http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/issue/feed QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 2025-11-20T21:15:29+07:00 Dr (Cand) Hasan Syahrizal, M.Pd. ejournal@yayasanpendidikandzurriyatulquran.id Open Journal Systems <p>E-ISSN 2987-713X P-ISSN 3025-5163 Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal akses terbuka yang ditinjau oleh rekan sejawat yang mengikuti kebijakan double blind review. Artikel ilmiah dalam QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial &amp; Humaniora merupakan hasil penelitian orisinil, gagasan konseptual, dan kajian mutakhir dalam lingkup; Ilmu Pendidikan, Ekonomi Islam, Manajemen, Studi Agama, Filsafat, Hukum dan penelitian yang relevan.</p> http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2030 Manajemen Kinerja Pengurus dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bahrul Ulum Jombang 2025-08-29T13:20:22+07:00 Mochammad Ludzna Bika Jauhari ludznabika14@gmail.com Ach. Saifullah achsaifullah99@gmail.com <p>Manajemen kinerja pengurus menjadi faktor kunci yang menentukan efektivitas pembinaan karakter santri di pesantren, namun aspek ini sering terabaikan dalam studi manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana praktik manajemen kinerja pengurus memengaruhi pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk menggali data dari pengasuh, pengurus, dan santri melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dilakukan secara visioner dan kolaboratif, pengorganisasian bersifat hierarkis-partisipatif, pelaksanaan yang konsisten melalui keteladanan dan pengawasan harian, serta pengendalian kinerja berbasis evaluasi berkelanjutan. Pola tersebut menghasilkan internalisasi nilai disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian yang nyata pada diri santri. Temuan ini menegaskan bahwa manajemen kinerja pengurus berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter santri melalui tata kelola yang integratif antara fungsi manajerial dan nilai spiritual</p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Mochammad Ludzna Bika Jauhari, Ach. Saifullah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2202 Pengaruh Tenologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Tahun 2017 - 2022 2025-09-23T15:13:11+07:00 Destri Kafinas destri.kafinas@gmail.com Shofwan Shofwan destri.kafinas@gmail.com <p><em>Kemajuan TIK yang semakin pesat dianggap mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini mengkaji pengaruh teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2017 hingga 2022 dengan fokus pada ketimpangan akses dan literasi digital di berbagai daerah. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana TIK, termasuk pengguna internet dan telepon seluler, berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan mengidentifikasi tantangan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi data panel. Data sekunder dikumpulkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan mencakup variabel pengguna internet, pengguna telepon seluler, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK), dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB). Hasil analisis menunjukkan bahwa pengguna telepon seluler berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sementara pengguna internet memiliki pengaruh negatif. Selain itu, TPAK dan PMTB juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. TIK memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, terutama melalui pengguna telepon seluler. Tantangan seperti ketimpangan akses dan literasi digital perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi TIK dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di Indonesia.</em></p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Destri Kafinas, Shofwan Shofwan http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2172 Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Social Capital terhadap Marketing Performance dengan Competitive Advantage sebagai Variabel Intervening 2025-09-19T15:27:23+07:00 Bertha Silvia Nyatie berthasilvia30@gmail.com <p><em>UMKM klaster amplang di Kota Samarinda memiliki potensi ekonomi lokal yang besar, namun masih menghadapi kendala dalam kinerja pemasaran akibat terbatasnya inovasi dan jaringan sosial antar pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh entrepreneurial marketing dan social capital terhadap marketing performance dengan competitive advantage sebagai variabel intervening. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui penyebaran kuesioner kepada 25 responden dengan teknik purposive sampling, dan data diolah menggunakan SPSS 27 melalui metode path analysis, uji t, dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa entrepreneurial marketing dan social capital tidak berpengaruh signifikan terhadap competitive advantage maupun marketing performance, sedangkan competitive advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap marketing performance. Hal ini menunjukkan bahwa daya saing yang kuat menjadi kunci peningkatan kinerja pemasaran. Secara implikatif, penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan strategi kewirausahaan dan modal sosial sebagai landasan dalam menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan pada sektor usaha mikro kecil di Kota Samarinda</em></p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Bertha Silvia Nyatie http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2484 Upaya Guru PAI Memotivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Gumelar 2025-10-23T07:51:55+07:00 Khilmayatus Sovia khilmasovia03@gmail.com Fauzi Fauzi fauzi@uinsaizu.ac.id <p><em>Motivasi belajar merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan peserta didik dalam memahami dan menguasai materi pelajaran, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Fenomena rendahnya motivasi belajar yang disebabkan oleh metode pembelajaran monoton mendorong guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi strategis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Gumelar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan secara fleksibel melalui diferensiasi konten, proses, dan