Peran Strategis BUMDes dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Studi Kasus di Desa Pekan Heran, Rengat Barat
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1022Abstract
Pemberdayaan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan strategi penting dalam mengurangi kesenjangan ekonomi antara desa dan kota serta mendorong pencapaian pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pekan Heran, Kecamatan Rengat Barat, dengan menyoroti kontribusi, kendala, dan peluang pengembangannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap pengelola BUMDes, perangkat desa, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMDes berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja, membuka akses permodalan bagi usaha mikro, serta meningkatkan pendapatan asli desa. Namun, pelaksanaan BUMDes menghadapi hambatan berupa rendahnya kapasitas manajerial, keterbatasan inovasi usaha, lemahnya koordinasi kelembagaan, dan minimnya partisipasi masyarakat. Meskipun demikian, adanya dukungan pemerintah desa dan apresiasi masyarakat menunjukkan bahwa BUMDes memiliki potensi besar sebagai instrumen pembangunan ekonomi lokal. Dengan penguatan tata kelola, peningkatan literasi digital, serta diversifikasi usaha berbasis potensi lokal, BUMDes dapat berkembang menjadi motor penggerak pembangunan desa yang berkelanjutan dan inklusif
References
Abdul Mutalib. (2021). Manajemen Tahfid Al Qur’an Ma’had Al Mubarak Al Islami Litahfidzil Qur’an Al Karim Tahtul Yaman dalam Peningkatan Hafalan Santri Kota Jambi (Tesis, Pascasarjana UIN STS Jambi).
Anih, E. (2016). Modernisasi pembelajaran di perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(2).
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian serta pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi, & Suwandi. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, B. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif: Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.
Darmaji, et al. (2019). Persepsi mahasiswa pada penuntun praktikum fisika dasar II berbasis mobile learning. Jurnal Pendidikan, 4(4).
Djam’an Satori, & Komariah, A. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Iskandar. (2013). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Jakarta: GP Press.
Jalaludin, R. (2012). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jonassen, D. H., Howland, J., Moore, J., & Marra, R. M. (2010). Belajar memecahkan masalah dengan teknologi: Perspektif konstruktivis (Ed. ke-2). Merrill/Prentice Hall.
Juraschek, M., Büth, L., Martin, N., Pulst, S., Thiede, S., & Herrmann, C. (2020). Event-based education and innovation in learning factories: Concept and evaluation from Hackathon to GameJam. Procedia Manufacturing, 44, 43–48. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020
Kementerian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan terjemah tajwid kode tafsir perkata. Jakarta: Al Mizan.
Komaruddin. (2001). Ensiklopedia manajemen (Ed. ke-5). Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, P. (2000). Marketing management: Analysis, planning, implementation, and control (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall International.
Liliweri, A. (2015). Komunikasi antar personal. Jakarta: Prenada Media Group.
Miarso, Y. H., et al. (2010). Teknologi komunikasi pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Moeloeng, L. J. (2013). Metode penelitian kualitatif (Ed. Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2020). Pendidikan Islam di era milenial.
Patilima, H. (2015). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
Picatoste, J., Pérez-Ortiz, L., & Ruesga-Benito, S. M. (2018). A new educational pattern in response to new technologies and sustainable development. Telematics and Informatics, 35(4), 1031–1038. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.09.014
Puspitasari, R. A., & A. D. (2020). Analisis sistem informasi akademik (Sisfo) dan jaringan di Universitas Bina Darma. Laporan Kerja Praktek.
Robbins, S. P. (2017). Perilaku organisasi. Jakarta: Prenhallindo.
Septiani, Y. (2020). Analisis kualitas layanan sistem informasi akademik Universitas Abdurrab terhadap kepuasan pengguna menggunakan metode SERVQUAL. Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1).
Sudarman, & Paryati. (2004). Belajar efektif di perguruan tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahril, et al. (2021). Students’ perceptions of the project based on the potential of their region: A project-based learning implementation. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 295–314.
Tafsir Ibnu Katsir. (n.d.). Diakses dari https://qurano.com/id/74-al-muddassir/ayat-38/
Walgito, B. (2017). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Walgito, B. (2019). Pengantar psikologi umum (Ed. terbaru). Yogyakarta: Andi Offset.
Wardani, I. K., & Hariastuti, R. T. (2009). Mengurangi persepsi negatif siswa tentang konselor sekolah dengan strategi pengubahan pola pikir cognitive restructuring. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 10(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurarifah Aini, Nelti, Yusrizal, Burhanudin, Dia Ananda, Intan Halifa, Khairul Insana, Nata Aurellia, Nur Hariyanti, Sayyid Ahmad Asshidiqi, Tiara Sukmawati, Widari Hikmanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.