Peran Psikoedukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Pengelolaan Emosi Anak di Kelas Ibu Balita

Authors

  • Rensa Erika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adnani Budi Utami Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2642

Keywords:

Regulasi Emosi, Gaya Pengasuhan, Psikoedukasi, Balita, Ibu

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pengelolaan emosi anak pada ibu balita dalam program komunitas Kelas Ibu Balita (Mother of Toddlers Class) di Puskesmas D. Latar belakang penelitian ini berangkat dari temuan bahwa banyak orang tua belum memahami strategi yang efektif dalam menghadapi ledakan emosi anak balita dan cenderung merespons dengan marah atau menghukum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan pengelolaan emosi pada ibu balita serta mengevaluasi efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan kemampuan ibu merespons emosi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner Parenting Style Dimensions Questionnaire (PSDQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menerapkan gaya pengasuhan otoriter dan mengalami kesulitan dalam mengelola emosi anak maupun dirinya sendiri.

References

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 37(4), 887-907.

Kohls, L., & Brussow, H. (1995). Training Know-How For Cross Cultural and Diversity Trainers. San Francisco: Adult Learning Systems.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.

Maccoby, E. E., & Martin, J. A. (1983). Socialization in the context of the family: Parent–child interaction. In P. H. Mussen (Ed.), Handbook of child psychology (Vol. 4, pp. 1–101). New York: Wiley.

Natasubagyo, O. S., & Kusrohmaniah. (2019). Efektivitas Psikoedukasi untuk Peningkatan Literasi Depresi. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 5(1), 26–35. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48585

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) (13th ed.). Penerbit Erlangga.

Sari, R. (2018). Pengaruh Pemahaman Emosi Anak terhadap Pengasuhan yang Efektif. Jurnal Psikologi, 15(2), 123-135.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Rensa Erika, & Adnani Budi Utami. (2025). Peran Psikoedukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Pengelolaan Emosi Anak di Kelas Ibu Balita. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(6), 9290–9298. https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2642

Issue

Section

Articles