produk yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan siswa. Strategi ini terbukti menumbuhkan semangat belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, serta membangun suasana belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat dijadikan pendekatan efektif untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran PAI di era Kurikulum Merdeka</em></p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Khilmayatus Sovia, Fauzi Fauzi http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2261 Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Teknisi Assurance PT Telkom Akses Witel Bandung 2025-10-01T05:42:15+07:00 Taufik Ismail taufikismail420@gmail.com Sheila Kurnia Putri taufikismail420@gmail.com <p><em>Kinerja teknisi assurance memiliki peran krusial dalam menjaga kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Pelatihan yang efektif dan motivasi yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja teknisi assurance di PT Telkom Akses Witel Bandung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penilaian instrumen penelitian menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Sampling. Pengujian data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan motivasi secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja teknisi assurance. Pelatihan yang terstruktur dan relevan dengan tugas-tugas teknisi, serta motivasi yang tinggi, terbukti mampu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas kerja. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan untuk terus meningkatkan program pelatihan dan menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi, guna meningkatkan kinerja teknisi assurance dan pada akhirnya meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan</em></p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Taufik Ismail, Sheila Kurnia Putri http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2467 Literatur Review Tentang Sumber Konflik: Analisis Pola Dan Tingkatan Konflik Pada Organisasi, Pendidikan, Dan Politik 2025-10-22T00:47:31+07:00 Siti Nur Nabila zasalsabilla6@gmail.com Muhammad Shofil Himam shofilhimam24@gmail.com Muhammad Gildan Akmal mr.ghildan1304@gmail.com Muhammad Fadhil Sobhirin Mubarok fadhilshobirin7@gmail.com Mu`alimin Mu`alimin mualimin@uinkhas.ac.id <p>Konflik merupakan fenomena sosial yang tidak dapat dihindari karena muncul dari perbedaan kepentingan, distribusi sumber daya, serta komunikasi yang tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penelitian terdahulu mengidentifikasi sumber dan tingkatan konflik dalam berbagai konteks sosial, politik, dan pendidikan. Metode yang digunakan adalah literature review melalui penelusuran artikel di Google Scholar dan Publish or Perish (PoP) dengan kata kunci “sumber konflik.” Dari 20 artikel yang teridentifikasi pada rentang tahun 2019–2025, diperoleh 5 artikel relevan yang dianalisis berdasarkan kriteria kesesuaian tema dan konteks. Hasil kajian menunjukkan bahwa sumber konflik terbagi atas faktor struktural (ketimpangan sosial, perebutan sumber daya), kultural (perbedaan nilai, agama, etnis), dan interpersonal (hubungan antarindividu dalam organisasi). Tingkatan konflik berkembang dari fase laten hingga resolusi, tergantung pada konteks dan aktor yang terlibat. Secara keseluruhan, konflik merupakan fenomena multidimensi yang membutuhkan pendekatan kontekstual dalam penyelesaiannya</p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Siti Nur Nabila, Muhammad Shofil Himam, Muhammad Gildan Akmal, Muhammad Fadhil Sobhirin Mubarok, Mu`alimin Mu`alimin http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2510 Isu Yurisdiksi Dan Pilihan Hukum Dalam Sengketa Harta Gono-Gini Perkawinan Campuran 2025-10-24T21:41:08+07:00 Sabrina Adelia Febriyanti sabrinaadeliaf@gmail.com Zelika Siti Rahma zelikasr@gmail.com Elfa Awalnia Moenek elfaawalnia2006@gmail.com Zahra Maharani Mulyana maharanizahra16@gmail.com Florentia Febyandani Titu ffebyandani@gmail.com Yenny Febrianty yenny.febrianty@unpak.ac.id <p>Fenomena perkawinan campuran internasional menandai dinamika global yang mempertemukan dua sistem hukum berbeda dalam satu ikatan pernikahan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isu yurisdiksi dan pilihan hukum dalam sengketa harta gono-gini pada perkawinan campuran antara Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA), serta merumuskan arah reformasi hukum perdata internasional di Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif dengan pendekatan komparatif terhadap berbagai sumber hukum nasional dan internasional, termasuk konvensi dan praktik peradilan lintas negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan sistem hukum antarnegara sering menimbulkan ketidakpastian yurisdiksi dan konflik hukum dalam penyelesaian sengketa harta bersama, terutama ketika tidak terdapat perjanjian perkawinan yang jelas. Temuan ini menegaskan perlunya kodifikasi hukum perdata internasional Indonesia yang mandiri dan harmonisasi dengan konvensi internasional guna memperkuat perlindungan hukum bagi pasangan antarnegara dan mewujudkan kepastian hukum yang berkeadilan</p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sabrina Adelia Febriyanti, Zelika Siti Rahma, Elfa Awalnia Moenek, Zahra Maharani Mulyana, Florentia Febyandani Titu, Yenny Febrianty http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2512 Relevansi Teori Hukum Murni Hans Kelsen Dengan Pendekatan Sosiologi Hukum Dalam Memahami Efektivitas Hukum di Indonesia 2025-10-24T21:47:54+07:00 Sabrina Adelia Febriyanti sabrinaadeliaf@gmail.com Zelika Siti Rahma zelikasr@gmail.com Elfa Awalnia Moenek elfaawalnia2006@gmail.com Zahra Maharani Mulyana maharanizahra16@gmail.com Florentia Febyandani Titu ffebyandani@gmail.com Yenny Febrianty yenny.febrianty@unpak.ac.id <p>Hukum hanya akan bermakna ketika ia tidak berhenti sebagai norma tertulis, tetapi hidup dan bekerja di tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi Teori Hukum Murni Hans Kelsen dengan pendekatan Sosiologi Hukum dalam memahami efektivitas hukum di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan yang menelaah teori normatif dan sosiologis hukum melalui sumber-sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori Hukum Murni memberikan landasan konseptual bagi keabsahan hukum melalui sistem hierarki norma (<em>Stufenbautheorie</em>) dan konsep <em>Grundnorm</em>, namun memiliki keterbatasan dalam menjelaskan keberlakuan hukum dalam realitas sosial. Sebaliknya, pendekatan Sosiologi Hukum mampu mengisi kesenjangan tersebut dengan menyoroti pengaruh budaya hukum, kesadaran masyarakat, dan dinamika sosial terhadap efektivitas hukum. