Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali: Antara Etika, Akhlak, dan Pengembangan Karakter

Authors

  • Leny Sumarni STAI Ibnu Sina Batam
  • Ita Tryas Nur Rochbani STAI Ibnu Sina Batam

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2394

Keywords:

Al-Ghazali, Etika, Akhlak, Pendidikan Karakter, Tazkiyatun Naf

Abstract

Krisis moral dan degradasi nilai dalam dunia pendidikan modern menunjukkan perlunya rekonstruksi paradigma pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga menekankan dimensi etika, akhlak, dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan dalam konteks etika, akhlak, dan pengembangan karakter serta relevansinya terhadap tantangan pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan (library research) melalui analisis karya-karya utama Al-Ghazali seperti Ihya’ Ulum al-Din, Ayyuha al-Walad, dan Mizan al-Amal, serta membandingkannya dengan literatur pendidikan modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Ghazali memandang pendidikan sebagai proses penyucian jiwa (tazkiyatun nafs), pembentukan karakter melalui latihan spiritual (riyadhah al-nafs), serta pengembangan moral melalui pembiasaan nilai-nilai ilahiah. Pemikirannya tetap relevan dalam menghadapi krisis moral abad ke-21 dan dapat menjadi model integratif dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya reorientasi pendidikan Islam agar tidak hanya mencetak individu yang cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia, berjiwa spiritual, dan bertanggung jawab sosial

References

Al-Ghazali. (1983). Ihya’ Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Ma'rifah.

Al-Ghazali. (2004). Ayyuha al-Walad. Kairo: Dar al-Mashriq.

Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., Sanderse, W., & Wright, D. (2017). Teaching Character and Virtue in Schools. Routledge.

Aristotle. (2009). Nicomachean Ethics (W. D. Ross, Trans.). Oxford University Press. (Original work published ca. 350 B.C.E.)

Assegaf, A. R. (2011). Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asyari, M. (2017). Integrasi ilmu agama dan sains dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 25–38.

Banks, J. A. (2016). Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching (6th ed.). Routledge.

Baharun, H. (2016). Manajemen kinerja dalam meningkatkan competitive advantage pada lembaga pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243–262.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Journal of Research in Character Education, 3(1), 13–20.

Bronfenbrenner, U. (1992). Ecological Systems Theory. London: Jessica Kingsley Publishers.

Carr, D. (2003). Making Sense of Education: An Introduction to the Philosophy and Theory of Education and Teaching. Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

Floridi, L. (2013). The Ethics of Information. Oxford University Press.

Frankl, V. E. (2006). Man’s Search for Meaning. Boston: Beacon Press.

Gardner, H. (2006). Multiple Intelligences: New Horizons. New York: Basic Books.

Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.

Hasan, A. (2010). Al-Ghazali’s concept of moral education. Journal of Islamic Studies, 21(3), 215–230.

Heckman, J. J., & Kautz, T. (2014). Fostering and measuring skills: Interventions that improve character and cognition. In J. J. Heckman, J. E. Humphries, & T. Kautz (Eds.), The Myth of Achievement Tests: The GED and the Role of Character in American Life (pp. 341–430). University of Chicago Press.

Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice. Harper & Row.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lovat, T., & Toomey, R. (2009). Values Education and Quality Teaching: The Double Helix Effect. Springer.

MacIntyre, A. (2007). After Virtue: A Study in Moral Theory (3rd ed.). University of Notre Dame Press.

Mezirow, J. (2000). Learning as Transformation: Critical Perspectives on a Theory in Progress. Jossey-Bass.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasr, S. H. (1996). The Islamic Philosophy and Spirituality of Al-Ghazali. Cambridge: Harvard University Press.

Noddings, N. (2015). Philosophy of Education (4th ed.). Boulder: Westview Press.

Palmer, P. J. (2017). The Courage to Teach: Exploring the Inner Landscape of a Teacher's Life. San Francisco: Jossey-Bass.

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character Strengths and Virtues: A Handbook and Classification. Oxford University Press.

Rahman, F. (2020). Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak Al-Ghazali dalam pembelajaran modern. Jurnal Tarbiyah dan Pendidikan Islam, 9(1), 45–58.

Sahlberg, P. (2021). Finnish Lessons 3.0: What Can the World Learn from Educational Change in Finland? New York: Teachers College Press.

Suyanto. (2018). Hidden Curriculum dalam Pendidikan Moral. Jakarta: Rajawali Pers.

UNESCO. (2022). Global Citizenship Education: Topics and Learning Objectives (2nd ed.). Paris: UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Leny Sumarni, & Ita Tryas Nur Rochbani. (2025). Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali: Antara Etika, Akhlak, dan Pengembangan Karakter . Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(5), 6154–6163. https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2394

Issue

Section

Articles