DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini en-US ejournal@yayasanpendidikandzurriyatulquran.id (Dr (c) Hasan Syahrizal, M.Pd.) jurnaldzurriyat@gmail.com (Dr (c) Hasan Syahrizal, M.Pd. ) Tue, 20 Aug 2024 15:17:27 +0700 OJS 3.3.0.12 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/283 <p><em>Dalam Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini disebutkan penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangann anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan guru terhadap pentingnya penilaian hasil karya dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan perspektif guru PAUD melalui wawancara mendalam dan observasi di salah satu lembaga di TK Ceria Silih Asih yang berada di Pangauban Batujajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menganggap penilaian hasil karya penting untuk meningkatkan keterlibatan anak, memperkuat hubungan guru-murid, dan membantu penilaian perkembangan individu. Guru juga menekankan bahwa penilaian hasil karya bukan hanya produk akhir, tetapi proses kreatif yang mendukung perkembangan berbagai aspek anak. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan khususnya bagi peneliti dan bagi pendidik dan pembuat kebijakan tentang pentingnya mengintegrasikan kegiatan hasil karya dalam kurikulum PAUD untuk mengoptimalkan perkembangan anak sejak dini.</em></p> Hera Khaerani, Dewi Putri, Indah Puspita, Dewi Winarti, Fitri Sulastri, Ghina Wulansuci Copyright (c) 2024 Hera Khaerani, Dewi Putri, Indah Puspita, Dewi Winarti, Fitri Sulastri, Ghina Wulansuci https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/283 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/315 <p>Media merupakan salah satu sarana yang dapat menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran efektif dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran efektif dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini diataranya adalah media catur ekspresi, permainan tradisional, metode berbcerita, media permainan face poly, bermain peran, penggunaan media permainan puzzle, animation video learning media, literasi media audio visual, media video animasi. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan rujukan bagi para pendidikan dan praktisi anak usia dini dalam melakukan aktivitas stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini, hal ini telah diuji dalam beberapa penelitian dan dipublikasikan secara ketat pada jurnal ilmiah.</p> Putri Nova Liani Copyright (c) 2024 Putri Nova Liani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/315 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/317 <p>Media menjadi penting dalam proses belajar mengajar anak usia dini di lembaga pendidiakn sebagai sarana stimulasi perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini yang berjudul analisis media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini, penelitia melakukan analisis pada 10 (sepuluh) artikel ilmiah yang mengangkat tema media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini, peneliti menemukan beberapa media yang dijadikan sebagai salah satu media yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia dini, diantaranya yakni; media kolase, bermain puzzle, permainan melipat kertas bekas, media bahan bekas, alat permainan edukasi (APE), media pembelajaran, media pembelajaran digital, <em>play dough.</em></p> Hafisa Ambarwati Copyright (c) 2024 Hafisa Ambarwati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/317 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/320 <p><em>Anak merupakan titipan sang ilahi kepada sepasang kekasih yang diikat melalui pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang metode pendidikan anak secara islami menurut pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Library research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan yang diperoleh dari berbagai sumber, yang menganalisis pesan-pesan yang diperoleh melalui artikel, buku dan website online. Hasil penelitian ini ditemukan 5 (lima) metode pendidikan anak menurut Nashih Ulwan efektif digunakan bila mengetahui waktu penggunaannya sebagai berikut; (1) pendidikan dengan keteladanan, metode ini digunakan pada setiap saat, karena segala sesuatu yang dilakukan orang tua akan menjadi lahan pembelajaran bagi anak (2) pendidikan dengan adat kebiasaan, metode ini digunakan untuk pembinaan anak dalam pemahaman dan pembiasaan tentang beribadah, berakhlak dan keimanan. (3) pendidikan dengan nasehat, metode ini digunakan ketika anak melakukan suatu kesalahan. Sebagai orang tua harus memberikan nasehat yang dapat menyentuh hati agar menghidupkan rasa anak yang apabila melakukan suatu kesalahan tidak dilakukan lagi. (4)Pendidikan dengan kasih sayang, metode ini digunakan saat anak kesepian dan sedih karena anak tanpa kasih sayang orang tuanya bisa jatuh ke dalam kegelapan untuk mengisi kesepiannya. (5)Pendidikan dengan hukuman, metode ini bisa digunakan apabila anak sering mengulang kesalahan yang sama, metode ini bisa digunakan bila kita sudah menggunakan metode yang ke tiga. Menggunakan metode hukuman harus diperhatikan hukuman yang diberikan tidak berupa kekerasan yang dapat menghancurkan psikologis anak.