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara pendekatan normatif dan empiris dalam merumuskan sistem hukum yang responsif, adil, dan kontekstual dengan kehidupan sosial masyarakat Indonesia</p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sabrina Adelia Febriyanti, Zelika Siti Rahma, Elfa Awalnia Moenek, Zahra Maharani Mulyana, Florentia Febyandani Titu, Yenny Febrianty http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2271 Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Adat Desa Talang Segegah Dalam Persepektif Hukum Islam 2025-10-02T10:38:56+07:00 Suci Sri Wahyuni hilmiabul469@gmail.com <p><em>Fenomena pembagian warisan yang memberi bagian lebih besar kepada anak perempuan dibandingkan laki-laki di Desa Talang Segegah mencerminkan adanya ketegangan antara nilai adat dan prinsip hukum Islam yang menekankan keseimbangan hak waris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pembagian harta waris menurut hukum adat Desa Talang Segegah dalam perspektif hukum Islam, dengan fokus pada praktik matrilineal yang masih lestari di tengah masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali data primer dan sekunder dari tokoh adat, masyarakat, serta literatur hukum waris Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pewarisan di Desa Talang Segegah bersifat matrilineal, di mana anak perempuan menjadi penerus garis keturunan ibu dan memperoleh bagian warisan lebih besar, sedangkan anak laki-laki berperan sebagai pengelola harta keluarga. Meskipun praktik ini tidak sepenuhnya sesuai dengan ketentuan faraidh dalam hukum Islam, masyarakat menilainya sebagai bentuk keadilan berdasarkan nilai kebersamaan dan keseimbangan sosial. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya dialog antara hukum adat dan hukum Islam agar prinsip keadilan dan kemaslahatan dapat berjalan harmonis dalam konteks sosial masyarakat lokal</em></p> <p> </p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Suci Sri Wahyuni http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2158 Respon Russia Terhadap Sanksi Ekonomi Uni Eropa PadaTahun 2022 2025-09-18T17:06:57+07:00 Bisma Herliawan 1811102434045@umkt.ac.id M. Dziqie Aulia Al-Farauqi mdaa343@umkt.ac.id Gilang Mukti Rukmana gmr651@umkt.ac.id <p>Kebijakan sanksi ekonomi terhadap Rusia menjadi salah satu episode paling kompleks dalam dinamika politik global modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon Rusia terhadap sanksi ekonomi Uni Eropa pada tahun 2022 yang muncul akibat invasi ke Ukraina serta membandingkannya dengan pola kebijakan tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan sumber data sekunder berupa laporan resmi, jurnal ilmiah, dan publikasi kredibel lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rusia melakukan transformasi ekonomi yang signifikan melalui kebijakan proteksionisme, diversifikasi pasar non-Barat, peningkatan investasi pertanian nasional, dan penguatan sistem pembayaran domestik untuk mengimbangi tekanan global. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa sanksi ekonomi tidak selalu efektif dalam melemahkan suatu negara, melainkan dapat mendorong terbentuknya tatanan ekonomi multipolar yang lebih adaptif terhadap tekanan geopolitik</p> 2025-11-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Bisma Herliawan, M. Dziqie Aulia Al-Farauqi, Gilang Mukti Rukmana http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2469 Manajemen Konflik dalam Ranah Sosial dan Pendidikan: Sintesis Literatur tentang Penyebab, Dinamika, dan Strategi Penyelesaian 2025-10-22T10:53:04+07:00 Refy Eka Yuni Saputra refyeka01@gmail.com Laily Asfiatul Ahadiyah lailylumajang993@gmail.com Dwi Ayu Hamdana hamdanadwiayu@gmail.co Mualimin mualimin@uinkhas.ac.id <p><em>Konflik adalah interaksi kompleks antara struktur sosial, dinamika individu, dan institusi yang memengaruhi stabilitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana konflik dipahami melalui perspektif literatur, apa saja faktor penyebabnya, serta strategi manajemen yang ditawarkan. Metode yang digunakan adalah literature review sistematik dengan penelusuran artikel melalui database akademik menggunakan kata kunci konflik sosial, konflik batin, manajemen konflik, dan strategi penyelesaian. Dari 20 artikel yang diperoleh, 18 artikel diseleksi sesuai kriteria inklusi dan dianalisis secara tematik.Hasil kajian menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, konflik sosial sering bersumber dari ketimpangan struktural, perebutan sumber daya, dan kepentingan politik lokal. Kedua, konflik batin individu tercermin dalam kajian sastra yang mengungkap dinamika psikologis, identitas, dan pergulatan nilai. Ketiga, strategi manajemen konflik menekankan komunikasi efektif, mediasi, serta pendekatan multi-segi dalam organisasi maupun pendidikan. Kesimpulannya, konflik tidak dapat dipahami secara tunggal, melainkan hasil interaksi faktor sosial, psikologis, dan manajerial. Riset selanjutnya diarahkan pada integrasi pendekatan interdisipliner serta pengembangan model penyelesaian konflik yang adaptif terhadap konteks lokal</em></p> 2025-11-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Refy Eka Yuni Saputra, Laily Asfiatul Ahadiyah, Dwi Ayu Hamdana http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2647 Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame Pada Materi Qurban Dan Aqiqah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa 2025-11-05T15:45:41+07:00 Rita Juliawati juliawati080704@gmail.com Jasiah Jasiah jasiah@uin-palangkaraya.ac.id <p><em>Penelitian ini dilaksanakan sebagai respon terhadap rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Fikih, khususnya pada materi qurban dan aqiqah yang selama ini masih didominasi metode ceramah. