Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penguatan Literasi Digital pada Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i2.1012Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara hidup dan pola pikir generasi milenial secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan literasi digital yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam bagi generasi milenial. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi literatur yang mengeksplorasi berbagai sumber ilmiah dan relevan. Data dianalisis secara deskriptif untuk membangun pemahaman mendalam terkait konsep literasi digital Islami. Hasil menunjukkan bahwa literasi digital tidak hanya sebatas keterampilan teknis, tetapi juga menyangkut aspek etika, tanggung jawab, dan nilai-nilai moral yang sejalan dengan ajaran Islam. Faktor utama yang mempengaruhi literasi digital meliputi keterampilan fungsional, komunikasi, berpikir kritis, dan pendekatan pembelajaran yang relevan. Strategi penguatan literasi digital berbasis pendidikan Islam mencakup integrasi nilai dalam pembelajaran, pelatihan guru, serta pengembangan kurikulum yang adaptif. Kesimpulan literasi digital berbasis nilai-nilai Islam mampu membentuk generasi milenial yang cakap teknologi sekaligus berkarakter
References
Ahmad, B. A. G. dan Z. A. (2017). Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, terj. Bulan Bintang.
Azra, A. (2017). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos.
Gilster, P. (1997) Digital Literac.
Hobbs, R. (2017) Create to Learn: Introduction to Digital Literacy.
Langgulung, H. (2018). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Al-Maarif.
Lankshear, C., & Knobel, M. (Eds.). (2011). Digital literacies: Concepts, policies and practices (Vol. 30). Peter Lang.
Lisyawati, E., Mohsen, M., Hidayati, U., & Taufik, O. A. (2023). Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada MA Nurul Qur’ an Bogor. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 21(2), 224-242.
Mayes, T., & Fowler, C. (2006) Peserta didik, belajar literasi dan paedagogi e-learning. Literasi digital untuk pembelajaran.
Nur Ubiyati, 1999, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II (Bandung: CV. Pustaka Setia).
Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.
Tours, E. (2015) ‘Digital mindsets: Teachers’ technology use in personal life and teaching. Language Learning & Technology’, http: //llt.msu. Edu/issues/october2015/tour.pdf., 19(3), pp. 124–139.
Tanjung, N. F., Izzar, A. S., Hamdaniyah, N. A., & Farokhah, L. (2021). Penyuluhan Online Melalui Podcast Youtube Untuk Menangkal Berita Hoax di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM
Setiawan, A. R., & Saputri, W. E. (2020). Pembelajaran Literasi Saintifik untuk Pendidikan Dasar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 144-152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silvina Waroh, Amelia Putri, Gusmaneli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.