Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Penggunaan QRIS sebagai Instrumen Transaksi Keuangan Digital pada Generasi Z di Kota Bandung

Authors

  • Mustagaful Fikri Universitas Indonesia Membangun
  • Listri Herlina Universitas Indonesia Membangun
  • Ilham Winar Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2864

Keywords:

Kepercayaan, Persepsi Risiko, Transaksi Keuangan Digital, QRIS, Generasi Z.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap penggunaan QRIS sebagai instrumen transaksi keuangan digital pada Generasi Z di Kota Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner terstruktur kepada 100 pengguna QRIS. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan QRIS, yang berarti semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, semakin besar kecenderungan mereka untuk menggunakan QRIS dalam transaksi keuangan. Sebaliknya, persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penggunaan QRIS, sehingga semakin tinggi risiko yang dirasakan, semakin rendah minat penggunaan QRIS. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap penggunaan QRIS. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan keamanan, transparansi, dan keandalan sistem pembayaran digital untuk mendorong adopsi QRIS di kalangan generasi muda

References

Alawiyah, S., & Ali, M. M. (2024). Pengaruh Live Streaming dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen pada Aplikasi TikTokShop. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 5(4), 609–628. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v5i4.2535

Alfani, R. S., & Ariani, K. R. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Risiko dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS). Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(1), 1–8.

Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia. (2025). Statistik QRIS.

Bayu, M., Saputro, A. H., & Mubarok, D. A. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Mega Bandung. JEMSI: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 10(3), 1967–1975.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Intani, V., Suhaidar, S., & Rahmadoni, F. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Niat Pelaku UMKM Kota Pangkalpinang Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Innovative: Journal of Social Science Research, 4(5), 3330–3340.

Jacob, M. A. J., & Sarah, S. (2024). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Citra Merek, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace BLIBLI. Media MAHARDIKA, 22(2), 1–288.

Kinaya, O. C., & Kosadi, F. (2024). Locus of Control terhadap Financial Behavior Penggunaan Paylater (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnis, 5(4), 2745–7273.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (9th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Prentice Hall.

Ma’nawiyah, Y., Harini, D., Sucipto, H., Indriyani, A., & Riono, S. B. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Kepercayaan Konsumen dan Perilaku Risiko Keuangan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan QRIS di Era Digital. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 4(3), 267–281. https://doi.org/10.55606/jupsim.v4i3.5321

Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen. Erlangga.

Munawaroh, A., & Herlina, L. (2024). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Body Lotion Vaseline. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnis, 5(3), 391–404.

Nasih, A. M., Gati, V., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Hambatan terhadap Minat Menggunakan QRIS yang Dimediasi oleh Sikap terhadap QRIS. Jurnal Akuntansi Akunesa, 12(13), 302–316.

Pathak, V. K., & Pathak, A. (2020). Understanding Perceived Risk: A Case Study of Green Electronic Consumer Products. Management Insight, 13(1), 33–37.

Perdani, T. A. M., Fitriati, A., Kusbandiyah, A., & Azizah, S. N. (2025). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Niat Penggunaan Berkelanjutan QRIS yang Dimediasi oleh Kepercayaan pada Generasi Z. Journal of Accounting and Finance Management, 6(2), 791–808.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.

Putri, M. T., Hatta, A. J., & Indraswono, C. (2023). Analisis Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Gaya Hidup, Literasi Keuangan, dan Risiko terhadap Penggunaan QRIS. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(3), 218–228.

Rohmah, M. N., & Damayanti, S. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi di Kota Bandung. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 7829–7835. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1934

Seniati, N. K., & Werastuti, D. N. S. (2024). Pengaruh Persepsi Resiko, Habit, dan Facilitating Condition terhadap Minat Penggunaan QRIS. Jurnal Akuntansi Profesi, 15(1), 143–155.

Slovic, P. (2016). The Perception of Risk. Routledge.

Sriekaningsih, A. (2020). QRIS dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0. ANDI OFFSET.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Edisi 2). Alfabeta.

Sumarwan, R. G. G., & Herlina, L. (2025). Pengaruh Brand Image, Harga dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli di Transmart. JISAMAR, 9(1), 170–186.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Mustagaful Fikri, Listri Herlina, & Ilham Winar. (2025). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Penggunaan QRIS sebagai Instrumen Transaksi Keuangan Digital pada Generasi Z di Kota Bandung. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(6), 9097–9108. https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2864

Issue

Section

Articles