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengembangan boardgame “Board of Knowledge” yang secara khusus dirancang untuk menyajikan materi qurban dan aqiqah dalam bentuk permainan edukatif yang interaktif. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&amp;D) dengan model 4D yang dibatasi pada tahap Define, Design, dan Develop, melibatkan 34 siswa kelas IX MTs Terpadu Berkah Palangkaraya. Hasil validasi ahli mencapai 85% yang menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, sementara respons siswa sebesar 88,75% menggambarkan peningkatan minat, motivasi, dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa boardgame dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk memperkuat pengalaman belajar Fikih. Secara praktis, media ini dapat digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih partisipatif, sedangkan secara akademik penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan media berbasis permainan dalam mata pelajaran Fikih</em></p> 2025-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Rita Juliawati, Jasiah Jasiah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2659 Pengembangan Media Flashcard Digital Interaktif Pada Pelajaran Fiqih Materi Thaharah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah Tsanawiyah 2025-11-06T19:22:19+07:00 Muhammad Jarir jarir2905@gmail.com Jasiah Jasiah jasiah@uin-palangkaraya.ac.id <p><em>Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran flashcard digital interaktif pada mata pelajaran Fiqih materi Thaharah untuk meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Tsanawiyah terhadap konsep bersuci. Menggunakan pendekatan Research and Development (R&amp;D) dengan model ADDIE, penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi, yaitu 92% dari ahli materi dan 88% dari ahli media. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 63,2 menjadi 86,4 dengan gain score 0,72 (kategori tinggi). Peningkatan ini menegaskan bahwa interaktivitas visual dan fitur kuis pada flashcard digital mampu memperkuat pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural siswa dalam praktik bersuci. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi metode flashcard dengan teknologi interaktif yang mengubah pembelajaran Fiqih dari model hafalan menuju pembelajaran berbasis eksplorasi dan pengalaman digital. Implikasi praktisnya, media ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga menumbuhkan motivasi dan partisipasi aktif siswa serta menjadi alternatif inovatif bagi guru dalam mengimplementasikan transformasi digital di madrasah</em></p> 2025-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Muhammad Jarir, Jasiah Jasiah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2700 Pengambangan Bahan Ajar Berbasis Vidio Pada Materi Sholat Jum’at di Madrasah Tsanawiyah 2025-11-09T21:31:57+07:00 Muhammad Rizal muhammadrizaal54@gmail.com Jasiah Jasiah jasiah@iain-palangkaraya.ac.i <p><em>Kelemahan pembelajaran Fikih yang masih bergantung pada ceramah dan buku teks mendorong perlunya inovasi digital yang mampu menghadirkan pengalaman belajar lebih menarik, holistik, dan selaras dengan kebutuhan pemahaman kognitif serta praktik ibadah siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis video pada materi Sholat Jumat dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&amp;D) model Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap: analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, validasi, uji coba terbatas, dan revisi produk. Subjek penelitian terdiri dari satu guru Fiqih dan 20 siswa kelas VIII. Hasil menunjukkan bahan ajar berbasis video dinyatakan sangat layak dengan rata-rata validasi ahli 86,7% serta respons siswa 89%. Temuan penelitian mengungkap bahwa visualisasi langkah-langkah ibadah melalui video tidak hanya meningkatkan minat belajar, tetapi juga memperkuat pemahaman prosedural Sholat Jumat secara lebih akurat dibanding pembelajaran tekstual. Media video terbukti menjembatani kesenjangan antara teori Fiqih dan praktik ibadah, serta mendorong pembelajaran mandiri siswa di era digital. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar video dapat menjadi alternatif strategis bagi guru Fiqih dalam pembelajaran digital, terutama pada materi ibadah yang menuntut demonstrasi langsung</em></p> 2025-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Muhammad Rizal, Jasiah Jasiah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2701 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Jual Beli (Muamalah) 2025-11-09T23:07:45+07:00 Sri Fatmawati fatmawatys988@gmail.com Jasiah Jasiah jasiah@uin-palangkaraya.ac.id <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih yang masih cenderung berfokus pada ceramah sehingga siswa kurang terlibat, khususnya pada materi Jual Beli (Muamalah). Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Wordwall yang dapat menghadirkan proses belajar yang lebih menarik, interaktif, dan memberi ruang partisipasi siswa di MTs Terpadu Berkah Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Hasil penilaian para ahli menunjukkan bahwa media Wordwall memperoleh kelayakan sebesar 86,75% dan termasuk kategori sangat layak. Sementara itu, uji coba kepada siswa menghasilkan respon positif 87,75% yang mencerminkan adanya peningkatan keterlibatan dan keaktifan selama pembelajaran berlangsung. Temuan ini menunjukkan bahwa Wordwall tidak hanya memenuhi standar kelayakan, tetapi juga efektif mendukung pembelajaran Fiqih yang membutuhkan pemahaman konsep melalui aktivitas yang lebih menyenangkan dan partisipatif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media digital pada pembelajaran PAI, khususnya Fiqih Muamalah, dengan menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih adaptif dan mampu mendorong partisipasi aktif siswa</em></p> 2025-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sri Fatmawati, Jasiah Jasiah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2821 Pelaksanaan Layanan Khusus Ekstrakurikuler sebagai Upaya Pengembangan Potensi dan Karakter Siswa 2025-11-17T08:20:38+07:00 Ilun Muallifah ilunmuallifah@gmail.com Zakiyatul Fitriyah zakiyatulfitriyah18@gmail.com Laila Syafira Nisak lailasyafiraaa@gmail.com Elsa Aurelia Oktaviani elsaaurelio77@gmail.com Dwi Okta Anggraini dwiioktaaaa@gmail.com Bilqis Soraya Devy bilqissorayadevy05@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan layanan khusus ekstrakurikuler sebagai strategi pengembangan potensi dan pembentukan karakter peserta didik di SDN Ketintang 1 Surabaya. