IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan <p>E-ISSN 2987-1298 P-ISSN 3025-9150 Prefix DOI 10.61104. Artikel ilmiah Jurnal IHSAN merupakan hasil penelitian orisinil, gagasan konseptual, dan kajian mutakhir dalam lingkup Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), Teknologi Pendidikan Islam (TPI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Kependidikan Islam (KPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Ilmu-ilmu Keislaman. </p> en-US ejournal@yayasanpendidikandzurriyatulquran.id (Dr (Cand) Hasan Syahrizal, M.Pd.) jurnalihsan@gmail.com (Dr (Cand) Hasan Syahrizal, M.Pd.) Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.20 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Identifikasi Masalah Penelitian untuk Meningkatkan Mutu Karya Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1033 <p><em>Mutu karya ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) masih menjadi perhatian, terutama karena lemahnya kemampuan dalam merumuskan masalah penelitian yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi efektif dalam menemukan dan merumuskan masalah penelitian di lingkungan PTKI guna meningkatkan kualitas karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, mengkaji berbagai sumber primer dan sekunder seperti jurnal ilmiah, buku metodologi, dan dokumen kebijakan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi seperti analisis literatur kritis, observasi empirik, dialog dengan pemangku kepentingan, dan keterlibatan dalam forum ilmiah merupakan pendekatan efektif dalam mengidentifikasi masalah yang relevan dan aktual. Penerapan strategi tersebut berkontribusi terhadap peningkatan mutu karya ilmiah, penguatan budaya riset, dan pengembangan kebijakan pendidikan Islam berbasis bukti. Implikasi dari temuan ini mendorong perlunya penguatan kapasitas akademisi PTKI dalam proses identifikasi masalah sebagai bagian penting dari peningkatan daya saing institusi di tingkat nasional dan global</em></p> Fadhitya Friendly Alerin, Zuhdi Aldhansyaf, Hendro Hidayat, Rully Hidayatullah, Harmonedi Harmonedi Copyright (c) 2025 Fadhitya Friendly Alerin, Zuhdi Aldhansyaf, Hendro Hidayat, Rully Hidayatullah, Harmonedi Harmonedi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1033 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Kegiatan Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1084 <p><em>Minat memegang peranan yang penting dalam kegiatan belajar mengajar, apabila siswa tidak memiliki minat maka mereka akan sulit untuk menerima pembelajaran. Secara sederhana minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Di kelas V MI Darussalam Sungai Salak ditemukan banyak siswa yang kurang antusias dan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan kegiatan ice breaking dapat meningkatkan minat belajar siswa? Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk meneliti subjek (36 orang siswa kelas V) dan objek penelitian (kegiatan ice breaking dan minat siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuesioner), dokumentasi dan catatan lapangan dengan teknik analisis data dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil angket diketahui, minat belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari tahap pra siklus sampai ke siklus II, yaitu dari rata-rata sebesar 47% pada pra siklus menjadi 62% di siklus I dan naik lagi di siklus II menjadi 82%. Maka dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan Ice Breaking dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas V di Madrasah Ibtidayah Darussalam Sungai Salak</em></p> Mellisa Ferda Seftarini, Sri Erdawati Copyright (c) 2025 Mellisa Ferda Seftarini, Sri Erdawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1084 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Karakteristik Kepemimpinan Khulafa’ur Rasyidin dan Relevansinya terhadap Kepemimpinan Kontemporer https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1098 <p><em>Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin merupakan fase historis yang menandai kesinambungan pemerintahan Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, serta menjadi model ideal dalam penerapan nilai-nilai keadilan, amanah, dan musyawarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kepemimpinan empat khalifah Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali dan mengeksplorasi relevansinya terhadap kepemimpinan kontemporer. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap literatur historis dan ilmiah, termasuk buku, jurnal, dan dokumen akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap khalifah menerapkan gaya kepemimpinan yang berbeda namun tetap berakar pada nilai-nilai Islam yang universal. Kepemimpinan mereka menampilkan keteladanan dalam hal integritas moral, kebijakan publik yang inklusif, serta responsivitas terhadap dinamika sosial-politik. Temuan ini menunjukkan bahwa nilai-nilai kepemimpinan Khulafaur Rasyidin masih relevan untuk membentuk pemimpin masa kini yang visioner, partisipatif, dan berorientasi pada keadilan sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual terhadap pengembangan model kepemimpinan Islam yang dapat diterapkan dalam konteks organisasi modern</em></p> Cindy Elvira, Anni Wulandzari Copyright (c) 2025 Cindy Elvira, Anni Wulandzari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1098 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Dinamika Pendidikan Islam di Barat Australia Dan Belanda https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1547 <p>Pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter, nilai moral, dan orientasi spiritual umat Muslim, bahkan ketika mereka hidup sebagai minoritas di negara-negara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan pendidikan Islam di Australia dan Belanda dari aspek historis, struktural, dan ideologis, serta mengidentifikasi tantangan dan respons sosial-budaya yang menyertainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, disertasi, dan dokumen daring terkait pendidikan Islam di kedua negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Australia telah tumbuh sejak abad ke-17 melalui jalur informal, dan mengalami formalitas institusional sejak tahun 1970-an. Sementara di Belanda, perkembangan signifikan dimulai pada 1980-an dan mencapai pengakuan negara pada awal 2000-an dengan dukungan pendanaan publik. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendidikan Islam dalam sistem nasional negara Barat sangat bergantung pada kolaborasi antara komunitas Muslim, kebijakan negara, dan keberterimaan masyarakat mayoritas terhadap keragaman nilai</p> Achmad Robith Khusni, Ubaidillah, Hepni, Dyah Nawangsari Copyright (c) 2025 Achmad Robith Khusni, Ubaidillah, Hepni, Dyah Nawangsari https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1547 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Integrasi Media Digital Interaktif Dalam Pengajaran Materi Qur’an dan Hadist https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1122 <p>Transformasi digital telah membuka peluang besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pengajaran Qur’an dan Hadist. Media digital interaktif hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan yang menarik, partisipatif, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran Qur’an dan Hadist, serta meninjau kesiapan guru dan siswa dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif-tematik terhadap berbagai sumber ilmiah terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa media digital seperti aplikasi mobile, video animasi, dan platform e-learning mampu meningkatkan pemahaman, minat, dan keterlibatan siswa secara signifikan. Namun demikian, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kurangnya keterampilan guru masih menjadi hambatan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi digital, pelatihan guru, dan dukungan kebijakan sekolah sebagai strategi penting untuk mengoptimalkan pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Qur’an dan Hadist secara berkelanjutan.