Peran Market Orietation Dan Brand Innovation Terhadap Competitive Advantage Pada Dealer Jd Toyota Jababeka ( PT. Mulia Mega Makmur)
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i4.1760Keywords:
Market Orientation, Brand Innovation, Competitive AdvantageAbstract
Perkembangan teknologi dan industri global memberikan dampak signifikan terhadap sektor otomotif, khususnya dalam hal inovasi produk, strategi pemasaran, dan perilaku konsumen. Digitalisasi manufaktur, otomatisasi proses, dan penerapan teknologi berbasis Internet of Things (IoT) mendorong perusahaan untuk meningkatkan daya saing melalui pembaruan produk dan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh market orientation dan brand innovation terhadap competitive advantage pada Dealer JD Toyota Jababeka (PT. Mulia Mega Makmur). Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner terhadap 100 responden, yang merupakan konsumen aktif pada tahun 2024, serta analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa market orientation dan brand innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap competitive advantage, di mana orientasi pasar yang efektif meningkatkan pemahaman kebutuhan konsumen, sementara inovasi merek memperkuat citra dan loyalitas pelanggan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan otomotif untuk mengintegrasikan strategi pemasaran berbasis konsumen dengan pengembangan produk inovatif agar mampu bersaing dalam industri otomotif yang semakin kompetitif dan dinamis.
References
Alhamdi, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi Di Patra Semarang Convention Hotel. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(1), 130–137. https://doi.org/10.26905/jpp.v3i1.1877
Dahana, R. N., Indrawati, N. K., & Mugiyono. (2020). Influence of Product Innovation and Entrepreneurial Orientation on Marketing Performance in Small and. Journal of Applied Management (JAM), 19(200), 413–423.
Eldiansyah, R., & Suwarni, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 130–138. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.130-138
Elistia, E., Jovita Nathania, Rojuaniah, Lista Meria, & Mitsalina Tantri. (2023). Perceived Quality, Trust, Satisfaction on Student Loyalty in Private Universities. Journal of Business and Behavioural Entrepreneurship, 6(2), 51–68. https://doi.org/10.21009/jobbe.006.2.05
Fadli, M., Heriyanto, M., Kasmirudin, K., & Othman, L. (2022). Product Innovation As A Mediation Variable Influences Market Orientation And Entrepreneurial Orientation In Increasing The Competitive Advantage Of The Msme Sector Processed By Patin Fish In Patin Village, Koto Mesjid Village, District Xiii Koto Kampa. International Journal of Science, Technology & Management, 3(6), 1632–1643. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i6.668
Harjadi, D., Fatmasari, D., & Nurhasanah, A. S. (2020). Market Orientation And Product Innovation To Increase Competitive Advantages And Its Impact On Marketing Performance. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 12(1), 12. https://doi.org/10.24235/amwal.v1i1.5457
Haryono, T., & Marniyati, S. (2018). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(2), 51. https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17174
Irfandi, N., Halim, E. H., & Wijayanto, G. (2025). The Impact of Market Orientation , Product Innovation , and Competitive Advantage on the Marketing Performance of Culinary Enterprises : Empirical Study in Kampar Regency , Indonesia. 5.
Iskandar, D., & Irfan Bahari Nasution, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137.
Pappu, R., & Quester, P. G. (2016). How does brand innovativeness affect brand loyalty? European Journal of Marketing, 50(1–2), 2–28. https://doi.org/10.1108/EJM-01-2014-0020
Pelealu, D. R. (2021). Analisis Customer Loyalty Yg Diprediksi Oleh Servqual, Service Innovation Dan Brand Image Melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi, 10(1), 141. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v10i1.1731
Pratiwi, L. A., & Nawangsari, L. C. (2021). Organizational Citizenship Behavior while mediating Self-Efficacy, Servant Leadership and Organization Culture on Employee Performance. European Journal of Business and Management Research, 6(1), 225–231. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.1.713
Puspaningrum, A. (2017). The effect of market orientation and innovation on competitive advantages. Pressacademia, 4(4), 549–558. https://doi.org/10.17261/pressacademia.2017.761
Sofyani, H. (2023). Penentuan Jumlah Sampel pada Penelitian Akuntansi dan Bisnis Berpendekatan Kuantitatif. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 7(2), 311–319. https://doi.org/10.18196/rabin.v7i2.19031
Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). Pengembangan Sistem Computer Based Test (Cbt) Tingkat Sekolah. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i1.917
Tresnowati, D., & Sunarto, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterlibatan Siswa Dimoderasi Dukungan Orang Tua. Research and Development Journal of Education, 8(2), 480. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12970
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96–102.
Zainurrafiqi, Z., & Amar, S. S. (2021). Pengaruh Innovation Capability Dan Blue Ocean Strategy Terhadap Competitive Advantage Dan Business Performance. Assyarikah: Journal of Islamic Economic Business, 2(2), 73. https://doi.org/10.28944/assyarikah.v2i2.438
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aliy Rasyid, Yanto Lesmana, Rosidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.