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi, penelitian ini menyoroti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta dukungan berbagai pihak membentuk pola layanan ekstrakurikuler yang efektif. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa layanan ekstrakurikuler tidak hanya berfungsi sebagai kegiatan pengayaan, tetapi juga memberikan dampak signifikan berupa peningkatan disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kepercayaan diri, serta kemampuan siswa dalam mengenali dan mengembangkan minat serta bakat mereka. Kebaruan penelitian ini terletak pada pemetaan proses operasional layanan secara menyeluruh, mulai dari strategi pembinaan, mekanisme koordinasi, hingga bentuk evaluasi yang sebelumnya belum terdokumentasi pada konteks sekolah dasar ini. Hasil penelitian menegaskan bahwa dukungan guru, sekolah, dan orang tua menjadi faktor determinan keberhasilan layanan meskipun terdapat kendala fasilitas dan waktu. Secara praktis, penelitian ini memberikan implikasi bagi sekolah untuk memperkuat manajemen ekstrakurikuler dan membangun kolaborasi berkelanjutan demi terciptanya lingkungan pendidikan yang adaptif dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik</em></p> 2025-11-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Ilun Muallifah, Zakiyatul Fitriyah, Laila Syafira Nisak, Elsa Aurelia Oktaviani, Dwi Okta Anggraini, Bilqis Soraya Devy http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2591 Analisa Kekosongan Hukum Pisah Ranjang Tanpa Perceraian Dalam Perkawinan 2025-10-31T10:10:31+07:00 Nia Laelatul Mafazah niamafaa@gmail.com Ali Maskur alimaskur@walisongo.ac.id <p><em>Pisah ranjang, atau hidup terpisah tanpa melalui proses perceraian resmi, merupakan fenomena sosial dan hukum yang penting, meskipun sering diabaikan, dalam kehidupan rumah tangga di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas secara mendalam bagaimana kerangka hukum HAM, yang meliputi Undang-Undang Dasar 1945 (Pasal 28B dan 28D), Undang-Undang Perkawinan, serta instrumen HAM internasional yang telah diratifikasi. Pendekatan penelitian ini adalah yuridis-normatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ketiadaan aturan dan sanksi hukum yang jelas mengenai akibat dari pisah ranjang de facto dalam hukum Indonesia merupakan celah hukum (legal vacuum). Celah ini tidak hanya masalah administratif, tetapi juga bentuk pelanggaran HAM yang tersembunyi dan terstruktur. Hal ini terjadi karena pihak yang lebih lemah secara ekonomi atau social biasanya istri tidak memiliki alat hukum yang memadai untuk memaksa suaminya memenuhi kewajiban yang berhenti secara faktual. Akibatnya, timbul penelantaran secara ekonomi dan psikologis tanpa ada putusan pengadilan yang bisa ditegakkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan intervensi legislatif atau yudikatif guna memastikan hak atas keadilan dan kepastian hukum bagi keluarga yang berada dalam kondisi perkawinan yang tidak berfungsi namun belum dibubarkan</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nia Laelatul Mafazah, Ali Maskur http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2856 Pembiasaan Nilai-Nilai Akhlak melalui Kegiatan Rutin Harian di PAUD Khalifah Al Fatih 2025-11-19T08:56:17+07:00 Putri Ramadhon 12310123250@students.uin-suska.ac.id Annisa 12310120700@students.uin-suska.ac.id Dhea Yuspi Anggina 12310120759@students.uin-suska.ac.id Syalum Syahrani 12310123265@students.uin-suska.ac.id Miftahir Rizqa miftahir.rizqa@uin-suska.ac.id <p><em>Penelitian ini berfokus pada pembiasaan nilai-nilai akhlak Islami melalui kegiatan rutin harian di PAUD/TK Khalifah Al Fatih. Pembentukan akhlak pada anak usia dini paling efektif ketika dilakukan melalui pengalaman sehari-hari yang autentik dan dilakukan secara berulang. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengimplementasikan model pembiasaan berbasis rutinitas yang terstruktur serta mengembangkan instrumen observasi sederhana untuk menilai perilaku akhlak anak setiap hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan salam, doa pagi, muroja’ah, antre, berbagi, merapikan barang, serta penggunaan kata tolong, maaf, dan terima kasih menjadi sarana efektif internalisasi nilai akhlak. Keteladanan guru menjadi faktor utama, diperkuat oleh suasana emosional yang hangat dan kolaborasi berkelanjutan dengan orang tua. Model ini terbukti efektif menumbuhkan sikap sopan santun, disiplin, empati, dan tanggung jawab pada anak. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembiasaan yang sistematis dapat diterapkan secara praktis dalam pendidikan anak usia dini untuk membangun dasar akhlak yang kuat</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Putri Ramadhon, Annisa, Dhea Yuspi Anggina, Syalum Syahrani , Miftahir Rizqa http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2586 Peran Pendidikan Islam dalam Menghadapi Globalisasi dan Mengatasi Krisis Moral 2025-10-31T07:53:56+07:00 Herlini Puspika Sari 12310122510@students.uin-suska.ac.id Muhammad Farhan 12310110729@students.uin-suska.ac.id Nanda Mulyani Pratiwi 12310122510@students.uin-suska.ac.id Risma Indriana 12310122155@students.uin-suska.ac.id <p><em>Penelitian ini mengkaji peran pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi dan krisis moral yang semakin nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana nilai dan prinsip pendidikan Islam dapat memberikan solusi konstruktif dalam memperkuat kesadaran etis dan integritas moral di tengah perubahan budaya global. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi pustaka, dengan menganalisis karya ilmiah dan dokumen yang relevan terkait pendidikan Islam, globalisasi, serta pembinaan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat nilai spiritual, menumbuhkan kesadaran etis, dan mempersiapkan peserta didik menghadapi pengaruh hegemoni budaya global. Selain itu, pendidikan Islam berkontribusi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, sikap adaptif, dan tanggung jawab moral yang diperlukan untuk menyeimbangkan modernitas dengan nilai keagamaan. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam bukan hanya sekadar proses transfer ilmu agama, tetapi juga kerangka holistik dalam pembentukan karakter, standar etika, dan ketahanan menghadapi perubahan global yang cepat. Dengan demikian, penguatan pendidikan Islam baik secara formal maupun nonformal sangat diperlukan untuk mencetak generasi yang mampu menjaga integritas moral sekaligus aktif berperan dalam dunia global.</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Herlini Puspika Sari, Muhammad Farhan, Nanda Mulyani Pratiwi, Risma Indriana http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2622 Dinamika Politik dan Peradaban Islam pada Masa Daulah Umayyah II di Al-Andalus (756–1492 M) 2025-11-03T14:59:04+07:00 Nur Ikhlas 22490124205@students.uin-suska.ac.id Syamruddin Nasution syamruddin.nst@uin-suska.ac.id <p>Makalah ini membahas sejarah dan perkembangan Daulah Umayyah II di Spanyol (Al-Andalus) sejak berdirinya pada tahun 756 M hingga keruntuhannya pada tahun 1492 M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses masuknya Islam ke Semenanjung Iberia, pembentukan pemerintahan Umayyah di bawah Abdurrahman ad-Dakhil, serta pencapaian politik, sosial, budaya, dan pendidikan pada masa Kekhalifahan Córdoba. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-historis dengan menelaah berbagai literatur tentang peradaban Islam di Al-Andalus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stabilitas politik, pemerintahan yang inklusif, dan tradisi pendidikan Islam yang kuat menjadikan Al-Andalus sebagai pusat peradaban dunia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan tumbuh pesat dalam masyarakat yang toleran dan multikultural. Namun, konflik internal, fragmentasi politik, serta tekanan dari Reconquista Kristen menyebabkan kemunduran dan keruntuhan kekuasaan Islam di Spanyol. Kesimpulannya, warisan Daulah Umayyah II di Al-Andalus menjadi contoh penting tentang harmonisasi antara iman, ilmu, dan kebudayaan.</p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nur Ikhlas, Syamruddin Nasution http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2638 Perlakuan Pajak Digital di Era Digitalisasi: Studi Kasus Kebijakan Pajak E-Commerce di Indonesia 2025-11-04T17:48:53+07:00 Muhammad Ainun Naza emhanaza@gmail.com Azwar Fariz Aldaufa emhanaza@gmail.com <p><em>Transformasi digital telah mengubah lanskap ekonomi global dan menimbulkan tantangan baru bagi sistem perpajakan nasional, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerangka hukum pajak digital dalam konteks e-commerce, mengevaluasi efektivitas kebijakan yang berlaku, serta menelaah implikasinya terhadap prinsip keadilan fiskal dan Hak Asasi Manusia (HAM). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode doktrinal melalui analisis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi pajak digital Indonesia, seperti Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) dan PMK No. 48/PMK.03/2020, telah menjadi dasar hukum penting namun belum sepenuhnya mampu menjawab karakteristik ekonomi digital yang lintas batas dan berbasis teknologi. Ketidaksinkronan regulasi, lemahnya kepastian hukum, serta keterbatasan kapasitas institusional menjadi hambatan utama dalam implementasi. Selain itu, integrasi aspek HAM dalam kebijakan pajak digital terutama terkait keadilan ekonomi, perlindungan privasi data, dan partisipasi publik belum optimal. Kesimpulan perlunya reformasi hukum pajak digital berbasis hak asasi dan teknologi agar tercipta sistem perpajakan yang adaptif, berkeadilan, dan berkelanjutan di era ekonomi digital</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Muhammad Ainun Naza, Azwar Fariz Aldaufa http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2654 Dilema Perilaku Merokok di Kawasan Tanpa Rokok Dan Jaminan Pemenuhan Hak Orang Lain 2025-11-06T10:53:36+07:00 Muhammad Haikal Fitranto haikal211haikal@gmail.com Meisyana Adinda Sufna meisyanasufna9622@gmail.com <p><em>Perilaku merokok di ruang publik merupakan prilaku yang berbenturan antara kebebasan individu yang di atur dalam perundang undangan dterhadap hak yang dimiliki orang lain. Prilaku merokok di area publik tidak jarang menimbulkan masalh masalah sosial seperti kesehatan Masyarakat yang menurun akibat paparan asap rokok serta kebersihan lingkungan akibat sampah dari sisa rokok yang sering di buang sembarangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui prilaku merokok sebagai wujud kekebasan berekspresi individu yang berpotensi dapat melanggar hak orang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi literatur terhadap peraturan-peraturan perundang undangan, hak asasi manusia dan kajian sosial mengenai prilaku merokok di ruang publik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa prilaku merokok di area publik menimbulkan pelanggaran terhadap hak orang lain, menurut pandangan orang yang tidak merokok (perokok pasif) mereka merasa terganggu oleh paparan asap rokok dan mereka (perokok pasif) tidak memilki pilihan untuk menghindari paparan asap rokok tersebut. Hal ini yang menarik penulis karena prilaku merokok di area publik jelas melanggar prinsip dasar hak asasi manusia yang di jamin dalam perundang undangan yang berlaku di Indonesia.