</p> Abdul Hakim Copyright (c) 2025 Abdul Hakim https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1122 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Implementasi Dualisme Kurikulum: Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1227 <p><em>Implementasi dualisme kurikulum, yaitu Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, di MI Miftahul Akhlakiyah mencerminkan dinamika transisi pendidikan nasional yang menuntut strategi adaptif dan kontekstual di tingkat satuan pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi adaptasi, tantangan, serta dampak penerapan dua kurikulum secara simultan terhadap kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah menjalankan K13 pada kelas 3 dan 6, dan Kurikulum Merdeka pada kelas 1, 2, 4, dan 5 berdasarkan kesiapan guru, struktur asesmen, dan kebutuhan siswa. Meskipun terdapat beban kerja ganda dan ketimpangan pemahaman antarguru, dualisme kurikulum justru membuka ruang inovasi pedagogis, kolaborasi profesional, dan refleksi kelembagaan yang memperkuat mutu pendidikan Islam. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pendampingan, pelatihan berkelanjutan, serta pedoman implementasi kurikulum yang kontekstual sebagai kunci keberhasilan transisi kurikulum di madrasah ibtidaiyah. </em></p> Laili Zumrotul Qoiriyyah, Mahmud Yunus Mustofa Copyright (c) 2025 Laili Zumrotul Qoiriyyah, Mahmud Yunus Mustofa https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1227 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Peran Akreditasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi: Kajian Kebijakan di Indonesia https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1264 <p><em>Akreditasi memiliki peran strategis dalam sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, terutama di tengah tuntutan Revolusi Industri 4.0 dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, menelaah regulasi terbaru, mengidentifikasi tantangan implementasi, serta mengeksplorasi peluang inovatif dalam memperkuat sistem akreditasi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengkaji dokumen kebijakan, jurnal ilmiah, dan publikasi resmi terkait akreditasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi pendekatan akreditasi dari compliance-based menjadi outcome-based telah mendorong institusi pendidikan tinggi untuk lebih fokus pada hasil pembelajaran, kontribusi terhadap masyarakat, dan budaya mutu internal. Digitalisasi proses akreditasi serta hadirnya Lembaga Akreditasi Mandiri turut memperkuat fleksibilitas dan efisiensi penjaminan mutu. Implikasinya, strategi penguatan akreditasi perlu dirancang secara holistik dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk membangun pendidikan tinggi yang adaptif, unggul, dan berdaya saing global</em></p> <p> </p> Dedeh Irma, Suparto Copyright (c) 2025 Dedeh Irma, Suparto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1264 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Perbandingan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Australia: Kajian Literatur Lima Aspek Utama https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1266 <p><em>Kurikulum pendidikan merupakan elemen strategis dalam mengarahkan proses pembelajaran dan menentukan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kurikulum pendidikan di Indonesia dan Australia secara menyeluruh pada lima aspek: tujuan pendidikan, isi kurikulum, struktur dan jenjang pendidikan, sistem evaluasi pembelajaran, serta kualifikasi dan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, yang mengkaji sumber-sumber seperti jurnal ilmiah, dokumen kebijakan nasional, laporan lembaga internasional, serta referensi akademik terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum Indonesia lebih menekankan nilai religius, karakter, dan nasionalisme, sementara Australia menekankan fleksibilitas, pendekatan saintifik, dan hasil belajar berbasis kompetensi. Dari sisi evaluasi, Indonesia masih fokus pada penilaian sumatif dan ujian nasional, sedangkan Australia mengedepankan asesmen formatif yang berkelanjutan. Perbedaan juga terlihat dalam struktur kurikulum dan kualifikasi guru yang lebih terstandar di Australia. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya penyempurnaan kurikulum nasional di Indonesia dengan mempertimbangkan praktik baik dari sistem pendidikan Australia, terutama dalam hal fleksibilitas kurikulum, asesmen berkelanjutan, dan profesionalisme guru, agar lebih adaptif terhadap kebutuhan abad 21.</em></p> Ika Kurnia Sofiani, Novia Ulfa, Sukma Ningsih, Elfi Nur Amira Copyright (c) 2025 Ika Kurnia Sofiani, Novia Ulfa, Sukma Ningsih, Elfi Nur Amira https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1266 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Peran Kedewasaan Religius terhadap Ketahanan Mental Mahasiswa Pascapandemi COVID-19 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1299 <p><em>Pandemi COVID-19 membawa dampak yang kompleks terhadap kondisi psikologis mahasiswa, memunculkan kebutuhan akan daya lenting mental yang kuat dalam menghadapi masa pascapandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kedewasaan religius dan ketahanan mental mahasiswa sebagai respons terhadap tantangan adaptasi pascapandemi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain korelasional, data diperoleh dari 10 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi skala kedewasaan religius dan skala ketahanan mental yang telah tervalidasi. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kedewasaan religius dan ketahanan mental (r = 0,67; p &lt; 0,01). Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa dengan tingkat religiusitas yang tinggi cenderung lebih mampu menghadapi tekanan psikologis dan menunjukkan resiliensi yang kuat. Oleh karena itu, integrasi nilai-nilai religius dalam pembinaan karakter mahasiswa menjadi strategi penting dalam memperkuat ketahanan mental mereka</em></p> Winahyu Fajar Pamungkas, Muhammad Najwan Abdillah Azzam, Fikri Husaini, Yuminah Rohmatullah Copyright (c) 2025 Winahyu Fajar Pamungkas, Muhammad Najwan Abdillah Azzam, Fikri Husaini, Yuminah Rohmatullah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1299 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 The Role of Technological Innovation in Enhancing Islamic Education Management in the Digital Era https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1452 <p><em>The rapid development of digital technology has brought significant changes to the management of Islamic education, particularly in enhancing administrative efficiency, teaching quality, and stakeholder communication. This study aims to analyze how technological innovations can be applied to improve various aspects of Islamic education management and to identify the challenges and solutions involved. Employing a literature review method, the research draws on recent journal articles, books, and reports related to Islamic education and digital transformation. The results show that the use of digital-based Learning Management Systems (LMS) and Management Information Systems (MIS) has improved administrative and learning outcomes. Nevertheless, disparities in internet access and availability of devices remain pressing issues. The study concludes that comprehensive strategies, including infrastructure development, educator training, and multi-stakeholder collaboration, are essential to ensure the successful and equitable implementation of technology in Islamic education management</em></p> Muhammad Wazid Husni, Moh. Solihuddin, Iqbal Ahsanul Aula; Nazih Sadatul Kahfi Copyright (c) 2025 Muhammad Wazid Husni, Moh. Solihuddin, Iqbal Ahsanul Aula; Nazih Sadatul Kahfi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1452 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Rekonstruksi Nilai-Nilai Historis dalam Menyongsong Masyarakat Virtual https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1529 <p>Pendidikan Islam di era digital mengalami transformasi signifikan seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan pola belajar dan metode pembelajaran dalam pendidikan Islam, merekonstruksi nilai-nilai historis agar tetap relevan dalam pembelajaran berbasis teknologi, serta mengidentifikasi strategi dan inovasi yang diterapkan oleh institusi pendidikan Islam dalam menghadapi masyarakat virtual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka sebagai metode utama. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pendidikan Islam membuka peluang besar untuk memperluas akses keilmuan, memperkaya metode pembelajaran, dan memperkuat karakter peserta didik. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, dekadensi moral, dan penyebaran informasi keagamaan yang tidak valid juga perlu diantisipasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi rekonstruksi nilai-nilai historis yang adaptif dan kontekstual agar pendidikan Islam tetap relevan dan transformatif di era digital.</p> Kamila Rahma Shalehah, Faqih Fathul Ihsan, Muhammad Ariz Hibrizi, Muhammad Novry Ramadhan, Abdul Fadhil Copyright (c) 2025 Faqih Fathul Ihsan, Kamila Rahma Shaleha, Muhammad Ariz Hibrizi, Muhammad Novry Ramadhan https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1529 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Peran Intervensi Dini dan Stimulasi Konsisten dalam Mendukung Perkembangan Anak Tunarungu https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1404 <p><em>Anak tuna rungu sebagai bagian dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) menghadapi tantangan serius dalam aspek komunikasi, pembelajaran, dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan bahasa isyarat dalam pembelajaran anak tuna rungu, serta merancang strategi intervensi dan stimulasi yang konsisten untuk mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus di SLB Nur Rahmah, melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa isyarat secara intensif, dukungan pembelajaran visual, serta kolaborasi erat antara sekolah dan keluarga dapat meningkatkan kemampuan akademik, komunikasi, dan sosial anak tuna rungu secara signifikan. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan inklusif berbasis visual dan pelatihan bahasa isyarat bagi pendidik serta orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak tuna rungu secara optimal.</em></p> Nada Faradisa Putri, Ratna Pangastuti Copyright (c) 2025 Nada Faradisa Putri, Ratna Pangastuti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1404 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Strategi Pengumpulan dan Pengelolaan Data dalam Penelitian Pendidikan: Kajian Teoretis dan Praktis https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1045 <p><em>Validitas dan keandalan data merupakan fondasi utama dalam penelitian pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam berbagai teknik pengumpulan dan pengelolaan data dalam konteks penelitian pendidikan, serta mengevaluasi implikasinya terhadap kualitas proses dan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka. Data dikumpulkan dari buku metodologi, artikel jurnal nasional dan internasional, serta dokumen akademik terkait. Analisis dilakukan secara tematik dan kritis untuk menyusun sintesis konseptual yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing, dan harus disesuaikan dengan pendekatan penelitian. Di sisi lain, pengelolaan data melalui tahapan editing, koding, entry, cleaning, dan display terbukti krusial dalam menjamin akurasi dan keterbacaan data. Integrasi antara teknik pengumpulan dan pengelolaan data memperkuat kredibilitas temuan penelitian. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kompetensi metodologis peneliti pendidikan, serta mendorong penerapan literasi digital dan prinsip akuntabilitas dalam praktik penelitian yang berbasis bukti. </em></p> Arib Rusli, Muhammad Fadhil, Maulana Ishaq, Rully Hidayatullah, Harmonedi Harmonedi Copyright (c) 2025 Arib Rusli, Muhammad Fadhil, Maulana Ishaq, Rully Hidayatullah, Harmonedi Harmonedi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1045 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Model Kepemimpinan Profetik Rasulullah dalam Konteks Kepemimpinan Transformasional Modern https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1100 <p><em>Kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW merupakan model kepemimpinan profetik yang berakar pada nilai-nilai luhur Islam, seperti Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. Nilai-nilai ini tidak hanya mencerminkan dimensi spiritual, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap praktik kepemimpinan yang efektif dan etis dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kepemimpinan profetik Rasulullah SAW serta relevansi dan konvergensinya dengan model kepemimpinan transformasional modern, khususnya dalam bidang pendidikan, organisasi sosial, dan pemerintahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka, yang dianalisis secara tematik untuk menemukan hubungan antara nilai-nilai profetik dan dimensi kepemimpinan transformasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan Rasulullah SAW memiliki kesesuaian konseptual dengan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional modern seperti pengaruh ideal, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model kepemimpinan Islam yang kontekstual dan aplikatif di era kontemporer, serta mendorong integrasi nilai-nilai profetik dalam pelatihan kepemimpinan dan kurikulum pendidikan Islam</em></p> Firda Amalia Thoyibah, Hajizah Copyright (c) 2025 Firda Amalia Thoyibah, Hajizah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1100 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Adab dalam Ibadah: Reaktualisasi Nilai-Nilai Spiritual dan Sosial dalam Pembentukan Karakter Muslim https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1496 <p><em>Ibadah dalam Islam bukan hanya kewajiban ritual, melainkan juga sarana pembinaan karakter spiritual dan sosial. Namun, dalam praktiknya, nilai adab sering diabaikan sehingga ibadah menjadi rutinitas formal yang kehilangan makna transformatif. Penelitian ini bertujuan untuk menegaskan kembali urgensi adab dalam ibadah sebagai elemen pembentuk kepribadian Muslim yang utuh. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi pustaka, kajian ini menelaah literatur primer seperti Al-Qur’an, hadis, serta karya ulama klasik dan kontemporer yang membahas dimensi adab dalam ibadah. Hasil analisis menunjukkan bahwa kehadiran adab seperti kekhusyukan, kerendahan hati, dan kesadaran spiritual berperan penting dalam memperkuat hubungan vertikal dengan Allah serta membentuk etika sosial dalam kehidupan sehari-hari. Ibadah yang dilaksanakan dengan adab dapat menghindarkan individu dari sikap formalistik, sekaligus mendorong terbentuknya kepribadian yang berakhlak dan peka sosial. Implikasi dari kajian ini menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai adab dalam pendidikan ibadah guna mencetak pribadi Muslim yang tidak hanya taat secara syariat, tetapi juga matang secara moral dalam menghadapi tantangan zaman. </em></p> Amelia Maulida Copyright (c) 2025 Amelia Maulida https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1496 Tue, 01 Jul 2025 00:00:00 +0700 Menimbang Ulang Kebijakan Seragam Sekolah: Regulasi, Tantangan, dan Dampaknya bagi Peserta Didik https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1183 <p>Kebijakan seragam sekolah di Indonesia merupakan bagian dari sistem pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai kesetaraan, kedisiplinan, dan identitas kolektif peserta didik. Meskipun telah diatur melalui Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022, pelaksanaan kebijakan ini masih memunculkan berbagai persoalan, mulai dari beban ekonomi, resistensi sosial, hingga tekanan psikologis bagi siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebijakan seragam sekolah berdasarkan regulasi yang berlaku serta mengevaluasi dampaknya dari aspek sosial, ekonomi, dan psikologis. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis isi terhadap dokumen regulasi dan literatur relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa regulasi baru memberikan fleksibilitas dan penghargaan terhadap keragaman, namun implementasinya belum merata dan masih menyisakan persoalan di lapangan, seperti komersialisasi seragam dan ketimpangan bantuan. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya formulasi kebijakan yang lebih inklusif, adaptif, dan berpihak pada kesejahteraan peserta didik, serta perlunya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk menjamin keadilan dalam pendidikan</p> Eka Elviana Batubara, Suparto Copyright (c) 2025 Eka Elviana Batubara, Suparto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1183 Wed, 02 Jul 2025 00:00:00 +0700 lmplementasi Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1298 <p><em>Penelitian ini bertujuan menggali makna dan pemahaman mendalam mengenai implementasi pendidikan karakter, khususnya dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa sekolah menengah pertama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan pisau analisis fenomenologi untuk memahami pengalaman subjektif siswa, guru, dan pihak sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan metode. Temuan menunjukkan pendidikan karakter diterapkan secara menyeluruh melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang tidak hanya menyentuh aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Sekolah secara aktif mengembangkan kegiatan penumbuh kepedulian sosial, seperti bakti sosial, Jumat Berkah, kunjungan panti asuhan, dan gotong royong yang berperan dalam membentuk karakter dan kepekaan sosial siswa. Pendidikan karakter ini berdampak pada pembentukan pribadi siswa yang berakhlak mulia, empati tinggi, dan bertanggung jawab sosial, serta mendukung pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan dan berintegritas</em></p> Faelasup, Rizky Handayani Copyright (c) 2025 Faelasup, Rizky Handayani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1298 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Integrasi Kearifan Lokal dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan: Upaya Memperkuat Identitas dan Karakter Siswa MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1332 <p><em>Pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan identitas generasi muda di tengah arus globalisasi yang mengancam eksistensi budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan bentuk integrasi kearifan lokal dalam pengembangan kurikulum serta dampaknya terhadap pembentukan identitas dan karakter siswa di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan metode studi kasus, dengan subjek terdiri dari wakil kepala sekolah dan guru yang terlibat dalam penyusunan kurikulum berbasis nilai lokal. Teknik analisis tematik digunakan untuk mengolah data hasil wawancara dan observasi, yang kemudian dikonfirmasi melalui teknik member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tradisi lokal seperti manaqiban, puasa bentur, dan ziarah muassis dalam proses pembelajaran secara signifikan memperkuat nilai spiritualitas, kedisiplinan, penghormatan, dan tanggung jawab sosial siswa. Praktik ini tidak hanya membentuk karakter siswa, tetapi juga menjadikan madrasah sebagai agen pelestarian budaya lokal sekaligus inovator kurikulum kontekstual.</em></p> Muhammad Syaifuddin Arif, Roihanatuzzulfa, Aly Masyhar, Moh Sholihuddin Copyright (c) 2025 Muhammad Syaifuddin Arif, Roihanatuzzulfa, Aly Masyhar, Moh Sholihuddin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1332 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Eksplorasi Model Discovery Learning Pelajaran Akidah Akhlak dalam Menumbuhkan Akhlak Terpuji di MTs Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Kudus https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1337 <p><em>Fenomena degradasi moral remaja akibat arus digitalisasi mendorong perlunya inovasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak di lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak serta menganalisis dampaknya terhadap pembentukan akhlak terpuji santri di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning mampu membangun pemahaman nilai moral secara kontekstual dan mendorong internalisasi nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Selain itu, model ini memperkuat karakter kritis dan reflektif santri serta meningkatkan kolaborasi antara guru, pengasuh, dan institusi dalam pendidikan karakter. Kendala seperti keterbatasan waktu, beban administrasi, dan kesiapan berpikir kritis menjadi tantangan yang perlu disikapi melalui pelatihan guru dan manajemen pendidikan yang adaptif. Temuan ini memperkuat pentingnya pembelajaran aktif dalam pendidikan karakter berbasis pesantren serta membuka peluang riset lanjutan dengan pendekatan kuantitatif untuk memperluas generalisasi. </em></p> Muhammad