara real-time dan global. Kesimpulannya, PSB berperan strategis dalam mewujudkan pembelajaran mandiri yang efektif dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad 21
References
Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 48.
Laal, M. (2011). Knowledge management in higher education. Procedia Computer Science, 3, 544–549.
Mutiara, Diah., Sudin, Mahmudin., & Irfan, Ahmad. (2024). Teaching Campus Activities as an Effort to Achieve Improving the Quality of Education, Through Collaboration. Proceeding of ESCO: The 1st International Conference On Education, Social And Economic Sciences STAI Nurul Falah Airmolek, hlm. 65–74.
Prastowo, A. (2019). Pengelolaan sumber belajar untuk mendukung pembelajaran mandiri di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 111–119.
Purwani, Annisa., & Purnamasari, Rika. (2024). Training To Create Learning Media Through the Learningapps Application for PAUD Teachers in Cihanjawar Village, Purwakarta District, 2023. Proceeding of ESCO: The 1st International Conference On Education, Social And Economic Sciences STAI Nurul Falah Airmolek, hlm. 96–101.
Ramadhani, R. (2020). Manajemen pusat sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pendidikan, 5(2), 123–130.
Safitri, Meilani., Suryani, Nunuk., Budiyono., & Sukarmin. (2024). Computer Supported Collaborative Learning (CSCL) as a Virtual Learning Environment on Mathematics. Proceeding of ESCO: The 1st International Conference On Education, Social And Economic Sciences STAI Nurul Falah Airmolek, hlm. 20–21.
Sari, D., & Nugroho, A. (2019). Strategi pemanfaatan pusat sumber belajar dalam pembelajaran mandiri. Jurnal Media Pembelajaran, 7(2), 80–88.
Susanti, Y. (2019). Model pembelajaran mandiri dalam pendidikan abad 21. Jurnal Pendidikan Inklusif, 6(2), 90–98.
Astuti, R., & Hidayat, D. (2020). Penerapan pembelajaran mandiri dalam meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(1), 22–30.
Wahyuni, L. (2023). Transformasi pusat sumber belajar dalam era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 89–97.
Yuliana, D., & Hadi, S. (2021). Pembelajaran mandiri di era teknologi: Tantangan dan peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 45–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tika Widiyan, Dwi Ramadanti, Annis Alfaina, Delya Eka Saftri, Tika Mandasari, Yolanda Apriliani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.