Edukasi Pencegahan Kekerasan dan Perundungan pada Anak melalui Metode Ceramah Interaktif dan Permainan Edukatif di Panti Asuhan Khoirul Amal Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i6.2606Keywords:
Perundungan , Kekerasan Pada Anak, Edukasi SosialAbstract
Kekerasan dan Perundungan (bullying) kepada anak adalah suatu peristiwa sosial yang masih kerap terjadi di berbagai lingkungan, baik dirumah, disekolah bahkan dilingkungan masyarakat. Tindakan ini bukan hanya melanggar norma sosial dan moral tetapi hal ini juga merupakan pelanggaran terhadap Hak Asasi Anak yang diatur sebagaimana mestinya dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 terkait tentang Perlindungan Anak. Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji dan meningkatkan pemahaman pada anak-anak mengenai bentuk, dampak, serta cara mencegah kekerasan serta perundungan melalui kegiatan menggunakan metode ceramah interaktif, permainan edukatif, dan diskusi kelompok kecil. sosialisasi dan kegiatan interaktif. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Kelurahan Sidodadi, Samarinda, diikuti oleh 13 siswa dan 9 orang dari anggota kelompok kami dengan metode pendekatan partisipatif, melibatkan anak-anak sekolah sebagai peserta melalui kegiatan penyampaian materi dan berdiskusi kelompok. Hasil kegiatan tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kesadaran terhadap pentingnya saling menghormati, menolak kekerasan serta berani melapor jika menjadi korban atau menyaksikan perundungan. Harapannya kegiatan ini dapat membuat anak-anak memahami pentingnya menghargai sesama, serta menolak aksi perundungan dilingkungan mereka. Hal ini dapat menjadikan langkah awal untuk dapat menciptakan lingkungan yang ramah bagi anak dan masyarakat serta lingkungan yang bebas dari kekerasan. Secara hukum, kegiatan ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, yang menegaskan bahwa setiap anak berhak mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan sosial yang ramah anak serta mendorong terbentuknya generasi yang peduli, empatik, dan bebas dari kekerasan maupun perundungan.
References
Ayuni, D. “Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini” Journal of Education Research, Vol.2 No.3. DOI: 10.37985/jer.v2i3.55.
Huraerah, Abu. Child Abuse : Kekerasan Terhadap Anak. Bandung: Nuansa, 2007.
Mulyana, A. M. A., Akub, S. M., dan Mirzana, A. H.“injauan Kriminologis terhadap Tindak Pidana Kekerasan oleh Anak dalam Bentuk Perundungan (Bullying)” Jurnal Diskursus Islam, Vol.11 No.2. DOI: 10.24252/jdi.v11i2.34160.
Noventari, W., Suryaningsih, A. “Upaya Perlindungan Anak Terhadap Tindak Kekerasan (Bullying) Dalam Dunia Pendidikan Ditinjau Dari Aspek Hukum Dan Hak Asasi Manusia” MAKSIMAGA : volume 13 nomor 2 periode November 2019.
Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Perlindungan Anak.
Republik Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Rukmana, V. “Perlindungan Hukum Terhadap Korban Dan Pelaku Bullying Anak Di Bawah Umur” Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Vol.10 No.2 Edisi Mei 2022.
Rusli, Tiffany. dkk. Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
Subiyantoro, Singgih. Teori Belajar Landasan Teori Mendesain Pembelajaran Efektif. Klaten: Lakeisha, 2019.
Suryaman. Teori Belajar. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2024.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Pasal 28B Ayat (2).
United Nations General Assembly. Universal Declaration of Human Rights. G.A. Res. 217A (III),
Wulandari, H., Afifah, N. J. “Bullying Hingga Kekerasan, Masa Depan Anak Usia Dini Mulai Terancam” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Agustus 2023, DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8242146
Yektiningsih, E., Zulvana, dan Khosasih, I. M. “Pendidikan Kesehatan Untuk Pencegahan Kegawatdarutan Mental Perilaku Kekerasan Dikarenakan Dampak Bullying Pada Anak Usia Sekolah” rnal Abdimas Pamenang, Vol. 3 No.1. DOI: 10.53599/jap.v3i1.264.
Zunaidi, Arif. Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat. Yogyakarta: Yayasan Putra Adi Dharma, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gabriella Shalisha Mualim, Nur Rahmayani Mukhlis, Imro’atul Azizah, Ayu Wulandari Ahmad, Syahira Oktiva, Nila Maulida, Jeane Shania Putri W, Sunariyo Sunariyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









This work is licensed under a