</em></p> Muhammad Dzulqarnain Izzuddien Abdul Ahad, Djamaluddin Perawironegoro Copyright (c) 2024 Muhammad Dzulqarnain Izzuddien Abdul Ahad, Djamaluddin Perawironegoro https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/320 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Permainan Magic Bag dalam Mengembangan Kemampuan Fisik Anak Usia 4-5 Tahun http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/321 <p>Media pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini sangat penting untuk menstimulasi perkembangan anak, salah satunya pembelajaran dengan metode pembelajaran APE dengan menggunakan media permainan Magic Bag. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan Fisik anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dengan siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (action), (3) Observasi (observation). Subjek pada penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A di TK <em>Labschool</em> UPI Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang berada pada TK masih memiliki kekurangan terkait aspek perkembangan fisik, terutama dalam kemampuan menggerakkan jari tangan dan fokus mata. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan <em>Magic Bag</em> dapat meningkatkan kemampuan fisik anak melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Media <em>Magic Bag</em> diharapkan dapat merangsang anak untuk lebih aktif dalam proses belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.</p> Dwi Damayanti, RR.Deni Widjayatri Copyright (c) 2024 Dwi Damayanti, RR.Deni Widjayatri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/321 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Tinjauan Literature Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/316 <p><em>Anak usia dini merupakan sosok yang perlu bimbingan orang dewasa dalam menstimulasi segala aspek perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini yakni Challenge board adalah alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, alat musik tradisional seperti gamolan dan angklung juga dapat menjadi media yang baik guna meningkatkan aspek perkembangan peserta didik usia dini, permainan sirkuit efektif dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun, pengembangan motorik kasar anak melalui pengenalan gerakan binatang menunjukkan keberhasilan yang sangat besar dan optimal dimana anak sudah tidak membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan kegiatannya, hasil belajar anak pada kemampuan motorik kasar setelah dilakukan treatment melalui permainan engklek meningkat, Maze karpet covid-19 dapat menstimulasi perkembangan motorik anak usia dini, Perkembangan motorik kasar anak usia dini dengan bermain anak dapat melompat berlari secara terkoordinasi dan melempar bola secara terarah. dapat menendang bola secara terarah melompat dan gerakan antisipasi, Permainan Gobak Sodor dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak, Model permainan ladder yang telah dikembangkan peneliti dapat digunakan oleh anak anak dan dapat meningkatkan kemampuan motorik pada anak</em></p> Intan Tristya Copyright (c) 2024 Intan Tristya https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/316 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/322 <p><em>Kepemimpinan dalam kelembagaan pendidikan anak usia dini sangat penting dalam meningkatkan mutu kelembagaan, kualitas pendidikan dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola kepemimpinan kelembagaan pada pendidikan anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku, secara keseluruhan penelitian ini tidak memiliki lokasi penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi pada 10 artikel ilmiah yang berkaitan dangan tema penelitian, data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni bahwa pemimpin yang kreatif tergambar dari kemajuan lembaga pendidikan yang dipimpinnya, kepala PAUD sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab besar yang wajib diemban sebagai wujud dari mandat organisasi, upaya penguatan kelembagaan tidak lepas dari pengaruh pimpinan, kepemimpinan kepala sekolah dengan pendekatan gaya kepemimpinan tranformasional akan lebih muda mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya untuk bisa lebih optimal dalam pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan.</em></p> Indra Wahyuni Firli Fangestu Copyright (c) 2024 Indra Wahyuni Firli Fangestu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/322 Tue, 20 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Paud Widya Cilegon http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/349 <p><em>Pola asuh orang tua memainkan peran penting dalam perkembangan anak, termasuk motivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di PAUD Widya Cilegon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang tua siswa di PAUD Widya Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang positive memberikan kebebasan berekspresi, bimbingan, serta penghargaan terhadap usaha anak terbukti lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Anak-anak yang diasuh dengan pola asuh positive menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, lebih mandiri, kreatif, dan antusias dalam belajar. Faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi motivasi belajar termasuk dukungan emosional keluarga, keterlibatan orang tua dalam pendidikan, serta kondisi lingkungan belajar anak. Kendala yang dihadapi orang tua dalam menerapkan pola asuh yang efektif antara lain adalah kesibukan kerja dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya pola asuh dalam pendidikan anak. Penelitian ini menyarankan perlunya program edukasi bagi orang tua untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pola asuh yang mendukung perkembangan motivasi belajar anak.