Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan di Graha Tahfidz BUQ Minhajuth Thullab Way Jepara

Authors

  • Novi Indriani STAI Darussalam Lampung
  • Nur Indah Sari STAI Darussalam Lampung
  • Damanhuri STAI Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1613

Keywords:

Tahfidz Al-Qur’an, Pondok Pesantren, Kualitas Hafalan

Abstract

Pondok pesantren memiliki peran strategis dalam melestarikan tradisi tahfidz Al-Qur’an dan membentuk generasi muslim yang berkarakter Qur’ani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pondok Pesantren Graha Tahfidz BUQ Minhajuth Thullab dalam meningkatkan kualitas hafalan santri serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi di lingkungan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembinaan yang mencakup program Bittuqo, metode setoran berjenjang, manajemen waktu disiplin, serta motivasi spiritual dan sosial terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan santri. Lingkungan religius, keterlibatan ustadzah yang kompeten, dan evaluasi berkala menjadi faktor kunci pendukung. Sementara itu, kesulitan tajwid, tekanan mental saat setoran, dan rutinitas yang monoton menjadi tantangan yang diatasi melalui pendekatan pembinaan holistik dan manusiawi. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi aspek spiritual, pedagogis, dan psikologis dalam menciptakan ekosistem tahfidz yang berkelanjutan dan berkualitas

References

Afidah, S. I., & Anggraini, F. S. (2022). Implementasi metode muraja’ah dalam peningkatan kualitas hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 7(1), 114–132.

Harristhana, A. (2023). Manajemen Pendidikan Islam. Serang: PT Sada Kurnia Pustaka.

Hasan, H. (2025). Metode penelitian kualitatif. Agam: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Himmah, A., & Suwadi. (2025). Evaluasi program akselerasi tahfidz wa turots menggunakan model Provus. Tafhim Al-’Ilmi, 16(2), 342–354.

Masduki, Y. (2018). Implikasi psikologis bagi penghafal Al-Qur’an. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(1), 18–35.

Masdul, M. R., dkk. (2022). Strategi Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah dalam membina dan meningkatkan kualitas santri di Desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(6), 343–351.

Mujahidin, I. (2021). Peran pondok pesantren sebagai lembaga pengembangan dakwah. Syiar: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1), 31–44.

Munandar, A., dkk. (2025). Manajemen program tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Maskanul Muttaqin Jambi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 5(1), 226–232.

Sumiati, M., dkk. (2021). Pemodelan UML untuk sistem informasi persewaan alat pesta. Jurnal Fasilkom, 11(2), 79–86.

Wicaksono, D. S., Kasmantoni, & Walid, A. (2021). Peranan pondok pesantren dalam menghadapi generasi Alfa dan tantangan dunia pendidikan era Society 5.0. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 181–189.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Novi Indriani, Nur Indah Sari, & Damanhuri. (2025). Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan di Graha Tahfidz BUQ Minhajuth Thullab Way Jepara. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 2331–2338. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1613

Issue

Section

Articles