Pengaruh Pendidikan TQP Al Balong Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’An Anak di Desa Labuhan Ratu III
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1870Keywords:
Taman Pendidikan Al-Qur’an, kemampuan membaca, literasi keagamaanAbstract
Pendidikan agama memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, akhlak, dan kompetensi spiritual peserta didik sejak usia dini. Dalam konteks pembelajaran Al-Qur’an, kemampuan membaca yang baik dan benar menjadi pondasi utama agar anak dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Balong terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Desa Labuhan Ratu III. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design), melibatkan 30 responden melalui teknik total sampling. Instrumen berupa tes kemampuan membaca Al-Qur’an, observasi, dan wawancara, dengan analisis data menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan membaca Al-Qur’an anak setelah mengikuti pendidikan di TPQ, dengan nilai signifikansi (p-value) = 0,001 (< 0,05). Temuan ini menegaskan pentingnya peran TPQ dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an, membentuk akhlak mulia, dan memperkuat identitas keislaman sejak usia dini. Oleh karena itu, keberadaan TPQ perlu terus dikembangkan melalui inovasi metode pembelajaran dan sinergi antara guru, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berkelanjutan
References
Al-Busaidi, H. (2020). Early Quranic literacy and child development: A comparative study. Journal of Islamic Studies, 31(2), 145–160. https://doi.org/10.1093/jis/etaq015
Al-Fahim, M., & Rahman, R. (2021). Religious-based moral education and emotional intelligence in children. Global Education Review, 8(3), 89–104. https://doi.org/10.1016/ger.2021.05.008
Bouvet, E., & McKenzie, A. (2022). Cognitive and moral outcomes of early religious literacy. Child Development Research, 94(1), 37–55. https://doi.org/10.1111/cdr.12840
Djollong, A. F. (2014). Teknik pelaksanaan penelitian kuantitatif (Technique of Quantitative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui pengenalan makhorijul huruf pada anak menggunakan metode sorogan. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(2), 233–248.
Hussain, M., Rahman, A., & Ali, N. (2021). Integrating Quranic education in early childhood development. International Journal of Educational Research, 109, 101–115. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101115
Khoiruyah, R. (n.d.). Pentingnya mendidik anak sejak dini: Pendidikan cara mempelajari Al-Qur’an yang baik dan benar. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 55–70.
Mampelajari, D., Al-Q. U. R. An., & Diera, G. (n.d.). Dimar: Jurnal pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari: Pentingnya pendidikan anak sejak dini dalam mempelajari Al-Qur’an. Dimar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–15.
Nawi, M. Z. M., Nor, M. A. M., Omar, M. R., & Muhammad, N. (2021). Quran recitation in education today: An overview. Al-Turath Journal of Al-Quran and Al-Sunnah, 6(1), 43–55.
Nur, I. R., Aryani, R., & Bekasi, S. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra’ pada santriwan/santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Qurani, 2(3), 100–110.
Omar, M., Saleh, S., & Jamaludin, N. (2023). Digital innovations in Quranic pedagogy for young learners. International Journal of Islamic Pedagogy, 12(4), 215–232. https://doi.org/10.1080/ijip.2023.104211
Pendidikan, Jurnal Agama Islam, Analisis Sosiologis, & Budaya, D. A. N. (2024). Pendidikan agama Islam dalam masyarakat modern. Jurnal Analisis Sosiologis dan Budaya, 3(1), 55–73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imam Nurfadho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.