</em></p> Siti Masitoh, Moh Fikri Tanzil Mutaqin, Maulida Nur Copyright (c) 2024 Siti Masitoh, Moh Fikri Tanzil Mutaqin, Maulida Nur https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/349 Fri, 25 Oct 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Loose Part Dalam Pengenalan Bentuk Bilangan 1-10 Pada Anak Usia Dini di PAUD Taam Iqra http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/350 <p><em>Loose part adalah metode pembelajaran yang menggunakan bahan-bahan alam atau benda sekitar yang memungkinkan anak untuk berkreasi secara bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode loose part dalam pengenalan bentuk bilangan 1-10 pada anak usia dini di PAUD Taam Iqra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang mengalami kesulitan mengenal lambang bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media loose part, seperti kulit kerang, biji-bijian, dan batu, meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk bilangan 1-10. Anak-anak yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam mengenal bilangan, setelah diberikan kebebasan memilih media, menunjukkan perkembangan signifikan dalam mengenali angka. Implementasi metode ini juga mendorong kreativitas, keterlibatan aktif, dan tanggung jawab anak dalam pembelajaran. Selain itu, loose part terbukti menarik minat anak sehingga mereka belajar sambil bermain, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal bilangan bahkan hingga lebih dari angka 10. Kesimpulannya, pembelajaran menggunakan media loose part dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motivasi belajar anak dalam mengenal bilangan pada Pendidikan anak usia dini.</em></p> Laili Suraya, Ratu Yustika Rini, Vidya Ayuningtyas Copyright (c) 2024 Laili Suraya, Ratu Yustika Rini, Vidya Ayuningtyas https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/350 Fri, 25 Oct 2024 00:00:00 +0700 Urgensi Stimulasi Perkembangan Kognitif Pada Masa Kanak-Kanak http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/397 <p><em>Perkembangan pada masa kanak-kanak seorang anak mulai membangun kemampuan kognitif dan social. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan urgensi stimulasi perkembangan kognitif pada masa kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan studi Pustaka, yang mana dalam memperoleh data penulis mengumpulkan dan menganalisis artikel, jurnal dan buku-buku yang terkait dengan topik. Tujuan utama dari pendekatan ini adalah untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan interpretasi pembaca terkait perkembangan kanak-kanak, sambil memberikan penilaian kritis terhadap materi yang dibahas. Selain itu, tinjauan kritis juga mencakup identifikasi topik-topik penting dalam literatur yang ada. Hasil dari penelitian yaitu ada tiga macam perkembangan pada masa kanak, meliputi perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan perkembangan psikososial. Perkembangan fisik pada masa kanak-kanak diantaranya pengerasan tulang, perubahan bentuk tubuh dan gigi yang tanggal. Perubahan kognitif berupa perubahan dalam kemampuan anak untuk berpikir, mengeksplorasi, mencari informasi, dan memecahkan masalah. Perubahan psikososial pada masa kanak-kanak yaitu perubahan psikologis anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya atau kelompok. Selain itu perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak lebih berfokus pada keintiman, produktivitas, integritas, dan keputusasaan.</em></p> Wildan Nur Mardotillah, Ma’mun Hanif Copyright (c) 2024 Wildan Nur Mardotillah, Ma’mun Hanif https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/397 Thu, 21 Nov 2024 00:00:00 +0700 Peran Orangtua Dalam Perkembangan Anak Pada Masa Kanak-Kanak http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/395 <p>Masa sebelum usia lima tahun (masa bayi) merupakan masa terpenting bagi kualitas hidup masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran orangtua dalam perkembangan anak pada masa kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan studi Pustaka, yang mana dalam memperoleh data penulis mengumpulkan dan menganalisis artikel, jurnal dan buku-buku yang terkait dengan topik. Hasil dari penelitian yaitu orang tua sangat berperan penting terhadap kemampuan pribadi anak dan kepribadian anak dengan adanya orang tua anak menjadi seorang yang negatif maupun positif dengan pembelajaran yang pernah diajarkan oleh orang tua sebelumnya sehingga anak dapat berinteraksi serta melakukan pendekatan sosial terhadap orang lain. Peranan orang tua selanjutnya yang sangat terpenting yaitu sebagai tempat pencerita dan anak pastinya akan membutuhkan bantuan apapun dari orang tua dikarenakan mereka sangat bergantung hidup kepada orang tua. Dapat dikatakan bahwa anak masih membutuhkan orang tua apalagi jika anak masih berusia di bawah 5 tahun, mereka akan cenderung mencari perhatian dan anak dapat mencerna semua pengalaman mereka sejak masih masa kanak-kanak. Dengan pengendalian emosional orang tua dapat mengatur tentang emosi dari anaknya.</p> Naila Rizqi Salsabila, Ma’mun Hanif Copyright (c) 2024 Naila Rizqi Salsabila, Ma’mun Hanif https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/dzurriyat/article/view/395 Thu, 21 Nov 2024 00:00:00 +0700