Nur Latif, Roihanatuzzulfa, Muhammad Setya Aji Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Latif, Roihanatuzzulfa, Muhammad Setya Aji https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1337 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Kepemimpinan Perempuan dalam Islam: Antara Tafsir Patriarkal dan Spirit Emansipatif https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1333 <p><em>Kepemimpinan perempuan dalam Islam merupakan isu yang kompleks dan sering kali menjadi perdebatan dalam ranah normatif dan sosial. Meskipun ajaran Islam memberikan ruang bagi perempuan untuk memimpin, praktik budaya patriarkal dan bias interpretatif terhadap teks-teks keagamaan masih menjadi hambatan utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepemimpinan perempuan dalam perspektif Islam melalui pendekatan historis, fikih, sosial, dan psikologis. Menggunakan metode studi pustaka dengan analisis isi kualitatif, penelitian ini menelaah literatur keislaman, karya tafsir gender, serta wacana kontemporer terkait perempuan Muslim. Hasil kajian menunjukkan bahwa perempuan telah memainkan peran strategis dalam sejarah Islam dan memiliki legitimasi kepemimpinan berdasarkan prinsip maqashid syariah dan nilai keadilan. Kendati demikian, tantangan struktural dan sosial masih membatasi partisipasi perempuan dalam kepemimpinan publik. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya reinterpretasi keagamaan yang adil gender dan penguatan kebijakan afirmatif sebagai strategi pemberdayaan. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam membangun wacana kepemimpinan perempuan Muslim yang kontekstual dan transformatif. </em></p> M. Ainur Rafiq, Selfi Arinie, M. Rieza Fachelvi, Ahmadi Copyright (c) 2025 M. Ainur Rafiq, Selfi Arinie, M. Rieza Fachelvi, Ahmadi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1333 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Analisis Pembelajaran PAI pada Platform Alif Iqra Semarang Berbasis Fun Based Learning https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1308 <p>Transformasi digital telah mengubah paradigma pembelajaran, termasuk dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), yang sebelumnya bersifat konvensional menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Pendekatan fun based learning menjadi solusi untuk menanggulangi kejenuhan siswa dalam mempelajari materi keagamaan dengan menghadirkan suasana belajar yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur materi ajar dan strategi penyampaian PAI berbasis fun based learning pada platform Alif Iqra Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-analitis, melalui teknik observasi dokumen digital dan wawancara mendalam dengan mentor aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi PAI pada Alif Iqra disusun berdasarkan tahap perkembangan anak, disampaikan melalui media audio-visual, permainan edukatif, dan teknik bercerita yang komunikatif. Proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, tetapi juga memperkuat internalisasi nilai-nilai keislaman secara alami. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum PAI digital yang lebih adaptif, menyenangkan, dan relevan dengan karakteristik peserta didik di era teknologi.</p> Rasyailendrawi Hayyun, Mahmud Yunus Mustofa, Arfian Hidayat Copyright (c) 2025 Rasyailendrawi Hayyun, Mahmud Yunus Mustofa, Arfian Hidayat https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1308 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Transformasi Pola Pengasuhan Santri: Studi Kasus Penerapan Religious Authoritative Parenting di Pesantren Islam Hidayatunnajah https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1376 <p><em>Pengasuhan di lingkungan pesantren memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter santri secara holistik, baik secara spiritual, emosional, maupun sosial. Namun, masih banyak pesantren di Indonesia yang menerapkan pola pengasuhan otoriter yang minim dialog dan kurang responsif terhadap kebutuhan psikologis santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji transformasi pola pengasuhan santri di Pesantren Islam Hidayatunnajah dari pendekatan otoriter menuju Religious Authoritative Parenting, serta menilai efektivitas dan tantangannya dalam membangun relasi pengasuhan yang seimbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Religious Authoritative Parenting mampu menciptakan kedekatan emosional, meningkatkan kedisiplinan berbasis kesadaran, serta membentuk iklim pengasuhan yang lebih dialogis dan religius. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pengasuhan berbasis ketegasan dan empati sangat relevan untuk diterapkan dalam sistem pesantren, serta mendukung kebijakan nasional tentang pengasuhan ramah anak berbasis nilai-nilai Islam</em></p> Dessy Wahyuni, Suparto Copyright (c) 2025 Dessy Wahyuni, Suparto https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1376 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 Singingi Hilir https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1384 <p>Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik sering kali dikaitkan dengan kurangnya rasa percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Singingi Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Responden berjumlah 63 siswa yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumen berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup uji normalitas, ANOVA, dan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rasa percaya diri dan hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,024 (p &lt; 0,05). Nilai R² sebesar 0,081 menunjukkan bahwa rasa percaya diri menyumbang 8,1% terhadap variasi hasil belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan aspek afektif siswa, khususnya rasa percaya diri, dalam strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah</p> Rivaldianslih Lubis, Risna Wati, Fikri Hamdani Copyright (c) 2025 Rivaldianslih Lubis, Risna Wati, Fikri Hamdani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1384 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Merdeka Belajar https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1386 <p><em>Moderasi beragama menjadi kebutuhan mendesak dalam sistem pendidikan Indonesia untuk menumbuhkan karakter peserta didik yang toleran, adil, dan inklusif di tengah keberagaman sosial. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai bagian integral dari kurikulum nasional memiliki peran strategis dalam menginternalisasikan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi internalisasi moderasi beragama dalam pengembangan kurikulum PAI berbasis Merdeka Belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan dan analisis isi terhadap dokumen kurikulum PAI, kebijakan pendidikan nasional, dan literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moderasi dapat diintegrasikan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, reflektif, dan berbasis karakter yang menekankan pada afeksi, kognisi, dan psikomotorik peserta didik. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman yang moderat secara sistemik dan partisipatif. Implikasi dari studi ini menegaskan pentingnya reformulasi kurikulum PAI yang lebih responsif terhadap tantangan radikalisme dan intoleransi melalui pendekatan pendidikan yang humanistik dan transformatif</em></p> Siti Zulaiha Abas, Muh. Arif, Mujahid Damopolii, Burhanuddin AK. Mantau Copyright (c) 2025 Siti Zulaiha Abas, Muh. Arif, Mujahid Damopolii, Burhanuddin AK. Mantau https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1386 Thu, 03 Jul 2025 00:00:00 +0700 Implementasi Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Tata Usaha di MTsN 4 Denanyar Jombang https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1392 <p>Transformasi digital dalam tata kelola administrasi madrasah menjadi kebutuhan strategis di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teknologi informasi dalam pengelolaan tata usaha di MTsN 4 Denanyar Jombang serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berbagai aplikasi seperti EMIS, VERVAL PD, SIMPEG, SIMS, dan TTE secara bertahap berhasil meningkatkan efisiensi administrasi hingga 70% dan mengurangi penggunaan kertas sebesar 60%. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional, dukungan kebijakan, pendekatan bertahap, serta integrasi nilai-nilai keislaman dalam budaya kerja. Meskipun masih ditemukan tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan keterampilan digital, strategi kolaboratif dan pelatihan berkelanjutan menjadi solusi efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model digitalisasi administrasi madrasah yang kontekstual, berkelanjutan, dan bernilai spiritual</p> Egi Muliati, Muhammad Al-Fatih Copyright (c) 2025 Egi Muliati, Muhammad Al-Fatih https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1392 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Strategi pembelajaran Al-Quran Untuk Anak Disabilitas di SLB Sabilillah Cukir Jombang https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1401 <p>Pembelajaran Al-Qur’an bagi anak disabilitas merupakan tantangan pedagogis yang membutuhkan strategi khusus dan pendekatan inklusif agar siswa dapat terlibat secara bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Al-Qur’an bagi anak disabilitas di SLB Sabilillah Cukir Jombang serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologis. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menekankan pada pengulangan, pembiasaan, dan pendekatan multisensorik yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing siswa seperti tunarungu, tunagrahita, dan autisme. Keberhasilan implementasi dipengaruhi oleh komitmen guru, keterlibatan orang tua, serta struktur pembelajaran yang fleksibel. Kendala utama terletak pada keterbatasan sarana bantu dan kurangnya pelatihan guru secara spesifik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas guru dan dukungan sarana belajar agar pembelajaran Al-Qur’an menjadi lebih inklusif dan efektif</p> Muhammad Choirul Umam, Layli Masruroh Copyright (c) 2025 Muhammad Choirul Umam, Layli Masruroh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1401 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Kurikulum Pendidikan Islam Sebagai Pedoman Pembelajaran Dalam Membentuk Karakter Religius Perspektif Al-Qur'an dan Hadits https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1420 <p>Pendidikan Islam memainkan peran vital dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai wahyu. Kurikulum ini bukan hanya sarana administratif, tetapi juga instrumen pembinaan iman, akhlak, dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsep kurikulum pendidikan Islam dari perspektif Al-Qur’an dan Hadits serta relevansinya dalam membentuk karakter religius peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, menggunakan sumber primer seperti ayat Al-Qur’an dan Hadits, serta sumber sekunder dari literatur ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Islam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual, moral, dan intelektual berdasarkan QS. Al-Baqarah: 177, 151 dan QS. Ali Imran: 164 serta hadits-hadits Nabi tentang pendidikan akhlak, ilmu, dan pembiasaan dini. Kurikulum tersebut juga terbukti relevan dalam menghadapi tantangan global seperti digitalisasi, krisis moral, dan disintegrasi ilmu. Implikasinya, kurikulum Islam harus terus diperbarui secara adaptif namun tetap berlandaskan pada ajaran wahyu demi membentuk generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.</p> Nazilla Nur Febriani, Mochammad Rizqi Hidayatullah, Ahmad Yusam Thobroni Copyright (c) 2025 Nazilla Nur Febriani, Mochammad Rizqi Hidayatullah, Ahmad Yusam Thobroni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1420 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MTsN 6 Jombang https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1415 <p><em>Mutu pembelajaran di madrasah masih menghadapi berbagai tantangan, seperti rendahnya kesiapan guru, tingginya beban administrasi, serta keterbatasan supervisi yang efektif. Padahal, supervisi akademik memiliki peran strategis dalam membina profesionalisme guru dan meningkatkan kualitas pengajaran berbasis nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik di MTsN 6 Jombang, menganalisis keterkaitannya dengan peningkatan mutu pembelajaran, serta mengidentifikasi hambatan dan solusi yang muncul selama proses supervisi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretatif dan jenis studi kasus intrinsik. Data dikumpulkan selama tiga bulan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilaksanakan secara sistematis dan kolaboratif mampu meningkatkan kreativitas guru dalam menyusun RPP, mendorong penggunaan media pembelajaran interaktif, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi supervisi, pelatihan berkelanjutan bagi guru dan supervisor, serta penguatan budaya reflektif berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk memastikan keberlanjutan peningkatan mutu pembelajaran di madrasah</em></p> Weni Amiwati, Muhammad Al-Fatih Copyright (c) 2025 Weni Amiwati, Muhammad Al-Fatih https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1415 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Konsep Pendidikan Perempuan Perspektif Al-Qur’an-Hadits dan Kaitannya dengan Pandangan para Tokoh Islam dalam Mendidik Anak Perempuan https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1442 <p>Pendidikan perempuan dalam Islam merupakan bagian integral dari sistem keilmuan yang menekankan kesetaraan, akhlak, dan tanggung jawab sosial. Meskipun Al-Qur’an dan Hadits telah menegaskan pentingnya ilmu bagi perempuan, praktik sosial masih menunjukkan ketimpangan akibat budaya patriarki dan salah tafsir ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan perempuan dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits serta mengaitkannya dengan pemikiran tokoh Islam seperti KH. Hasyim Asy’ari dan M. Quraish Shihab. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an, hadits, dan karya-karya ilmiah untuk menafsirkan kedudukan perempuan dalam pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa Islam menempatkan perempuan sebagai subjek aktif pendidikan, yang bertugas membangun generasi beriman, berilmu, dan berakhlak. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan perempuan tidak sekadar hak, melainkan strategi peradaban untuk membentuk masyarakat Muslim yang adil dan berkemajuan.