Kepemimpinan Bunyai Dalam Mendukung Kompetensi Manajerial Santri di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Nganjuk

Authors

  • Lu’lu’ Syuroiyah Nadliroh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU), Jombang
  • Amrulloh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU), Jombang
  • Dhikrul Hakim Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU), Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1851

Abstract

Kepemimpinan Bu Nyai di pesantren memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan kompetensi manajerial santri di era modern. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pembinaan, penerapan kurikulum tersembunyi, dan dampak kepemimpinan Bu Nyai terhadap kesiapan santri menghadapi tantangan abad ke-21. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan critical incident analysis dan content analysis dengan triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil menunjukkan bahwa Bu Nyai memadukan keteladanan, pembelajaran berbasis pengalaman, dan kolaborasi lintas lembaga untuk menanamkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, pengambilan keputusan, dan pengelolaan sumber daya. Implementasi kurikulum tersembunyi terbukti efektif dalam pembentukan karakter, etos kerja, dan kemampuan manajerial santri, yang tercermin pada keberhasilan alumni memimpin lembaga, organisasi, dan program pemberdayaan masyarakat. Temuan ini mengimplikasikan perlunya penguatan model kepemimpinan Bu Nyai sebagai referensi pengembangan pendidikan pesantren yang integratif, adaptif, dan berdaya saing global

References

Amalia, V., & Arifin, Z. (2018). Kepemimpinan nyai dalam memelihara kajian kitab kuning di Ma’had Aly Nurul Jadid Probolinggo. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 215–230.

Anoegrajekti, N., & Sunarti. (2016). Jejak langkah perubahan: Dari Using sampai Indonesia. Penerbit Ombak. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77022

Arrasyid, M. Z., & Karwanto. (2021). Pendidikan karakter peserta didik di era digital. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 50–61.

Budiwibowo, S. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional, transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja guru (karyawan) di Kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 119–132.

Dan, D., Disusun, D., Diajukan Kepada, & Widodo, D. (2018). Di sekolah menengah pertama Islam Andalusia. Jurnal Pendidikan Islam, 24(2), 151–157.

Di, P., Permulaan, & Mi, S. D. (2014). Metode pembelajaran membaca dan menulis: Kemampuan membaca permulaan lebih diorientasikan pada kemampuan membaca tingkat dasar, yakni kemampuan mengenal huruf. Jurnal Pendidikan, 1(2), 190–200.

Etistika, Y. W., Dwi, A. S., & Amat, N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278

Faiqoh, S. M. (2015). Religious character formation model. Edukasi, 13(3), 349–368.

Faishol, L. (2020). Kepemimpinan profetik dalam pendidikan Islam. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(1), 39–53.

Gunawan, A., Pratama, D. P., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Jurnal pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–52.

Hadi, M. S., & Muhid, A. (2022). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab balaghah di pesantren: Literature review. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(1), 35–51. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.215

Hariyadi, A. (2020). Kepemimpinan karismatik kiai dalam membangun budaya organisasi pesantren. Equity in Education Journal, 2(2), 96–104.

Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan transformasional dalam upaya pengembangan sekolah/madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129.

Izzah, I. Y. U. (2011). Perubahan pola hubungan kiai dan santri pada masyarakat Muslim tradisional pedesaan. Jurnal Sosiologi Islam, 1(2). http://jsi.uinsby.ac.id/index.php/jsi/article/view/11

Kabul, T. F. L. H., & Mubarok, A. (2023). Relevansi kurikulum pondok pesantren terhadap kompetensi santri di abad 21 (Studi kasus pada Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Kabupaten Nganjuk). Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4(2), 112–124. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa

Kartika, N. M., Latifah, D., Universitas Pendidikan Indonesia, & Jawa Barat. (2019). Belajar otodidak untuk mencapai kompetensi improvisasi bagi pemain keyboard komunitas band di Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 74–83.

Khasanuri. (2022). Kepemimpinan klan kiai dalam pendidikan pesantren modern.

