Transformasi Pembelajaran Bermakna melalui Deep Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1462Keywords:
Pembelajaran Bermakna, Deep Learning, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum Merdeka hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pembelajaran yang lebih bermakna dan berpusat pada siswa, dengan menekankan pendekatan reflektif, kontekstual, dan transformatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pendekatan deep learning terhadap terciptanya pembelajaran bermakna dalam konteks Kurikulum Merdeka. Studi ini menggunakan metode tinjauan literatur kualitatif dengan mengkaji sepuluh artikel terbitan tahun 2022 ke atas yang dipilih melalui pencarian sistematis di Google Scholar, DOAJ, dan repositori nasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa deep learning telah diterapkan secara efektif pada berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan, meningkatkan pemahaman konseptual, motivasi belajar, dan karakter siswa. Namun, masih ditemukan kendala seperti keterbatasan pemahaman guru, kurangnya sumber daya, dan tantangan dalam asesmen pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa deep learning memiliki potensi besar sebagai strategi pedagogis dalam Kurikulum Merdeka, asalkan disertai dukungan sistemik, pelatihan guru, dan inovasi kurikulum yang berkelanjutan
References
Aryanto, S., Meliyanti, Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildose, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi dan Numerasi melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1
Epik, Y., Elihami, & Setiawa, D. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi melalui Pembelajaran Deep Learning pada Siswa Kelas IV UPT SDN 8 Pinrang. CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8(1), 421–431. https://e-journal.my.id/cjpe
Gufron, I. A., & Suryahadikusumah, A. R. (2024). Kajian Aksiologi Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Pendidikan Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 556–567. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21041
Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273–282. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310
Khotimah, D. K., & Abdan, M. R. (2025). Analisis Pendekatan Deep Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 866–879. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1466
Komariyah, S. (2025). Deep Learning dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Kependidikan Dan Ilmu Sosial, 20(1), 43–50. https://doi.org/ttps://doi.org/10.31316/js.v20i1.7742
Latif, E. Y., Idrus, R., & Perdana, C. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8(1), 73–84. https://e-journal.my.id/cjpe
Mulyanto, A., Supriatna, N., Erawati, E. R., Heryati, T., & Mulyanah, U. (2025). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Deep Learning di SMPN 3 Margahayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 5(3). https://doi.org/10.59818/jpm.v5i3.1653
Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnain, A. P. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 858–871.
Rasma, Khalid, M. I., & Saleha. (2025). Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8(1), 455–465. https://e-journal.my.id/cjpe
Saleh, A. R., & Salmiah. (2025). Mengembangkan Potensi Multiple Intelligences Siswa SD melalui Kurikulum Deep Learning. Journal of Humanities, Social Science, and Education, 1(3), 53–64.
Sari, A. W., & Arta, D. J. (2025). Implementasi Deep Learning : Suatu Inovasi Pendidikan. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 13(01).
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik (JPKP), 2(2), 69–77. https://doi.org/doi.org/10.61476/186hvh28
Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451–457. https://irje.org/index.php/irje
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Kharisma, Diva Erlina Septiani, Feby Suryaningsih, Erlisnawati, Mahdum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.