Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kepribadian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bojonegoro Dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product)

Authors

  • Yudha Reza Pratama Program Studi Teknik Pemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia
  • Wido Cepaka Warih Program Studi Teknik Pemasyarakatan, Politeknik Pengayoman Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1883

Keywords:

Pembinaan Narapidana; CIPP; Evaluasi Program; Residivisme; Rehabilitasi

Abstract

Pembinaan narapidana di Lapas Kelas IIA Bojonegoro bertujuan membentuk kepribadian, kesadaran hukum, dan kesiapan sosial, tetapi efektivitasnya masih terhambat keterbatasan SDM, fasilitas, modul terstandar, partisipasi bermakna, serta overkapasitas yang berkontribusi pada tingginya residivisme. penelitian ini mengevaluasi program menggunakan Model CIPP melalui desain kualitatif deskriptif dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam (petugas, pembimbing, warga binaan), dan analisis dokumen, memastikan kredibilitas lewat triangulasi dan analisis tematik; hasil menunjukkan peningkatan religiusitas, disiplin, regulasi emosi, dan kesiapan sosial, namun rasio petugas–warga binaan yang timpang, celah infrastruktur, dan lemahnya evaluasi longitudinal berbasis data menurunkan daya guna; secara CIPP, konteks sudah selaras kebutuhan, sementara input dan proses perlu penguatan, dan produk menunjukkan perbaikan perilaku yang belum konsisten menekan residivisme; implikasinya ialah kebutuhan kurikulum terstruktur-partisipatif, peningkatan kapasitas petugas, dukungan infrastruktur, integrasi teknologi pembelajaran dan monitoring, perluasan kolaborasi multipihak, serta harmonisasi kebijakan berbasis bukti untuk memastikan keberlanjutan hasil dan keberhasilan reintegrasi.

References

Abdullah, M., Ismail, H., & Kadir, M. (2021). Evaluating inmate rehabilitation programs using the CIPP model in Malaysian correctional institutions. Asian Journal of Criminology, 16(3), 291–309. https://doi.org/10.1007/s11417-021-09356-7

Alfarizi, D. Z., & Jarodi, O. (2023). Implementasi pembinaan kepribadian dalam meningkatkan religiusitas dan kesehatan rohani narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Samarinda. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 12(2), 101–115. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i002.19799

Andrews, D. A., & Bonta, J. (2019). The psychology of criminal conduct (6th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429483648

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis dan praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baybutt, M., Chemlal, K., & Dooris, M. (2020). Health-promoting prisons: Theory and practice. Global Health Promotion, 27(1), 45–54. https://doi.org/10.1177/1757975920903051

Citriadin, Y. (2020). Metode penelitian kualitatif: Suatu pendekatan dasar. Sanabil Creative. http://www.academia.edu/download/35360663/Metode_Penelitian_Kualitatif.docx

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2019). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.1002/nha3.20258

Day, A., Casey, S., & Ward, T. (2018). Rehabilitation in correctional settings: Approaches and applications. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, 62(4), 897–915. https://doi.org/10.1177/0306624X17742800

Ferguson, L., Meier, K., & Witte, M. (2021). Digital transformation in correctional education: Enhancing learning and rehabilitation. Education and Information Technologies, 26(5), 5437–5455. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10682-4

Haney, C. (2020). Psychological effects of incarceration and the importance of rehabilitation. American Journal of Criminal Justice, 45(2), 233–250. https://doi.org/10.1007/s12103-019-09504-2

Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis data penelitian kualitatif: Konsep, teknik, & prosedur analisis. Universitas Negeri Makassar.

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Cecep, R., … Nur, A. (2022). Metode penelitian kualitatif. Tahta Media Group.

K.C., R., & Baral, P. (2023). Applying Context, Input, Process and Product (CIPP) Model for course evaluation. KMC Journal, 5(1), 205–218. https://doi.org/10.3126/kmcj.v5i1.52460

Liu, J., Chen, W., & Zhang, X. (2022). Community-based rehabilitation and multiparty collaboration in reducing recidivism. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology, 66(7), 765–782. https://doi.org/10.1177/0306624X211021765

Malik Ibrahim, M. (2018). Penelitian evaluasi bidang pendidikan: Pendekatan kualitatif. Alauddin University Press.

McNeill, F., & Weaver, B. (2019). Offender supervision: New directions in theory, research and practice. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429288373

Mufti, E. A., & Riyanto, O. S. (2023). Peran Lembaga Pemasyarakatan dalam upaya rehabilitasi narapidana untuk mengurangi tingkat residivisme. Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, 5(2), 2425–2438. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i2.4026

Pandjaitan, P. I., & Widiarty, W. S. (2008). Pembaharuan pemikiran Dr. Sahardjo mengenai pemasyarakatan narapidana. CV Ind Hill Co.

Rahman, F. Z. (2022). Analisis program pembinaan kepribadian terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1349–1358.

Ravena, A., Ridha, A. R. M., & Rosmilawati, I. (2024). Pola pembinaan kepribadian dan kemandirian di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Tangerang. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN, 2(1), 35–45.

Sanusi, A. (2019). Evaluasi pelaksanaan pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 13(2), 123–135. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2019.v13.123-138

Stufflebeam, D. L. (1971). The relevance of the CIPP evaluation model for educational accountability. Journal of Research and Development in Education, 5(1), 19–25.

Sukardi. (2014). Evaluasi program pendidikan dan kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi program. Jakarta: Rineka Cipta.

van der Helm, G., Stams, G., & van der Laan, P. (2020). The effects of participation on prison-based rehabilitation. European Journal of Criminology, 17(3), 345–366. https://doi.org/10.1177/1477370818792387

Ward, T., & Maruna, S. (2020). Rehabilitation, redemption, and reintegration: A narrative approach to offender change. Criminal Justice and Behavior, 47(8), 967–986. https://doi.org/10.1177/0093854820933912

Ward, T., Yates, P., & Willis, G. (2021). Applying evidence-based practice in offender rehabilitation. Psychology, Crime & Law, 27(5), 481–498. https://doi.org/10.1080/1068316X.2020.1860235

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Yudha Reza Pratama, & Wido Cepaka Warih. (2025). Evaluasi Kegiatan Pembinaan Kepribadian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bojonegoro Dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 4128–4139. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1883

Issue

Section

Articles