Kurniawan, K., Putra, D. N., Zikri, A., & Mukhtar, N. M. A. H. (2020). Konsep kepemimpinan dalam Islam. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–10.

Muhtador, M. (2020). Otoritas keagamaan perempuan (Studi atas fatwa-fatwa perempuan di Pesantren Kauman Jekulo Kudus). Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 10(1), 39.

Noorhayati, S. M. (2017). Pemikiran Islam terhadap gender dan pemberdayaan perempuan (Studi pemikiran dan model pemberdayaan nyai di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton). Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 22(2), 219. https://doi.org/10.32332/akademika.v22i2.953

Nuraini, D. (2023). Manajemen strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24079

Nuraisyah, R., Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. (2024). Tinjauan literatur: Integrasi nilai lokal dan peran pranata sosial dalam pendidikan di madrasah.

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam perspektif Islam. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98–111.

Pokhrel, S. (2024). No title. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pratiwi, R., et al. (2022). Pemberdayaan santripreneur di pesantren: Kajian kepemimpinan perempuan (nyai) dalam meningkatkan keterlibatan santriwati dalam berwirausaha. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 98–110.

Rahman, F. (2018). Otoritas keagamaan nyai Pandalungan dinamika otoritas keagamaan perempuan dalam konteks budaya lokal. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, (Series 2) 17(1), 959–971. https://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/196/196

Rahman, A. (2021). Peran bu nyai dalam pengembangan karakter santri di pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.

Rizkiyah, U. K., Kurnaengsih, K., & Rosyad, A. M. (2024). Pengaruh pembelajaran mahfuzhat terhadap akhlak santri (Studi kasus di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum Terisi Indramayu). Journal Islamic Pedagogia, 4(1), 92–122.

Solichin, M. M. (2019). Pendekatan humanistik dalam pembelajaran.

Sri Maryati, B. (2022). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 541.

Supriyadi, E. (2022). Kepemimpinan bu nyai dalam pengelolaan pesantren: Sebuah tinjauan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 45–60.

Supriyanti, T., & Sanusi, A. (2024). Etika dan tanggung jawab dalam menguatkan kesalehan sosial di bulan Ramadhan dalam kegiatan bersedekah. Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1), 94–119.

Suradi, A. (2017). Transformasi pondok pesantren (Analisis dampak transformasi sistem pendidikan terhadap penanaman panca jiwa pondok pesantren kepada santri di Provinsi Bengkulu). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 272–297. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/1601

Syafe’i, I. (2017). Mastuhu, 1994. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82.

Takdir, M. (2015). Kiprah ulama perempuan Nyai Hj. Makkiyah As’ad dalam membentengi moralitas umat di Pamekasan Madura. Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 8(1), 72–97. http://jurnal.instika.ac.id/index.php/AnilIslam/article/view/36

Tamin, K. B., Ubadah, U., & Mashuri, S. (2022). Tantangan pendidikan dalam era abad 21. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 338–342. https://kiiies50.uindatokarama.ac.id/

Wabula, D. C., Tyas, N. W., & Surur, A. M. (2018). Peran pengurus pondok pesantren dalam menanamkan kedisiplinan santri. Jurnal Al-Makrifat, 3(2), 12–30.

Yusuf, M. (2014). Kepemimpinan Islami. Unissula Press. http://cyber.unissula.ac.id/journal/dosen/publikasi/210600014/5488ISBN_KEPEMIMPINAN_ISLAMI_BARU.pdf

Zainuddin, S., & Anjani, N. W. A., & Aulia, H. D. (2022).

Zipi, K., & Mulyadi. (2023). Peran kepemimpinan kyai di pondok pesantren. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(2), 9–20. https://doi.org/10.61104/jq.v1i2.63

Downloads

Published

2025-08-14

How to Cite

Lu’lu’ Syuroiyah Nadliroh, Amrulloh, & Dhikrul Hakim. (2025). Kepemimpinan Bunyai Dalam Mendukung Kompetensi Manajerial Santri di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Nganjuk. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(4), 3417–3427. https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1851

Issue

Section

Articles