Pembentukan Kesadaran Identitas Nasional Melalui Peran Media Sosial Pada Mahasiswa Unimed
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i5.2240Keywords:
Identitas Nasional, Media Sosial, Mahasiswa, Literasi DigitalAbstract
Identitas nasional merupakan fondasi penting bagi eksistensi, kohesi, dan kelangsungan suatu bangsa di tengah dinamika global yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam membentuk kesadaran identitas nasional di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap tujuh mahasiswa dari berbagai fakultas yang aktif menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memahami identitas nasional sebagai nilai-nilai dasar yang mencakup Pancasila, sejarah perjuangan, dan kekayaan budaya Indonesia. Media sosial memiliki dua sisi peran: sebagai sarana efektif dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan melalui konten edukatif dan promosi budaya, sekaligus sebagai saluran penyebaran budaya asing dan disinformasi yang berpotensi melemahkan kesadaran tersebut. Temuan ini menegaskan pentingnya literasi digital dan kesadaran kritis dalam memanfaatkan media sosial sebagai instrumen strategis untuk memperkuat identitas nasional generasi muda.
References
Anderson, B. (2006). Imagined communities: Reflections on the origin and spread of nationalism. Verso.
Andini, N. A. (2023). Peran sosial media dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap identitas nasional.
Billah, H. U., Yunita, M. A., Pratama, M. A., & Kembara, M. D. (2023). Kesadaran berpancasila dalam mempertahankan identitas nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 113–121.
Cahyaningrum, S. D., Puspita, A. M. I., Salsabila, S. A. P., Amalia, S. R., & Maulanasyah, D. R. (2023). Eksplorasi peran mahasiswa dalam membangun kesadaran identitas nasional. Cendekia Pendidikan, 2(4), 54. https://doi.org/10.36841/cendekiapendidikan.v2i4.3833
Castells, M. (2011). The rise of the network society. Wiley-Blackwell.
Edi, A. S. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya pertahanan identitas nasional dalam pendidikan multikultural. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 441–447.
Guibernau, M. (2013). Belonging: Solidarity and division in modern societies. Polity Press.
Kim, Y. (2020). Globalization and identity: A critical introduction. Routledge.
Mahendra, S. (2025). Peran media sosial terhadap pembentukan identitas nasional mahasiswa di era digital. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren, 3(1), 13–16.
Muhammad Arya Pradipta, M., Wafi, A., Marita, M., Luthfiah, R., Ikhsan, F., & Syafaat, P. R. (2024). Cinta tanah air pada era digital: Peran generasi Z dalam mempertahankan identitas nasional. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 109–118. https://doi.org/10.58192/populer.v3i4.2787
Papacharissi, Z. (2015). Affective publics: Sentiment, technology, and politics. Oxford University Press.
Ramadhani, A. (2025). Identitas nasional sebagai karakter bangsa Indonesia dalam bermedia sosial. Maliki Interdisciplinary Journal, 3(6).
Ramadhina Assidiq, W. F., Alfarhani, M. D. U., Nandhika, D., & Amirullah, M. F. (2023). Analisis peran media sosial dalam membentuk identitas nasional generasi milenial di Indonesia. Jurnal Sosial Teknologi, 3(9), 772–775. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i9.912
Saragih, R. M., & Fimansyah, W. (2023). Persepsi mahasiswa tentang globalisasi sebagai tantangan untuk identitas nasional. Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 1(1), 95–102.
Siapera, E. (2023). Understanding new media. SAGE Publications.
Smith, A. D. (2010). Nationalism: Theory, ideology, history. Polity Press.
Vincentius Danu Bona Arta Nadeak, V. D. B. A., Manurung, R. G. E., Siringoringo, K. J. A., Damanik, A., Manalu, A. O., & Banjarnahor, D. N. (2025). Pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa di lingkungan kampus kota Pematangsiantar dalam memperkuat identitas nasional. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegara Indonesia, 2(3), 30–44. https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i3.654
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutia Amalianur, Nailatul Fauzah Ritonga, Miftah Arayan, Tami Stevania Tampubolon, Julia Ivanna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.