Integrasi Nilai-Nilai Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Biba’afadlrah Malang
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1894Keywords:
Manajemen Mutu Pendidikan, Nilai-Nilai Islam, Integrasi KurikulumAbstract
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu agenda strategis dalam pembangunan nasional karena berperan penting dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, kompeten, dan berdaya saing global. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen mutu berbasis nilai-nilai Islam di MI Biba’afadlrah Malang, termasuk integrasi prinsip-prinsip keislaman dalam perumusan visi, misi, kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan telaah dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen mutu berbasis nilai Islam di MI Biba’afadlrah tercermin dalam penguatan visi dan misi berlandaskan Qur’ani, pengintegrasian nilai-nilai religius dalam kurikulum, peningkatan kompetensi guru, pembentukan karakter peserta didik, serta penerapan sistem pengawasan dan evaluasi yang transparan dan akuntabel. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi manajemen mutu dan nilai-nilai keislaman mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus membentuk generasi berakhlakul karimah, kompeten, dan adaptif terhadap tantangan era globalisasi.
References
Alsharari, N. M. (2022). Islamic education and character formation in the era of digital transformation. Journal of Islamic Education Studies, 15(2), 155–172. https://doi.org/10.1016/j.jies.2022.1056
Bahar, T., Nasyifa, N., Fadhillah, A., & Mukhlasin, A. (2024). Peran manajemen organisasi dalam kemajuan pendidikan. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 284–300. https://doi.org/10.32543/dpb.v1i3.243
Batubara, I. A. (2022). Integrasi ilmu sebagai konsep pendidikan Islam ideal. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 759–771.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan: Penting dan genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483
Hashim, R., & Hussin, Z. (2022). Leadership, teacher engagement, and values integration in Islamic education. Journal of Educational Management, 36(5), 658–674. https://doi.org/10.1108/JEM-2022-0456
Ismail, N., Rahman, A., & Hasan, H. (2023). Quality management in Islamic educational institutions: Integrating spirituality and excellence. International Journal of Educational Development, 95, 102745. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102745
Mahmoud, A., & Khalifa, R. (2021). Integrating values into Islamic education curricula: A framework for holistic development. Studies in Higher Education, 46(4), 812–829. https://doi.org/10.1080/03075079.2021.1898888
Mayasari, N., Arifin, M. M., Purnomo, D., Suyitno, M., Hikmah, N., Lestari, M. Z., Rachman, R. S., Ependi, N. H., Loilatu, S. H., & Rispatiningsih, D. M. (2022). Perencanaan pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Nasution, A., & Nasution, T. S. (n.d.). Dalam mendukung mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Kota Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 13–21.
OECD. (2023). Education at a glance 2023: OECD indicators. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/eag-2023-en
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi pendidikan dalam meningkatkan strategi mutu pendidikan. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 1–12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Ramadhani, S. P., Marini, A., & Sumantri, S. (2021). Bagaimana pengelolaan pendidikan karakter berbasis Islam sekolah dasar? Jurnal Basicedu, 5(3), 1617–1624. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1327
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.31219/osf.io/jsps4
Sianturi, E. R., Simangunsong, F. A., Zebua, E. Y., & Turnip, H. (2022). Pengawasan dan evaluasi kurikulum. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 175–183. https://doi.org/10.31219/jsph.v1i4.183
Sulistiyo, U. (2023). Metode penelitian kualitatif. PT Salim Media Indonesia.
Sutrisno, S. (2023). Revitalisasi nilai-nilai Islam pada manajemen madrasah: Sebuah upaya aktual dalam menghadapi ancaman resesi 2023. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 8(1), 54–72. https://doi.org/10.31219/jmpi.v8i1.112
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Husni, Almaniatu Inda Rahmania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.