Peran Psikoedukasi dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu tentang Pengelolaan Emosi Anak di Kelas Ibu Balita
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2642Keywords:
Regulasi Emosi, Gaya Pengasuhan, Psikoedukasi, Balita, IbuAbstract
Penelitian ini berfokus pada strategi pengelolaan emosi anak pada ibu balita dalam program komunitas Kelas Ibu Balita (Mother of Toddlers Class) di Puskesmas D. Latar belakang penelitian ini berangkat dari temuan bahwa banyak orang tua belum memahami strategi yang efektif dalam menghadapi ledakan emosi anak balita dan cenderung merespons dengan marah atau menghukum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan pengelolaan emosi pada ibu balita serta mengevaluasi efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan kemampuan ibu merespons emosi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner Parenting Style Dimensions Questionnaire (PSDQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menerapkan gaya pengasuhan otoriter dan mengalami kesulitan dalam mengelola emosi anak maupun dirinya sendiri.
References
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Baumrind, D. (1966). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 37(4), 887-907.
Kohls, L., & Brussow, H. (1995). Training Know-How For Cross Cultural and Diversity Trainers. San Francisco: Adult Learning Systems.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing Company.
Maccoby, E. E., & Martin, J. A. (1983). Socialization in the context of the family: Parent–child interaction. In P. H. Mussen (Ed.), Handbook of child psychology (Vol. 4, pp. 1–101). New York: Wiley.
Natasubagyo, O. S., & Kusrohmaniah. (2019). Efektivitas Psikoedukasi untuk Peningkatan Literasi Depresi. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 5(1), 26–35. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48585
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa-Hidup) (13th ed.). Penerbit Erlangga.
Sari, R. (2018). Pengaruh Pemahaman Emosi Anak terhadap Pengasuhan yang Efektif. Jurnal Psikologi, 15(2), 123-135.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rensa Erika, Adnani Budi Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a