Analisis Faktor-Faktor Employability terhadap Peluang Kerja Generasi Z di Kota Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2677Keywords:
Pendidikan, Pengalaman Kerja, Kesiapan Kerja, Peluang Kerja, Generasi ZAbstract
Perubahan struktur pasar tenaga kerja akibat digitalisasi menuntut generasi muda memiliki kompetensi dan kesiapan kerja yang selaras dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja terhadap peluang kerja Generasi Z di era digital dengan kesiapan kerja sebagai variabel mediasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan metode survei terhadap 114 responden Generasi Z di Kota Denpasar yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peluang kerja serta kesiapan kerja, sedangkan pengalaman kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap peluang kerja maupun kesiapan kerja. Kesiapan kerja terbukti tidak memediasi secara signifikan hubungan antara latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja terhadap peluang kerja. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan masih menjadi faktor utama dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja muda, sementara pengalaman kerja baru akan berdampak nyata jika relevan dan berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan agar lembaga pendidikan memperkuat integrasi antara kurikulum dan kebutuhan industri guna meningkatkan employability generasi muda
References
ALÇIN, S., ERDİL ŞAHİN, B., & HAMZAOĞLU, M. (2021). Analysis of the Relationship Between Education and Youth Unemployment: Evidences From Turkey and Spain. Journal of Life Economics, 8(2), 185–192. https://doi.org/10.15637/jlecon.8.2.04
Aumjaud, B., Ramasawmy, B., Driver, B. M. F., & Ramful-Baboolall, D. (2023). Higher education student work placement and employability. International Conference on Higher Education Advances, 741–748. https://doi.org/10.4995/HEAd23.2023.16275
Badan Pusat Statistik Kota Denpasar. (2024). Jumlah penduduk menurut kelompok umur dan jenis kelamin di Kota Denpasar, 2024. Diambil dari https://denpasarkota.bps.go.id
Ergün, M., & Şeşen, H. (2021). A Comprehensive Study on University Students’ Perceived Employability: Comparative Effects of Personal and Contextual Factors. SAGE Open, 11(3). https://doi.org/10.1177/21582440211036105
Google & Temasek. (2023). e-Conomy SEA 2023: Recalibrating for resilience. https://economysea.withgoogle.com
Grant-Smith, D., & Weiler, T. (2024). Recognising the value of non-professional part-time work in assessing graduate employability: A challenge to employers. Industry and Higher Education, 38(4), 325–335. https://doi.org/10.1177/09504222231208435
Jaya, N. A., Ruslan, & Purnamawati. (2023). Pengaruh Minat Kerja dan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. Information Technology Education Journal, 2(3), 33–40. https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.391
Karmani, S. T., & Acharekar, S. V. V. (2024). The impact of online degree programs on employment opportunities in contemporary India. The Scientific Temper, 15(02), 2304–2314. https://doi.org/10.58414/scientifictemper.2024.15.2.45
Katadata Insight Center & Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2021). Indeks literasi digital Indonesia 2021. https://katadata.co.id
Todd, A., & Blackburn, L. (2023). Qualifying Work Experience in England and Wales: The Opportunities and Risks Presented to University Law Clinics. Asian Journal of Legal Education, 10(1), 101–110. https://doi.org/10.1177/23220058221126654
UNDP Indonesia. (2023). Bridging the digital divide: Skill our future. https://www.undp.org/indonesia
Uzuagu, A. U., Anayo, M. M., & Gad, S. A. (2023). Influence of Job Opportunities on Students’ Choice of Business Education in Federal Capital Territory (FCT)-College of Education Zuba, Abuja. Asian Journal of Education and Social Studies, 45(4), 1–8. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v45i4987
Xuan, H. D., Le Trung, T., Ngoc, H. N., Thi Phuong, L. N., Cong, D. D., & Quynh, T. N. (2020). The Effect of Educational Background On Entrepreneurial Intention. Management Science Letters, 10(1), 91–102. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.8.013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rebecca Kristanti Lim, Ida Ayu Oka Martini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a