</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Muhammad Haikal Fitranto, Meisyana Adinda Sufna http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2624 Perbandingan Prinsip Antara Undang-Undang Hak Asasi Manusia Dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia 2025-11-03T16:08:04+07:00 Nisma Ikrimatuz Zahra nismaaa2004@gmail.com Aulia Bintang Salsabilla Kurniawan auliabiintaang@gmail.com <p>Penelitian ini mengkaji kesesuaian antara hasil revisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dengan berbagai instrumen HAM universal yang telah diratifikasi Indonesia, sebagai upaya memastikan relevansi dan konsistensi regulasi nasional dengan standar global. Penelitian bertujuan menganalisis keselarasan substansi revisi undang-undang dengan kerangka internasional seperti UDHR, ICCPR, dan ICESCR melalui pendekatan yuridis normatif dan analisis perbandingan hukum. Temuan menunjukkan bahwa meskipun terdapat sejumlah perkembangan positif, masih terlihat ketidaksesuaian substantif terutama terkait perlindungan hak non-derogable, jaminan kebebasan sipil, serta mekanisme pemulihan yang efektif bagi korban pelanggaran HAM. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan harmonisasi antara norma nasional dan standar internasional untuk meningkatkan kepastian hukum, akuntabilitas negara, dan efektivitas perlindungan HAM di Indonesia.</p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nisma Ikrimatuz Zahra, Aulia Bintang Salsabilla Kurniawan http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2797 Desain Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Immersive Learning Di Era Society 5.0 2025-11-15T12:52:23+07:00 M.Qusyairi Abror sneul75@gmail.com Komarudin Sassi sassikomarudin@yahoo.com <p><em>Penelitian ini mengkaji desain arah baru pengembangan pendidikan Islam berbasis immersive learning di era Society 5.0. Tujuan utama penelitian berupaya menemukan model pembelajaran yang dapat mengintegrasikan nilai-nilai spiritual Islam dengan kemajuan teknologi digital agar lebih adaptif terhadap kebutuhan generasi alpha. Metode yang digunakan melalui studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap literatur terkait pendidikan Islam, immersive learning, dan generasi alpha era Society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa immersive learning berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menghadirkan pengalaman interaktif, kontekstual, dan bernuansa spiritual. Selain itu, peran guru mengalami pergeseran yaitu tidak hanya sekadar transformasi ilmu tetapi juga sebagai fasilitator, pembimbing, penguasaan IT sekaligus uswah bagi peserta didik. Kendala utama terletak pada infrastruktur, kompetensi digital guru, serta kesenjangan akses antar lembaga pendidikan. Dengan perencanaan strategis, dukungan kebijakan, dan pengembangan kapasitas pendidik, pendidikan Islam berbasis immersive learning dapat menjadi model inovatif sekaligus progresif di era Society 5.0.</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 M.Qusyairi Abror, Komarudin Sassi http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2789 Peran Pendidikan Islam di Era Kontemporer Dalam Menanamkan Nilai Akhlak Mulia Dan Membangun Karakter Gen Z di Era Disrupsi Moral 2025-11-14T22:24:42+07:00 M Taufik Ismail Siregar tsiregar267@gmail.com Vina Lailatul Maskuro mtaufikismailsiregar24@pasca.alqolam.ac.id Mirrohmatillah Mirrohmatillah vinalailatulmaskuro24@pasca.alqolam.ac.id Fitri Ayu Kurnia mirrohmatillah24@pasca.alqolam.ac.id Ali Mukhammad Abrori fitriayukurnia24@pasca.alqolam.ac.id <p><em>Penelitian ini membahas peran pendidikan Islam kontemporer dalam menanamkan nilai akhlak mulia dan membangun karakter generasi Z di tengah tantangan era disrupsi moral serta peran guru dan lembaga pendidikan Islam dalam membangun karakter Gen Z. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan Islam dalam internalisasi nilai akhlak mulia di era modern serta menganalisis peran guru dan lembaga pendidikan, khususnya di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri, dalam membentuk generasi Z yang berkepribadian berakhlak, berintegritas, dan mampu menghadapi tantangan global dengan landasan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri di Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri menanamkan nilai akhlak melalui metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, serta sistem penghargaan dan hukuman yang bersifat edukatif sesuai konsep Al-Ghazali. Guru berperan penting sebagai Murabbi (pembina spiritual) dan Uswah Hasanah (teladan moral) yang membimbing santri melalui sikap, nasihat, dan doa. Lembaga juga menciptakan lingkungan pendidikan yang disiplin dan religius dengan menegakkan aturan berbasis nilai adab dan tanggung jawab sosial</em></p> 2025-12-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 M Taufik Ismail Siregar, Vina Lailatul Maskuro, Mirrohmatillah Mirrohmatillah, Fitri Ayu Kurnia, Ali Mukhammad Abrori http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2605 Program Al-Qur’an Ten Minute Untuk Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa Di Smk Ma’arif 5 Gombong 2025-11-01T16:02:00+07:00 Mualifah Mualifah aalifah1801@gmail.com Muh. Hanif muh.hanif@uinsaizu.ac.id.com <p><em>Fenomena melemahnya literasi Al-Qur’an pada remaja akibat gempuran budaya digital menjadi perhatian penting dalam konteks pendidikan Islam. Program Al-Qur’an Ten Minute di SMK Ma’arif 5 Gombong hadir sebagai ikhtiar terstruktur untuk menumbuhkan kebiasaan membaca Al-Qur’an secara konsisten. Penelitian ini bertujuan menggambarkan praktik program, menganalisis tahap perkembangan kognitif siswa berdasarkan teori Jean Piaget, serta menelaah proses asimilasi dan akomodasi yang terjadi dalam pembelajaran. Pendekatan kualitatif digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru pengampu, dan peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tahap operasional formal, dengan kemampuan berpikir abstrak, sistematis, dan logis, sedangkan sebagian lainnya masih memerlukan bantuan visual sesuai karakteristik tahap operasional konkret. Program Al-Qur’an Ten Minute terbukti membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca, memperkuat kebiasaan interaksi dengan Al-Qur’an, serta membangun kepercayaan diri dalam membaca dan menghafal. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembiasaan singkat namun intensif dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an di sekolah menengah</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Mualifah Mualifah, Muh. Hanif http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2733 Peningkatan Literasi Keagamaan dan Keterampilan Ibadah: Implementasi Ngaji Istighosah Jum’at Pahing Dalam Pembelajaran PAI di SMK YPM Tuban 2025-11-11T11:18:09+07:00 Fima Nursalnia Salma salniasalma414@gmail.com Dwi Indah Vidia Fatma Wati dwiindahfidia@gmail.com Sun Ainut Thoriqotun Nihayah sunainutthoriqotun@gmail.com Ana Achoita anaachoita@gmail.com <p><em>Penelitian ini mengangkat urgensi penguatan literasi keagamaan di lingkungan pendidikan vokasi, sebagai respons atas fenomena disorientasi nilai dan rendahnya kemampuan aplikatif ajaran agama di kalangan siswa SMK. Meskipun studi sebelumnya telah mengidentifikasi kesenjangan antara pengetahuan teoritis dan praktik keagamaan, serta pentingnya pendekatan emosional dan psikomotorik, evaluasi kritis menunjukkan bahwa penelitian terdahulu masih terbatas dalam menawarkan model operasional yang kontekstual dan berbasis kearifan lokal. Berdasarkan celah tersebut, rumusan masalah difokuskan pada bagaimana implementasi dan efektivitas Ngaji Istighosah Jum'at Pahing dalam meningkatkan literasi agama dan keterampilan ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di SMK YPM Tuban, dengan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penting mengungkap novelty berupa model pembelajaran holistik yang mengintegrasikan kearifan lokal Jawa dengan pendekatan eksperiensial, yang terbukti meningkatkan pemahaman konseptual 80% siswa dan mengembangkan keterampilan ibadah praktis. Sebagai rekomendasi, penelitian selanjutnya perlu mengembangkan instrumen standar pengukuran literasi keagamaan dan mengeksplorasi faktor determinan keberhasilan implementasi model ini di berbagai konteks kultural yang lebih beragam</em></p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Fima Nursalnia Salma, Dwi Indah Vidia Fatma Wati, Sun Ainut Thoriqotun Nihayah, Ana Achoita http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2752 Transformasi Literasi Digital dalam Pembelajaran PAI di Era AI: Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Techno Insan Kamil Tuban 2025-11-12T16:32:22+07:00 Livia Wahidatun Ni’mah liviawahidatunnimahh@gmail.com Ulmi Farihah ulmifarihah11@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan transformasi literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era kecerdasan buatan (AI) pada siswa kelas VII SMP Techno Insan Kamil Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan beberapa siswa, observasi kelas, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pergeseran dari pembelajaran pasif menjadi aktif melalui pemanfaatan media digital seperti Canva dan pembuatan website yang digunakan siswa untuk mengekspresikan nilai-nilai keislaman secara kreatif. Guru berperan penting dalam mengarahkan siswa agar memanfaatkan AI secara bijak dan sesuai nilai Islam. Penggunaan media digital membantu meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa, sekaligus memperkuat nilai-nilai keislaman dalam proses belajar. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran PAI mampu meningkatkan literasi digital dan pembentukan karakter moral peserta didik secara bersamaan</p> 2025-11-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Livia Wahidatun Ni’mah, Ulmi Farihah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2809 Pembelajaran Calistung pada Anak Usia Dini: Kajian Fenomenologis terhadap Dampak Emosional dan Perkembangan Anak 2025-11-16T07:51:14+07:00 Siti Nadhifah siti.nadhifah.2501548@students.um.ac.id Eny Nur Aisyah eny.nur.fip@um.ac.id <p>Pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini masih banyak diterapkan meskipun tidak selaras dengan kesiapan perkembangan anak, sehingga menimbulkan berbagai tekanan emosional seperti stres, mudah marah, kelelahan, dan hilangnya minat belajar. Penelitian ini bertujuan mengkaji fenomena tersebut melalui pendekatan fenomenologis deskriptif dengan merefleksikan pengalaman empiris pendidik serta teori perkembangan anak. Data diperoleh melalui observasi partisipatif, catatan reflektif, dan diskusi informal bersama orang tua dan rekan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan akademik pada usia dini memicu respons psikologis negatif dan menghambat perkembangan sosial-emosional anak, sekaligus menurunkan motivasi belajar jangka panjang. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran ramah anak yang sesuai tahapan perkembangan serta perlunya orang tua dan guru memprioritaskan pendekatan bermain yang menghargai hak anak untuk belajar secara alami dan menyenangkan</p> 2025-12-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Siti Nadhifah, Eny Nur Aisyah http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim/article/view/2885 Diskriminasi Feminisme Dalam Penegakan Hukum di Indonesia 2025-11-20T21:15:29+07:00 Taufiq Ubaidillah taufikubaidilah24@gmail.com <p><em>Feminist Legal Theory mendorong perempuan yang berhadapan dengan hukum supaya mendapatkan hak-haknya di persidangan. Dalam teori ini terdapat dua komponen utama yaitu analisis kritik antara teks hukum terhadap perempuan dan analisis kritik antara praktik hukum terhadap perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia mengenai Feminist Legal Theory dan penegakan hukum berlandaskan Feminist Legal Theory, menelaah ketidakberhasilan teks hukum dalam mengangkat nilai-nilai perempuan serta praktik hukum yang bersifat umum terhadap hukum yang bersifat khusus berasaskan Feminist Legal Theory dan keadilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis yuridis normatif. Penelaahan dokumen yuridis memperlihatkan bahwa regulasi seperti Pasal 4 Ayat (1) Perda Kota Tangerang Nomor 8 Tahun 2005 mengenai Larangan Prostitusi tetap bias terhadap kaum hawa dan bertentangan dengan persetujuan CEDAW. Dalam operasional hukum, terungkap eksistensi penyalahan korban (victim blaming) dan rendahnya kepekaan jenis kelamin dalam proses pembuktian kasus tindak kekerasan seksual , disertai aparat pengadil yang cenderung melayani korban dengan prosedur baku tanpa menimbang sudut pandang feminisme. Meskipun telah terlaksana perbaikan melalui Petunjuk Teknis Nomor 1 Tahun 2021 dan Regulasi Lembaga Peradilan Tertinggi Nomor 3 Tahun 2017, ketidakadilan tetap dirasakan oleh golongan feminis.</em></p> 2025-12-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Taufiq Ubaidillah