Pemikiran Pendidikan Islam Zainuddin Labay El-Yunusy dan Relevansinya di Era Digital

Authors

  • Muhamad Rahman Selvarian Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Djefrin E. Hulawa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Alwizar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1351

Abstract

Sistem pendidikan Islam tradisional di Indonesia, khususnya yang berbasis surau di Minangkabau, dinilai tidak lagi memadai dalam menjawab tantangan modernisasi dan perkembangan zaman. Untuk menjawab persoalan ini, Zainuddin Labay El-Yunusy memperkenalkan pembaruan pendidikan melalui pendirian Madrasah Diniyah pada tahun 1915 yang mengintegrasikan sistem klasikal, kurikulum terpadu, dan manajemen kelas yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran pendidikan Islam Zainuddin Labay El-Yunusy serta menganalisis relevansinya dalam konteks pendidikan di era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Zainuddin tentang sistem pendidikan terorganisir, integrasi ilmu agama dan umum, serta adaptasi terhadap teknologi memiliki relevansi tinggi dengan kebutuhan pendidikan Islam kontemporer. Implikasi dari kajian ini menegaskan pentingnya menjadikan pemikiran Zainuddin sebagai pijakan dalam merancang sistem pendidikan Islam yang modern, adaptif, dan berakar pada nilai-nilai keislaman

References

Asmani, J. M. (2020). Tips praktis menjadi guru inspiratif dan profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Azra, A. (2021). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Jakarta: Kencana.

Bustami, A. (2021). Transformasi pendidikan Islam berbasis digital. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 123–138.

Faizah, N. (2023). Pendidikan Islam di era digital: Tantangan dan strategi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–60.

Hidayat, N. (2021). Manajemen pendidikan Islam di era revolusi industri 4.0. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isnaini, H. (2022). Integrasi kurikulum dalam pendidikan Islam modern. Jurnal Edukasi Islami, 10(1), 72–86.

Muhaimin. (2021). Paradigma pendidikan Islam: Upaya menyusun epistemologi pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raharjo, H., & Sulaiman, T. (2021). Digitalisasi pendidikan Islam: Peluang dan tantangan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(2), 89–101.

Rusydi, U. (2022). Reformasi pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Prenadamedia.

Sauri, S., et al. (2023). Filsafat pendidikan Islam di era digital. Bandung: Alfabeta.

Syafrizal, Y. (2021). Zainuddin Labay El-Yunusy dan gagasan pembaruan pendidikan Islam di Minangkabau. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 99–114.

Downloads

Published

2025-06-21

How to Cite

Muhamad Rahman Selvarian, Djefrin E. Hulawa, & Alwizar. (2025). Pemikiran Pendidikan Islam Zainuddin Labay El-Yunusy dan Relevansinya di Era Digital. Al-Zayn : Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1617–1625. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1351

Issue

Section

Articles