</p> M. Multazami, Khorilia Ramadhani, Ahmad Yusam Thobroni Copyright (c) 2025 M. Multazami, Khorilia Ramadhani, Ahmad Yusam Thobroni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1442 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Etika Anak di Sekolah Darul Aman La’al, Thailand Selatan https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1466 <p><em>Penggunaan media sosial yang tidak terkontrol sejak usia dini telah menjadi tantangan baru dalam pembentukan karakter anak, khususnya dalam aspek etika seperti sopan santun, kejujuran, dan pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap etika anak-anak sekolah dasar di Sekolah Darul Aman La’al, Thailand Selatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei dan teknik simple random sampling terhadap 30 siswa. Instrumen berupa angket tertutup dengan skala Likert empat poin telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji r hitung dan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel, serta terdapat hubungan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan penurunan kualitas etika anak. Anak-anak yang menggunakan media sosial secara intensif menunjukkan kecenderungan kehilangan batasan sopan santun, kontrol diri yang lemah, serta meniru perilaku negatif dari dunia maya. Sebaliknya, penggunaan yang dibatasi dan didampingi memberikan dampak yang lebih positif. Temuan ini menunjukkan pentingnya literasi digital etis dan keterlibatan aktif keluarga serta sekolah dalam membentuk karakter anak di era digital</em></p> Miss Fatihah Saman, Agus Sutiono Copyright (c) 2025 Miss Fatihah Saman, Agus Sutiono https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1466 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Model dan Tahapan Penelitian Kuantitatif: Pendekatan Teoretis dan Praktis dalam Kajian Pendidikan https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1494 <p>Penelitian kuantitatif merupakan pendekatan ilmiah yang berkembang pesat dalam studi pendidikan dan ilmu sosial karena menawarkan keunggulan dalam hal objektivitas, pengukuran numerik, dan generalisasi hasil. Kajian ini disusun untuk mengulas secara teoritis mengenai konsep, karakteristik, model, tahapan, serta teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang bersifat deskriptif-analitis dengan sumber data berupa buku, jurnal ilmiah, dan dokumen relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa model penelitian kuantitatif mencakup survei, eksperimen, korelasional, dan kausal-komparatif, masing-masing dengan keunggulan metodologis tersendiri. Tahapan penelitian yang sistematis dan penggunaan instrumen terstandar seperti angket dan observasi terstruktur menjadi ciri khas dari pendekatan ini. Implikasi dari kajian ini memberikan pemahaman konseptual yang utuh bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti dalam menyusun desain penelitian kuantitatif yang valid, andal, dan dapat dijadikan rujukan akademik di bidang pendidikan</p> Dela Fahiran Pandiangan, Meyniar Albina Copyright (c) 2025 Dela Fahiran Pandiangan, Meyniar Albina https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1494 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Dekadensi Akhlak Anak terhadap Orang Tua: Refleksi Pendidikan Akhlak di Tengah Ledakan Teknologi https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1524 <p>Kemajuan teknologi digital telah membawa dampak signifikan terhadap perilaku anak, terutama dalam interaksi mereka dengan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara reflektif fenomena dekadensi akhlak anak terhadap orang tua sebagai konsekuensi dari penggunaan teknologi digital yang tidak terarah, serta menyoroti pentingnya pendidikan akhlak sebagai langkah strategis pencegahan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini melalui metode studi pustaka dengan menganalisis 20 literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengawasan orang tua, lemahnya literasi digital, dan absennya integrasi nilai-nilai moral dalam penggunaan teknologi menjadi penyebab utama lunturnya sikap hormat dan kepatuhan anak. Namun demikian, pendidikan akhlak yang terstruktur, literasi digital yang beretika, serta kolaborasi antara sekolah dan keluarga terbukti mampu meminimalkan dampak negatif teknologi digital terhadap karakter anak. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pendidikan moral berbasis kolaboratif menjadi kebutuhan mendesak dalam menghadapi tantangan moral era digital.</p> Laila Dzikra, Siti Masyithoh Copyright (c) 2025 Laila Dzikra, Siti Masyithoh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1524 Fri, 04 Jul 2025 00:00:00 +0700 Adab Guru dan Murid sebagai Refleksi Akhlak Islami: Implikasi terhadap Pembentukan Lingkungan Belajar Beretika https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1508 <p><em>Pendidikan Islam menempatkan adab sebagai elemen sentral dalam proses pembentukan manusia yang utuh, melampaui sekadar transfer pengetahuan menuju pembinaan akhlak dan spiritualitas yang mendalam. Dalam konteks hubungan guru dan murid, adab bukan hanya cerminan sopan santun, tetapi juga menjadi manifestasi dari nilai-nilai akhlak Islami yang menghidupkan suasana belajar yang beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep adab dalam interaksi guru dan murid serta mengeksplorasi implikasinya terhadap terbentuknya lingkungan belajar yang harmonis, etis, dan spiritual di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan, memanfaatkan sumber primer seperti Al-Qur’an, hadis, dan karya ulama klasik, serta literatur sekunder terkait pendidikan karakter dan etika pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai adab dalam praktik pendidikan mampu memperkuat relasi guru-murid, menciptakan iklim kelas yang inklusif dan bermartabat, serta membentuk budaya sekolah yang berkarakter. Temuan ini merekomendasikan pentingnya sistematisasi internalisasi nilai adab dalam kurikulum, pelatihan guru, dan budaya kelembagaan guna membangun generasi yang unggul secara intelektual dan berkepribadian luhur</em></p> Naila Agista Shahara, Siti Masyithoh Copyright (c) 2025 Naila Agista Shahara, Siti Masyithoh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1508 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700 Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru di MTS At-Taufiq Bogem https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1528 <p><em>Kualitas pembelajaran di madrasah sangat ditentukan oleh kompetensi dan kinerja guru, yang perlu ditingkatkan secara berkelanjutan melalui supervisi akademik. Supervisi ini tidak hanya berfungsi sebagai pengawasan administratif, tetapi juga sebagai sarana pembinaan profesional yang menekankan pada penguatan kapasitas pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan supervisi akademik di MTs At-Taufiq Bogem dan kontribusinya terhadap peningkatan kinerja guru. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi dilakukan secara adaptif dengan melibatkan tim kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan guru senior untuk mengakomodasi konteks sosial madrasah. Supervisi berdampak positif dalam mendorong inovasi pembelajaran dan peningkatan profesionalisme guru, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan literasi digital dan resistensi sebagian guru terhadap evaluasi. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya penguatan strategi supervisi yang berbasis konteks dan kolaboratif untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan pesantren</em></p> Riki Romansyah, Moh. Syamsul Falah Copyright (c) 2025 Riki Romansyah, Moh. Syamsul Falah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1528 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700 Peran Akhlak Dalam Membangun Keharmonisan Rumah Tangga Pada Era Modernisasi Moral https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1511 <p><em>Modernisasi moral dan perubahan sosial yang terjadi secara masif telah memengaruhi tatanan kehidupan rumah tangga, termasuk dalam hal nilai dan pola interaksi antarpasangan. Akhlak dalam hal ini tidak sekadar menjadi norma etis, melainkan menjadi fondasi utama dalam membangun keharmonisan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran akhlak dalam membangun rumah tangga yang harmonis di tengah tantangan modernisasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi pustaka, penelitian ini menelaah secara tematik dan interpretatif berbagai referensi ilmiah terkait moralitas, relasi keluarga, serta pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak seperti kejujuran, kesabaran, kasih sayang, dan tanggung jawab memainkan peran adaptif dalam mengelola konflik, membentuk komunikasi yang sehat, serta memperkuat spiritualitas keluarga. Temuan ini menegaskan bahwa akhlak merupakan strategi kultural dan spiritual yang relevan dalam menjaga stabilitas rumah tangga di tengah dinamika kehidupan modern. Pendidikan akhlak berbasis keluarga perlu dikuatkan sebagai benteng moral menghadapi arus individualisme dan disintegrasi sosial</em></p> Laili Qotrunnada, Siti Masyithoh Copyright (c) 2025 Laili Qotrunnada, Siti Masyithoh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1511 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Hadanah Darussalam https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1578 <p><em>Minat belajar siswa yang rendah terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan tantangan serius dalam dunia pendidikan, khususnya di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Hadanah Darussalam. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan 52 responden dari 260 populasi siswa kelas VII yang dipilih melalui random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran interaktif dengan minat belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.556 dan nilai signifikansi 0.000. Temuan ini mengindikasikan bahwa media interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran SKI direkomendasikan sebagai strategi pedagogis yang relevan dalam menjawab tantangan modernisasi pendidikan agama Islam di era digital</em></p> Samarotul Silmi, Miftahir Rizqa, Aditya, Ainur Rafiq Copyright (c) 2025 Samarotul Silmi, Miftahir Rizqa, Aditya, Ainur Rafiq https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1578 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Lingkungan Pesantren Terhadap Kemandirian Belajar Santri Usia 7-12 Tahun di Pesantren Abdul Hadi https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1575 <p>Pesantren memainkan peran sentral dalam membentuk karakter dan kemandirian santri sejak usia dini. Lingkungan fisik, sosial, dan spiritual yang khas di pesantren menjadi faktor penting dalam membentuk perilaku belajar yang mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lingkungan pesantren terhadap kemandirian belajar santri usia 7–12 tahun di Pesantren Abdul Hadi Ngudirejo Jombang. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian <em>ex post facto</em> tipe korelasional digunakan dalam studi ini, dengan sampel sebanyak 92 santri yang diambil melalui teknik <em>sampling jenuh</em>. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dan observasi terstruktur, serta dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan pesantren dan kemandirian belajar santri (r = 0,540; p &lt; 0,001). Lingkungan pesantren terbukti mampu membentuk sikap belajar mandiri melalui pembiasaan, keteladanan, serta pembinaan spiritual yang konsisten. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan lingkungan pendidikan berbasis nilai dalam pembentukan karakter anak usia dini</p> M. Zaka Marzuki, Siti rofi'ah Copyright (c) 2025 M. Zaka Marzuki, Siti rofi'ah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1575 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700 Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Dalam Pengembangan Potensi Siswa Non Akademik di MTS Negeri 6 Jombang https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1596 <p>Manajemen bimbingan dan konseling (BK) memegang peran strategis dalam mendukung perkembangan peserta didik, khususnya dalam aspek non-akademik yang mencakup minat, bakat, dan kepribadian. Namun, pada praktiknya, dimensi non-akademik masih sering terabaikan di institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen BK dalam mengembangkan potensi siswa non-akademik di MTs Negeri 6 Jombang. Metode yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen BK dilaksanakan secara sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi, serta menggunakan pola layanan BK 17. Pelibatan aktif guru BK, wali kelas, kepala madrasah, dan orang tua menjadi faktor kunci keberhasilan program ini. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya layanan BK yang terstruktur dan kolaboratif dalam menciptakan ruang tumbuh bagi siswa secara holistik, terutama dalam konteks pendidikan Islam</p> Sarpani Rahman, Moh. Syamsul Falah Copyright (c) 2025 Sarpani Rahman, Moh. Syamsul Falah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1596 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700 Upaya Strategis Peningkatan Mutu Pendidikan Berkelanjutan Melalui Quality Assurance di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1590 <p>Penerapan <em>quality assurance </em>bertujuan untuk memastikan bahwa lembaga pendidikan mampu memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, baik dari segi kurikulum, sarana prasarana, maupun kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji penerapan <em>Quality Assurance</em> di Lembaga Pendidikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (<em>library research</em>), di mana data diperoleh dari berbagai sumber literatur, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan <em>quality assurance </em> <em> </em> di lembaga pendidikan Islam, khususnya dalam konteks madrasah, memiliki dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penerapan sistem penjaminan mutu internal di madrasah yang diatur oleh Standar Nasional Pendidikan dan implementasi BAN-S/M berhasil meningkatkan akuntabilitas, efisiensi manajemen, serta kualitas pengajaran. Penerapan <em>quality assurance</em> secara konsisten juga membantu meningkatkan reputasi lembaga pendidikan di mata masyarakat serta memperkuat daya saing lulusan di tingkat nasional dan internasional</p> Moh Hanif Adzhar, Muhamad Yasin Copyright (c) 2025 Moh Hanif Adzhar, Muhamad Yasin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/1590 Sat, 05 Jul 2025 00:00:00 +0700